Yohanes Endra Evi Ariska | MataMata.com
Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar (MataMata.com/Ismail)

Matamata.com - Stasiun televisi swasta RCTI buka suara merespons kritikan yang diarahkan pada siaran langsung acara lamaran Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar pada Sabtu (13/3/2021). Syafril Nasution selaku Group Corporate Secretary Director MNC Group menilai tidak ada pelanggaran yang dilakukan dalam siaran langsung tersebut.

Pihaknya menanyangkan acara lamaran Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar semata-mata karena melihat antusias masyrakat.

Momen lamaran Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah. (Live TV RCTI)

"Kami menilai tidak ada pelanggaran yang dilakukan dalam menayangkan prosesi pernikahan Aurel dan Atta ini, diharapkan tidak ada perbedaan perlakuan baik untuk public figure, anak pejabat, ataupun masyarakat, semuanya untuk menjawab kebutuhan pemirsa," kata Syafril dalam keterangan persnya, Senin (15/3/2021).

Baca Juga:
Anang Sedih Aurel Hermansyah Mau Nikah: Bentar Lagi Nggak Ada di Rumah Lho

Selain itu, tujuan RCTI melakukan siaran langsung untuk menampilkan ragam budaya pernikahan di Indonesia. Terdapat pula unsur edukasi bagi pasangan-pasangan yang ingin menggelar pernikahan di masa pandemi Covid-19 dengan protokol kesehatan.

"Kita ketahui proses lamaran pun bagian dari budaya. RCTI ingin menampilkan keragaman budaya pernikahan Indonesia," ungkapnya.

"Siaran ini juga sangat membantu masyarakat dan keluarga besar yang ingin menyaksikan prosesi lamaran, apalagi dalam situasi seperti pandemi sekarang dimana pertemuan fisik dibatasi dan tamu yang datang ke lokasi juga terbatas," tambahnya.

Baca Juga:
Krisdayanti Buka Suara Soal Pendamping Aurel Hermansyah di Pelaminan

Momen lamaran Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah. (Live TV RCTI)

Dengan harapan masyarakan akan belajar dan menjadikan acara lamaran Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar sebagai contoh. Merujuk profesi keduanya berasal dari kalangan publik figur dengan ribuan penggemar.

"Publik pasti ingin tahu aktifitas mereka apalagi ini kegiatan positif seperti lamaran dan pernikahan yang merupakan sakral bagi masyarakat Indonesia," tutur Syafril.

Sekedar informasi, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat mengundang pihak stasiun televisi RCTI untuk berdiskusi perihal polemik siaran langsung acara lamaran Aurel dan Atta, Senin (15/3/2021). Pertemuan digelar secara virtual dan tertutup.

Baca Juga:
Aurel Hermansyah Dilamar Atta, Krisdayanti: Terharu, Namanya Sama Anak!

Sebelumnya, acara lamaran Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar pada Sabtu (13/3/2021) disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi swasta. Tidak hanya lamaran, rencananya seluruh rangkaian acara termasuk pengajian hingga akad nikah pun bakal disiarkan secara live.

Sayang hal ini menuai protes dari Koalisi Nasional Reformasi Penyiaran (KNRP). Mereka terdiri dari sejumlah organisasi masyarakat sipil serta 160 akademisi, dan pegiat masyarakat sipil yang mengklaim peduli pada penyiaran yang berpihak pada kepentingan publik.

Baca Juga:
Kaesang Pangarep Putus, Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar Lamaran

Load More