Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Erwin Prasetya [Instagram @ariefgallery].

Matamata.com - Mantan Bassist Dewa 19, Erwin Prasetya meninggal dunia pada Sabtu (2/5/2020). Pengamat musik Bens Leo pun menceritakan apa yang terjadi tiga hari sebelum sahabatnya tersebut tiada. 

Bens Leo mendapat telepon dari Erwin pada Rabu (29/4/2020). Erwin mengeluh tentang batuk yang diderita pada Bens. 

Bens Leo langsung memberikan ponselnya pada istrinya yang seorang dokter usai mendengar keluhan Erwin tersebut. 

Baca Juga:
Semasa Hidup Sibuk di Musik, Erwin Prasetya Sampai Tak Merasakan Sakitnya

"Telepon dari almarhum Erwin saya berikan ke isteri saya, keduanya berdialog. Saya dengar, mas Erwin batuk kering dengan dahak warna hitam," tulis Bens Leo dikutip dari akun Facebook pribadinya.

Dari situ, Erwin diketahui mengalami kerusakan lambung. Dahak hitam yang dimaksud adalah darah.

Erwin Prasetya bersama formasi awal Dewa 19 [Instagram: @ari_lasso]

"Itu kerusakan fungsi lambung warna hitam itu darah. Mas Erwin cepat ke dokter ada baiknya ke rumah sakit langsung, puskesmas malam seperti ini pasti tutup, ke RS bisa langsung ditangani, bahkan di rongent'," kata Bens mengulang ucapan isterinya waktu itu.

Baca Juga:
Erwin Prasetya eks Dewa 19 Meninggal Dunia, Ini Penyakit yang Diderita!

Percakapan mereka kemudian berakhir. Namun, Erwin kembali menghubungi Bens Leo untuk menanyakan rumah sakit terdekat di kawasan Ciputat 20 menit kemudian. 

"Tak genap 20 menit, Mas Erwin kontak lagi ke Hp saya, 'Mas rumah sakit terdekat di Ciputat ndek endi yo?' Saya jawab, 'Sampean googling Mas, kayanya ada dua RS di daerah Ciputat'" kata Bens.

Erwin kemudian jalani perawatan di Rumah Sakit Sari Asih, Tangerang Selatan. Bens Leo tahu hal itu pada Kamis (30/4/2020).

Baca Juga:
Basis Pertama Dewa 19, Ini 5 Fakta Perjalanan Karier Erwin Prasetya

"Kamis (30/4) saya kontak Hp Mas Erwin, yang angkat Mbak Didit, isterinya, 'Mas Erwin sudah di RS Asih Mas, matur suwun dibantu menyarankan segera dibawa ke RS, salam buat Mbakyu ya' jawab isterinya," kenang Bens Leo.

Erwin Prasetya (Instagram/@stanleytulung)

Bens Leo mendengar kabar bahwa Erwin telah meninggal dunia beberapa hari kemudian, tepatnya hari ini. 

"Subuh Sabtu (2/5/2020) pagi saya terkejut baca status Mas Buddy Ace, Mas Erwin Prasetya wafat. Saya buka WA, Mba Didit sudah kirim kabar, Mas Erwin wafat subuh Sabtu," jelas Bens Leo.

"Tatkala saya telpon, ambulans yang membawa jenazah song writer, arranger ex bassist Dewa 19 bersama isteri dan 3 putera puterinya itu sudah dalam perjalanan ke Surabaya, sudah dekat Cirebon," kata Bens Leo.

Turut berduka untuk keluarga Erwin Prasetya. [Ismail]

Load More