Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Gus Miftah (Youtube.com)

Matamata.com - Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah mengunggah momen ketika pesantren miliknya memotong dua ekor sapi sebagai wujud rasa syukur.

Selain itu, kegiatan terebut dilakukan ketika memasuki bulan Syaban, yang dari susunan hurufnya memiliki makna kesembuhan, kebaikan, dan cahaya. 

Ia menggunggah momen tersebut melalui video di kanal YouTube pribadinya, Gus Miftah Official. Pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji Sleman ini menyampaikan bahwa dalam bulan Syaban ini terdapat kesembuhan, pertolongan dari Allah, dan juga cahaya, sehingga ia berniat untuk membuat syukuran. 

Baca Juga:
Wejangan Gus Miftah untuk Aurel Hermansyah: Jangan Mau Enaknya Saja!

"Kenapa? Karena pemerintah sudah memberikan vaksin untuk rakyatnya. Mudah-mudahan pandemi segera berakhir dan corona segera hilang," ujar Gus Miftah. 

Gus Miftah dan istri melakukan pemotongan dua sapi untuk menolak balak. - (YouTube/Gus Miftah Official)

Selanjutnya, Gus Miftah juga meniatkan acara tersebut untuk tolak bala atau menolak kemalangan. Setelah dua hal tersebut dilakukan, maka langkah berikutnya adalah mengoreksi diri sendiri. Ia berharap, bangsa Indonesia segera dijauhkan dari semua marabahaya dan Ramadan bisa dijalankan tanpa corona. 

Dalam tayangannya, tampak dua ekor sapi berukuran cukup besar yang dipotong dalam acara tersebut. Gus Miftah ikut turun tangan sendiri memandu pemotongan dua hewan ternak tersebut. Oleh para santri dan beberapa orang pria lainnya, dua sapi berwarna cokelat itu mulai dirobohkan. 

Baca Juga:
Dibocorkan Gus Miftah, Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah Menikah April

Sebelum disembelih, dua sapi tersebut terlebih dahulu dibacakan doa oleh Gus Miftah dan ditirukan oleh semua yang ada di tempat tersebut. Diiringi dengan bacaan selawat, leher sapi tersebut mulai disembelih hingga putus dan mengucurkan darah yang banyak. 

Selesai dipotong, sapi tersebut lantas dikuliti dan mulai dipotong-potong. Semua orang bekerja sama dalam pemotongan tersebut. Ada yang memotong tubuh sapi, ada yang mencacah dagingnya, kemudian ada yang membungkus potongan daging ke dalam plastik. 

Bukan hanya santri putra, santri putri juga ikut ambil bagian dengan membuat perasan jeruk agar daging tidak amis dan memotong daging kecil-kecil. Gus Miftah menyampaikan, selesai dipotong-potong, daging akan dibungkus dan segera dibagikan kepada masyarakat. 

Baca Juga:
Video Ceramah soal Pendosa Pakai Foto Nissa Sabyan, Gus Miftah Klarifikasi

"Mudah-mudahan dengan sedekah ini mempercepat hilangnya balak dari Indonesia," ujar Gus Miftah. 

Gus Miftah (Youtube.com)

Gus Miftah kembali berdoa supaya bulan Ramadan mendatang bisa dilewati tanpa corona. Bingkisan yang masing-masing berisi daging satu kilo beserta tulang dan jeroan tersebut dibagikan kepada jemaah di sekitar pondok dengan harapan bisa berubah menjadi lebih berkah. 

Selain daging mentah, ada juga olahan daging lainnya yang dibagikan, baik berupa bakso maupun lauk daging lainnya. Bingkisan makanan yang sudah masak tersebut dibagikan ke beberapa pondok pesantren lainnya.

Baca Juga:
Pakai Foto Nissa Sabyan, Video Ceramah 'Stop Ghibah' Gus Miftah Ditegur

Warga juga turut mengucapkan terima kasih kepada Gus Miftah dan istri atas sedekah yang dibagikan. 

Sejak diunggah pada Sabtu (20/3/2021), video berdurasi 15 menit mengenai sedekah dan tolak bala oleh Gus Miftah tersebut sudah ditonton lebih dari 2.000 pengguna YouTube.

Ada 200 lebih yang  menekan tanda suka dan puluhan lainnya berkomentar ikut kagum dengan sedekah yang dilakukan. Tonton video lengkapnya DI SINI

Load More