Presenter Ivan Gunawan saat acara grand opening restaurant Luberger miliknya di Bogor, Jawa Barat, Minggu (30/5/2021). (Matamata.com/Alfian Winanto)

Matamata.com - Tato bermata satu milik Ivan Gunawan bikin heboh publik beberapa waktu yang lalu. Segelintir orang menduga, itu adalah lambang illuminati.

Atas kehebohan itu, Ivan Gunawan akhirnya memberikan klarifikasi. Desainer kondang itu justru tak paham mengenai illuminati.

Ivan Gunawan (Youtube.com)

"Gue nggak paham. Kenapa sih minggu-minggu kemarin orang pada gila-gila mata, apa segala macam," kata Ivan Gunawan di kanal YouTubenya, Minggu (25/7/2021).

Baca Juga:
Ivan Gunawan Blak-blakan soal Tato Illuminati di Bawah Ketiak

Alih-alih illuminati, Ivan Gunawan membeberkan kalau tato bermata satu itu berasal dari bagian tubuhnya. Ini merupakan filosofi, bahwa mata adalah cerminan hati. "Kalau diperhatikan, di zoom itu dari mata gue. Karena mata itu adalah pancaran hati," kata mantan pacar Rossa ini.

Tato di bawah ketiak Ivan Gunawan yang melambangkan iluminati. [Podcast Deddy Corbuzier]

Ivan Gunawan juga bingung, mengapa tato tersebut baru diperdebatkan. Padahal gambar itu sudah ada kurang lebih 10 tahun di tubuhnya.

Ivan Gunawan juga memiliki lukisan lain di tubuhnya, selain tato bergambar mata satu itu. Lagi-lagi, apa yang digoresnya memiliki makna dalam hidup sang desainer.

Baca Juga:
Beda Agama Denise Chariesta Ikut Kurban, Viral Tato Ivan Gunawan

Sumber Kekayaan Ivan Gunawan (Instagram/@ivan_gunawan)

"Iya dong, ni semua ada filosofinya. Ini (bagian dada) waktu gue konser, di sini (bagian pinggang) ada mata pancaran hati," kata desainer yang akrab disapa Igun ini.

Heboh soal tato Ivan Gunawan berawal dari kedatangannya di kanal YouTube Deddy Corbuzier. Tato di bawah ketiaknya yang terekspos tanpa sengaja itu bikin geger netizen.  Tato itu berupa segitiga dengan mata satu di dalamnya. Beberapa menduga, gambar itu melambangkan illuminati.

Beredar potret Ivan Gunawan bertato di bawah ketiak. (Twitter)

Di luar negeri, illuminati dipercaya sebagai kelompok rahasia yang konon mengendalikan peristiwa di dunia untuk membentuk tatanan baru. Tak sedikit pula menyebut illuminati sebagai pemuja setan.

Baca Juga:
Viral Tato di Bawah Ketiak Ivan Gunawan: Logo Illuminati Terjepit Lemak

"Emang sih itu simbol iluminati. Tapi sudahlah ya, namanya juga seni," tulis netizen dikutip dari akun Nyinyir_Manja.

"Urusan dia lah mau nganut apa. Ngapain urusin orang lain deh, sampai tato pun sampai diurusin," imbuh lainnya. 

Baca Juga:
Ivan Gunawan Ditantang Deddy Corbuzier, BB Turun 20 kg Dapat Rp 500 Juta

Load More