Yohanes Endra | MataMata.com
Arief Muhammad (Instagram/@ariefmuhammad)

Matamata.com - Arief Muhammad menuai sorotan publik setelah menulis surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo terkait peraturan larangan mudik. Sejak itu, publik dibuat penasaran mengenai siapa Arief Muhammad.

Sebagai informasi, Arief Muhammad mulanya tenar dengan nama tenar Arief Poconggg. Bukunya yang berjudul Poconggg Juga Pocong meledak di pasaran.

Simak profil lengkap Arief Muhammad berikut ini!.

Baca Juga:
Soal Larangan Mudik, Arief Muhammad Buat Surat Terbuka untuk Jokowi

Arief Muhammad. (Instagram/@ariefmuhammad)

Profil Arief Muhammad

Arief Muhammad lahir dengan nama Muhammad Arief Yakoeb. Pria ini lahir pada 26 ktober 1990 di Batam, Kepulauan Riau.

Arief mencuri perhatian publik usai menulis sebuah buku berjudul "Poconggg Juga Pocong".

Baca Juga:
Deddy Corbuzier Dapat Surat Terbuka, Imbas Kontennya Bareng Dewa Kipas

Nama Pocongg ini pula yang membawa Arief semakin tenar di ranah sosial media Twitter yang kini sudah memiliki 4,6 juta pengikut.

Pada tahun 2016 lalu, Arief menikahi gadis pujaan hatinya, Tiara Pangestika. Pasangan ini pun dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Ibrahim Wishaka El Emran.

Keluarga Arief Muhammad. (Instagram/@tiarapangestika)

Karier Arief Muhammad

Baca Juga:
Dikta Tanggapi Surat Terbuka Seniman Untuk Presiden Jokowi: Itu Uneg-uneg!

Kesuksesan Arief menulis membuat kisah dalam buku tersebut diangkat ke layar lebar oleh Maxima Pictures pada tahun 2010.

Setahun kemudian, Arief bekerja sama dengan pegiat kreatif Raditya Dika dengan merilis sebuah situs bernama nyunyu.com.

Arief Muhammad juga pernah didapuk sebagai host di acara televisi bertaju The Hits pada tahun 2011.

Baca Juga:
Seniman Kirim Surat Terbuka untuk Presiden Jokowi

Selain menelurkan cuitan-cuitan fenomenal, Arief juga tak jarang membuat heboh publik dengan gebrakan-gebrakan bisnisnya.

Beberapa waktu lalu, Arief mengagetkan publik lantaran baliho bergambar potretnya terpasang di beberapa ruas jalan. Baliho itu pun membuat publik menduga Arief akan mencalonkan diri di panggung politik.

Namun ternyata, baliho itu hanyalah trik marketingnya saja saat akan merilis sebuah produk bisnis.

Terbaru, Arief membuat publik tercengang lantaran terang-terangan mengunggak surat terbuka untuk Jokowi terkait aturan larangan mudik lebaran.

Surat terbuka itu berjudul "Surat Terbuka Buat Pemerintah dari Warga yang Gak Bisa Mudik Lebaran Tahun Ini".

"Dengan berat hati saya harus menyampaikan perasaan sedih dikarenakan tahun ini saya dan keluarga masih tidak bisa bersilaturahmi secara tatap muka sampai waktu yang belum ditentukan," kata Arief Muhammad mengawali surat tersebut yang diunggah di Instagram dikutip Kamis (1/4/2021).

Tak hanya ditujukan pada Jokowi, penulis buku yang berjudul "Poconggg Juga Pocong" ini berharap keluarganya membaca dan memberikan pengertian. Untuk kali kedua, Arief Muhammad tidak bisa berkumpul dengan keluarga besar karena pandemi Covid-19.

"Saya berharap semua keluarga yang membaca surat ini dapat memaklumi keputusan yang sudah ditetapkan dan mendukung keputusan tersebut demi menghambat penyebaran COVID-19 dan demi keselamatan kita bersama," katanya.

Arief Muhammad mengaku sebagai perwakilan masyarakat mengajukan beberapa permohonan pada pemerintah guna sebagai timbal balik larangan mudik 2021.

Berikut tiga poin yang disampaikan dalam surat tersebut :

1. Fakir kuota dan warga online terlantar dipelihara oleh negara.

2. Pemerataan distribusi jodoh atau setidaknya teman untuk bertukar pesan dikala kesepian
3. Jaminan terhadap sinyal agar tidak mengalami gangguan selama bulan ramadan maupun lebaran Kepada yang berwenang, mohon memberikan kompensasi subsidi kuota internet untuk warga yang tidak bisa mudik, supaya bisa tetap silahturahmi melalui video call dengan keluarga kami di kampung.

Besar harapan Arief Muhammad agar tiga poin itu direspon oleh pemerintah.

"Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Karena dalam rangka menjalani kehidupan di bulan yang suci, alangkah baiknya kita meminimalisir cobaan bagi diri sendiri," ujarnya.

Demikian profil Arief Muhammad, selebriti sosial media yang baru saja bikin heboh karena suratnya kepada Presiden Jokowi. (Farah Nabilla)

Load More