Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Profil Bintang Emon (Instagram/@bintangemon)

Matamata.com - Bintang Emon baru-baru ini mengaku terpapar virus Corona melalui unggahan video sarkas. Komika itu menyebut dirinya sedang diendorse COVID-19, mengundang komentar pedas dari Jerinx SID.

Melalui unggahannya di Instagram pada 20 Juni 2021, Bintang Emon menyampaikan bahwa ia terpapar COVID-19 dan gejala-gejala yang dirasakannya.

Bintang Emon (Instagram/@bintangemon)

Tak lama kemudian Jerinx mengunggah ulang video Bintang Emon dan mengajak masyarakat Bali untuk memboikot Bintang serta artis-artis yang sepaham dengannya.

Baca Juga:
Bintang Emon Blak-blakan: Gue Lagi Di-Endorse Covid-19 ya!

Sebagai komika, Bintang Emon dikenal kritis dan sarkas, terutama saat mengangkat isu terkini di Tanah Air. Nah, untuk mengenal sosoknya lebih dekat, simak profil Bintang Emon berikut ini.

Profil Bintang Emon

Profil Bintang Emon (Instagram/@bintangemon)

Bintang Emon memiliki nama asli Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra. Komika jebolan Stand Up Comedy Academy ini lahir di Jakarta pada 5 Mei 1996. Bintang juga pernah menjadi santri di salah satu pesantren yang terletak di Jombang, Jawa Timur.

Baca Juga:
Kerap Dijodoh-jodohkan dengan Bintang Emon, Begini Reaksi Arafah Rianti

Nama Bintang Emon semakin melejit berkat konten-konten yang dibuatnya di media sosial, membicarakan mengenai kondisi terkini yang sedang terjadi di Tanah Air. Di Instagram, ia membuat konten DPO atau Dewan Perwakilan Omel-Omel, yang selalu viral. Selain itu, ia juga membintangi beberapa judul film.

Perjalanan Karier Bintang Emon

Profil Bintang Emon (Instagram/@bintangemon)

Bintang Emon memulai kariernya dari komunitas Stand Up Indo Bandung sejak awal 2014. Namanya mulai dikenal secara nasional setelah menjadi peserta Stand Up Comedy Academy 3 yang diadakan oleh Indosiar pada 2017. Saat itu ia berhasil menjuarai acara tersebut.

Baca Juga:
Bintang Emon Heran Haikal Hasan Dipolisikan Gara-gara Mimpi

Sukses sebagai komika, Bintang Emon melebarkan sayapnya ke dunia perfilman dengan mendapatkan peran sebagai Somat dalam film Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga yang disutradarai oleh Ernest Prakasa pada 2017. Ia kemudian ikut membintangi film Orang Kaya Baru, Dua Garis Biru dan Geez & Ann.

Bintang Emon meluncurkan sebuah segmen baru pada 2020 bertajuk Dewan Perwakilan Omel-Omel (DPO). Konten yang dirilis adalah video yang dibalut dengan komedi dengan durasi antara satu hingga tiga menit. Biasanya berupa keluh kesah, omelan, peringatan dan keresahan dari orang-orang di sekitarnya. Bintang Emon menyampaikannya secara gamblang. Kebanyakan video DPO Bintang viral di medsos.

Dituduh Pengguna Narkoba

Baca Juga:
Kalahkan Hyun Bin, Bintang Emon Jadi Tokoh Populer Versi Google

Profil Bintang Emon (Instagram/@bintangemon)

Bintang Emon pernah mendapatkan tuduhan bahwa dirinya adalah pengguna narkoba. Tuduhan ini berawal dari kontroversi terkait sindirannya atas ketidakadilan yang terjadi pada kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan, penyidik tetap KPK sejak 2014.

Tepatnya pada 12 Juni 2020, Bintang Emon mengunggah konten sindiran terkait kasus Novel Baswedan. Ia mengaku heran setelah mengetahui bahwa pelaku, yang sebelumnya dijadikan tersangka, membela diri dengan mengatakan bahwa ia tak sengaja menyiram air keras ke wajah Novel Baswedan. Kontennya menjadi viral dan menjadi perbincangan banyak orang.

Namun tiba–tiba ada beberapa pengguna Twitter yang menuduh Bintang Emon  pengguna dan pecandu narkoba. Demi membuktikan tuduhan tidak benar, Bintang melakukan tes urin di rumah sakit pada 15 Juni 2020. Hasilnya, ia dinyatakan negatif menggunakan amfetamin, opiates kokain, mariyuana dan benzodiazepin. Ini membuat Bintang Emon mendapat dukungan dari netizen.

Terpapar COVID-19 dan Konflik dengan Jerinx SID

Profil Bintang Emon (Instagram/@bintangemon)

Bintang Emon yang terpapar COVID-19 mengunggah video sarkas, mengatakan, "Malem ini gue lagi di-endorse COVID, syaratnya simple, nafas terengal-engal, mual-mual, batu-batuk sama sakit kepala banget, sama harus siap dituduh bagian dari konspirasi dan harus siap disumpah."

Komika ini melanjutkan dengan napas agak sesak, "Adalah temen gue, bokapnya meninggal, di-endorse, ada temen gue di rumah sakit lagi sesek juga, aktingnya keren banget, Reza Rahadian lewat lah."

Video Bintang Emon menarik perhatian Jerinx SID yang memang lantang menyatakan pendapatnya tentang COVID-19 sebagai sebuah konspirasi. Suami Nora Alexandra itu menyinggung tentang endorse, menyebut beberapa orang sebagai sales COVID-19. Jerinx mengunggah ulang video sarkas Bintang Emon dan mengajak masyarakat Bali untuk memboikot komika tersebut.

Sebagai balasan, Bintang Emon berkomentar, "Halo bung jerinx. Sebelumnya perkenalkan, saya bintang dan saya sangat hormat serta setuju untuk beberapa hal yg bung jerinx bela. Salah satunya teluk benoa, itu hebat dan keren banget. Tapi untuk hal ini mungkin kita berseberangan. Ya tidak apa-apa juga, saya yakin dengan yg saya alami dan bung jerinx pun yakin dengan yg bung alami."

"Jadi iya, sebenernya ini sarkas bung. Dan untuk perihal chat silakan dibuka saja untuk umum agar tidak menimbulkan asumsi sepihak. Karena bahkan saya baru tau ada dm masuk dari bli ketika lihat postingan Sukses selalu Bli," lanjutnya.

Wah, semoga Bintang Emon cepat sembuh dan konflik dengan Jerinx segera berakhir.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More