Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Rangga Azof dan Haico Van Der Veken. (Instagram/@azofrangga)

Matamata.com - Sinetron Samudra Cinta yang tayang di SCTV mendapat teguran keras dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Teguran itu dilayangkan karena ada adegan yang dianggap melanggar aturan tentang norma kesopanan dan kesusilaan yang terdapat dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012.

Episode Samudra Cinta yang tayang pada 24 September 2020 pukul 19.43 WIB lah yang menayangkan adegan yang disoal tersebut. Sinetron yang diperankan Rangga Azof ini memperlihatkan dirinya tengah berada di kasur bersama Haico Van der Veken. Mereka tidur di ranjang dalam posisi bertindihan dan berguling saling berganti posisi.

Teguran KPI buat sinetron Samudra Cinta [Instagram/@kpipusat]

Kendati dalam ceritanya, lelaki dan perempuan itu berstatus suami istri dan mereka dalam busana lengkap, tapi adegan keromantisan seperti itu rawan ditiru oleh anak. Dikutip dari laman resmi KPI, Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo, mengatakan adegan seperti itu dinilai tidak pantas ditampilkan pada jam yang semestinya ramah anak.

Baca Juga:
Heboh! Adegan Ranjang Rangga Azof dan Haico Van der Veken Dikritik

“Kami menilai adegan tersebut memberikan pengalaman visual yang tidak baik. Adegan demikian juga tidak memperhatikan kepentingan anak. Anak masih rentan peniruan," kata Mulyo. "Karena itu, kami menyatakan sinetron Samudra Cinta telah melanggar aturan dan patut mendapatkan sanksi,” imbuhnya.

Apalagi menurutnya sinetron itu masuk dalam kategori R alias Remaja. Di mana  untuk penonton di usia tersebut, seharusnya dinetron memberikan sajian edukasi.  "Mestinya tayangan sinetron berklasifikasi R ini mengandung cerita-cerita yang ada nilai edukasinya, budi pekerti, nilai sosial dan budaya, serta membangun remaja ke arah yang positif dan bukan sebaliknya," tutur Mulyo.

Rangga Azof dan Haico Van Der Veken. (Instagram/@azofrangga)

Pada 30 September lalu, surat teguran pun telah dilayangkap KPI kepada program tersebut. Mereka berharap kedepannya program televisi bisa lebih banyak memberikan hal positif. "Membangun masa depan generasi kita dengan tontonan dan cerita yang berkualitas, edukatif serta solutif,” tutupnya. [Rena Pangesti]

Baca Juga:
Bikin Potek! 5 Momen Mesra Pertunangan Rangga Azof dan Haico Van der Veken

Load More