Rosiana Chozanah | MataMata.com
Deddy Corbuzier. (Instagram/@mastercorbuzier)

Matamata.com - Deddy Corbuzier mendapat somasi dari Perkumpulan Jiwa Sehat (PJS) dan 80 organisasi lainnya akibat menyinggung orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dalam lelucon yang ia buat bersama pelawak Mongol.

Mantan suami Kalina Oktarani ini sudah meminta maaf kepada pihak terkait. Tetapi ia merasa perlu melemparkan argumen tentang kasus ini.

Deddy mengaku tidak begitu takut terhadap hukum, tetapi ia justru merasa sedih. Ia mempertanyakan mengapa tidak ada yang pernah memberinya penghargaan ketika ia memperlihatkan kedekatan dengan para penyandang disabilitas sebelumnya.

Baca Juga:
Deddy Corbuzier Minta Maaf usai Disomasi Gara-gara Singgung 'Orang Gila'

Deddy Corbuzier (Instagram)

"Video ini hanya dua dari... Ratusan... Ratusan... Kedekatan saya dan kepedulian saya kepada mereka. Saya bertanya... Kok tidak pernah ada satupun asosiasi yang memberi saya penghargaan," tulis Deddy dalam unggahan Instagram, Rabu (30/6/2021).

Bahkan, Deddy juga merasa tidak pernah ada asosiasi yang berkomentar ke dirinya langsung. Padahal, pembawa acara tersebut sudah banyak mengundang difabel sebagai bintang tamunya.

"Have you ever ask them who I touch by my own hand, how much they love me and I love them? Have you? (Pernahkah kalian bertanya kepada mereka siapa yang aku sentuh dengan tanganku sendiri, seberapa besar mereka mencintaiku dan aku mencintai mereka? Pernah?)"

Baca Juga:
Singgung Orang Gila, Deddy Corbuzier dan Mongol Disomasi

"Or you just judge people from thing you believe is a mistake? For your own sake? Okay, sorry and forget it (Apakah kamu cuma menghakimi dari sesuatu yang kamu yakini adalah sebuah kesalahan? Demi dirimu sendiri? Oke, maaf dan luapakan)."

Meski begitu, Deddy tetap mengungkapkan permintaan maafnya karena sudah melemparkan sebuah lelucon yang dianggap bodoh.

Selain itu, Deddy mengakui bahwa yang terpenting adalah ia sangat mencintai penyandang disabilitas.

Baca Juga:
Jerinx SID Terima Tantangan Deddy Corbuzier, Ini Syaratnya!

Deddy Corbuzier (Instagram @mastercorbuzier)

Caption tersebut ditulisnya bersama dengan unggahan video pendek berisi potongan-potongan tayangan acaranya saat ia mengundang para difabel.

Dalam video tersebut memperlihatkan bagaimana cara Deddy berinteraksi dengan para penyandang disabilitas.

Unggahan tersebut menuai berbagai dukungan dari rekan sesama artis, seperti pelawak Anjasmara dan pembawa acara Nanda Persada.

Baca Juga:
Lelucon Deddy Corbuzier Dikritik Psikiater: Takutnya Jadi Stigma, loh!

"Lo orang baik dengan niat yang baik. Semangat terus bro," tutur Nanda Persada.

"Sabar dan ikhlas serta tetap berjuang melakukan yg terbaik. Karena semua akan ada waktunya. Hidup adalah pembelajaran. Belajar untuk Arif dan bijaksana dalam segala keadaan. Tenang ya mas bro," tulis Anjasmara.

"Udah minta maaf pun masih ga diterima? Take down video pun gue rasa ga akan membuat mengerti tentang konteks. Fiuhhh, ironi. Sabar yah om, semoga ada jalan keluarnya," imbuh Reza Nangin.

Load More