Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Junaedi Salat [Facebook]

Matamata.com - Dunia perfilman Indonesia kembali kehilangan talenta berbakat. Pemeran utama dalam film Ali Topan Anak Jalanan yang rilis pada 1977, Junaedi Salat meninggal dunia

Duka mendalam dirasakan oleh keluarga, kerabat, dan sahabat atas kepergian Junaedi Salat selama-lamanya. Yati Octavia misalnya yang mengucapkan duka cita di Instagram. "Selamat jalan sahabat," tulis Yati Octavia di Instagram, Selasa (19/1/2021).

Caption tersebut melengkapi unggahannya berupa poster jadul film Ali Topan Anak Jalanan. Ya, Yati adalah lawan main Junaedi di film tersebut.

Baca Juga:
Terungkap Penyebab Ibu Denny Cagur Meninggal Dunia: Sudah Rutin Cuci Darah

Junaedi Salat [(Instagram]

Poster menampilkan Junaedi sebagai Ali Topan tengah duduk di sebuah bangunan tua. Sementara di bawahnya ada Yati yang memerankan Anna Karenina. Mereka tampak berpegangan tangan di potret tersebut.

Film yang dibintang mereka cukup melegenda sampai sekarang. Sutradara film tersebut adalah Teguh Esha. Netizen turut mengomentari unggahan Yati Octavia ini. Mereka ikut berduka cita atas meninggalnya Junaedi Salat.

"RIP Bapak pendeta Junaidi salat," komentar fuadnabhan.

Baca Juga:
Aktor Film Ali Topan Anak Jalanan, Junaedi Salat Meninggal Dunia

"RIP ..... your home in heaven is ready....Bless you Ali Topan," timpal kalalojenny.

"RIP Junaidi Salat," komentar debbysahertian54.

Junaedi Salat [YouTube/Thoms Hallyess TV]

Kabar meninggalnya Junaedi Salat pertama kali tersiar lewat pesan WhatsApp yang diterima di kalangan wartawan. "Telah dipanggil kembali ke rumah Bapa sorgawi : Bpk. Djunaedi Salad hari ini, Senin, 18 Jan.2021, pukul 20.09, di RS PGI Cikini," demikian isi pesan tersebut.

Di Instagram, anak Junaedi Salat, Ochi Maulana Salat, juga mengabarkan kepergian sang ayah. Ia mengunggah foto sang ayah beserta kerabat dengan kue ulang tahun.

"Selamat pulang Papa kesayangan...Hati rasanya hancur tapi kita tahu Papa udah bersama Tuhan Yesus yang sangat Papa cintai dan juga mencintai Papa, terima kasih ya Pa untuk segala teladan yang terbaik, mengasihi dengan perbuatan bukan kata-kata semata dan hidup melayani orang lain," tulis Ochi.

Junaedi Salat [Facebook]

Ochi berharap bisa meniru sang ayah yang taat sebagai pendeta. "Semoga kita bisa terus belajar banyak menjadi seperti Papa, We love you so much...Selamat jalan sang pangilma garis depan Pekabaran Injil...sampai bertemu Pa di kekalan," ungkapnya.

Dalam unggahannya, Ochi juga mengabarkan bahwa ibadah penghiburan Junaedi Salat akan dilakukan secara online karena situasi pandemi.

Karier Junaedi Salat di dunia perfilman Tanah Air bermula ketika mendapat peran utama di film Aku Tak Berdosa bersama Dewi Puspa. Ketika 1977 menjadi bintang film Ali Topan Anak Jalanan, namanya melejit.

Junaedi Salat saat itu berperan sebagai Ali Topan yang gagah berani. Ia beradu peran dengan Yati Octavia. Tak lagi berkarier di panggung hiburan, Junaedi Salat menghabiskan sisa hidupnya sebagai pendeta. Sebelumnya dia menganut Islam. [Yazir Farouk]

Load More