Vokal grup HipHop asal Jayapura M.A.C [MataMata.com/Alfian Winanto]

Matamata.com - Anak-anak muda di Indonesia tengah menggemari grup hip hop asal Papua M.A.C. Gara-gara lagu Cuma Saya yang viral di berbagai platform, terutama di TikTok, nama mereka melejit. 

Tepatnya pada tahun 2016, M.A.C yang merupakan kepanjangan dari Music Anak Coment itu dibentuk di Jayapura. Jumlah personel mereka ternyata mencapai belasan. "Pastinya ada 13," kata salah satu personelnya, Morde Sawaki, di kantor Suara.com, Jumat (5/2/2021).

Baca Juga:
Curhat Akun TikTok Hilang, Gempita Nora Marten: Kenangan Disitu Semua!

M.A.C akhirnya terbentuk berawal dari kumpul-kumpul dan punya hobi yang sama. Semua mengalir begitu saja karena tak ada niatan sama sekali untuk membentuk grup hip hop sejak awal. 

"Kalau di Papua perkumpulan anak-anak yang bernyanyi rapp itu gabung jadi satu. Kita awalnya satu-satu terus bergabung di M.A.C," ujar Morde.

Aksi vokal grup HipHop asal Jayapura M.A.C ketika tampil membawakan lagunya saat berkunjung ke kantor Suara.com di Jakarta Selatan, Jumat (5/2/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

"Sebenarnya bukan ajakan atau kita bikin rencana. Tapi kita langsung bergabung aja. Bisa dibilang ini hobi yang menyatukan kita," katanya lagi.

Baca Juga:
Ada Chef Arnold, Intip Daftar Pemenang TikTok Awards Indonesia 2020

Hampir semua personel teman satu sekolah. Karenanya mereka tak perlu lagi penyesuaian saat putuskan bentuk M.A.C dan berjalan. "Jadi kita ketemu di sekolah, di SMP. Kan kebetulan kita di sini kebanyakan satu SMP," ujar personel lainnya, Elmar Renggi.

Kini, M.A.C siap menapaki industri musik secara profesional lewat bendera Pro Aktif. Karya terbaru dari mereka akan dilepas ke pasaran dalam waktu dekat.  "Kemarin kita baru selesai take vocal, tinggal nunggu syuting video klip," kata Morde.

Load More