Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Oscar Lawalata. (Instagram/@oscarlawalata)

Matamata.com - Keputusan Ocar Lawalata jadi perempuan memang mengejutkan publik. Hal ini diungkap sendiri oleh sang ibu, Reggy Lawalata dalam saluran YouTube The Lawalatas yang diunggah 5 Agustus 2020.

"Wanita, firm," demikian penegasan Reggy menjawab pertanyaan "Jadi pilihan gender oscar itu apa?"

Kekinian, dalam vlog terbaru The Lawalatas yang diunggah kemarin (16/8/2020), Oscar buka-bukaan sendiri soal identitas barunya sebagai transgender itu lebih lanjut. Dia sendiri menyadari kalau nggak semua orang dapat menerima identitas barunya, tak cuma keluarga, tapi juga dirinya sendiri.

Baca Juga:
Umumkan Jadi Perempuan, Begini Potret Terbaru Oscar Lawalata

"Oscar yang pasti unik, unpredictable. Cara saya berpikir itu selalu tidak pada umumnya," kata Oscar membuka obrolannya.

Oscar Lawalata (YouTube/The Lawalatas)

Oscar menyadari untuk memahami keunikannya ini memang perlu skill khusus. Orang-orang termasuk keluarganya hanya mencoba mengerti, tapi tidak benar-benar mengalami.

"Saya memang berpikir, ini bagaimana saya menjelaskan. Tapi satu yang saya pegang, saya tahu mama saya dan adik saya itu open minded.Tetapi mereka sendiri juga masih proses dengan open minded mereka itu. Kan mereka tidak mengalami apa yang saya alami tetapi mereka mencoba mengerti apa yang saya alami. Tapi dalamnya saya itu kan nggak bisa mereka ukur," lanjut desainer kondang itu.

Baca Juga:
Jerinx Resmi Ditahan Kasus 'IDI Kacung WHO', Oscar Lawalata Jadi Perempuan

Oscar Lawalata (YouTube/The Lawalatas)

Kelihatan sebagai keluarga harmonis, Oscar mengaku perjalanan tidak semudah itu. Kadang dia merasa sakit hati, tapi itu dianggapnya wajar karena untuk menerima dirinya sendiri saja tidak mudah, apalagi orang lain.

"Kalau diukur sakit hati, pasti sakit karena untuk berjuang sama diri saya sendiri aja. Itu juga nggak semudah itu," ungkapnya.

Merasa punya special case, Oscar bilang cara menyampaikannya harus smart supaya mereka ngerti hingga akhirnya diterima. Menurut Oscar, jiwa manusia beragam.

Baca Juga:
Putuskan Jadi Perempuan, 5 Kebersamaan Oscar Lawalata dan Bule Ganteng

"Saya transgender. Saya tahu dari kecil saya transgender. Setelah saya mempelajari kurang lebih lima tahun lalu siapa saya, dari situ saya tahu saya transgender.

Oscar Lawalata (Instagram/@oscarlawalata)

Oscar bilang nggak mungkin menyenangkan semua orang dengan keputusannya. Makanya ketika dia menyampaikan ke keluarga, dia sudah siap diusir.

"Karena pada waktu saya mau cerita sama keluarga saya, landasan berpikir saya itu adalah kalau gue diusir gue siap. Kalau mereka nggak terima gue, gue siap. Tapi gue nggak akan benci mereka karena mereka belum mengerti. I hope suatu hari mereka akan mengerti dan itu akan jadi lebih peaceful ngejalanin hidup," bebernya.

Baca Juga:
Oscar Lawalata Diam Dicibir Berpenampilan Perempuan, Ibu: Dia Sedih!

Mario Lawalata, Reggy Lawalata, dan Oscar Lawalata (Instagram/@oscarlawalata)

Sementara itu kekinian, Reggy mengatakan, dia menerima keputusan Oscar jadi perempuan sekitar 5-6 tahun lalu. Kala itu, dia dan Oscar bicara dari hati ke hati. Sama seperti Reggy, Mario juga siap mendukung apapun keputusan yang diambil Oscar.

Load More