Yohanes Endra | MataMata.com
Sampul Album Nevermind.

Matamata.com - Spencer Elden dikabarkan menggugat band Nirvana perihal pornografi anak. Selama ini, Spencer Elden dikenal sebagai bayi yang terpampang di sampul album Nevermind milik Nirvana yang dirilis pada 1991.

Gugatan Spencer Elden pada Nirvana itu diajukan tepat sebulan sebelum peringatan 30 tahun album Nevermind. Diketahui, pada sampul album Nevermind tersebut, sosok Elden yang berusia empat tahun terlihat sedang berenang secara telanjang di dalam air dan berusaha meraih uang dolar.

Spencer Elden, sosok Bayi di sampul Album Nevermind. (Twitter/johnchapple)

"Foto di sampul itu memperlihatkan bagian tubuh intim Spencer Elden dan menunjukkan alat kelamin Spencer sejak dia masih bayi hingga saat ini," bunyi gugatan Elden yang diajukan di California.

Baca Juga:
6 Helai Rambut Kurt Cobain Terjual Rp200 Juta

Sedikit kilas balik, Geffen Records, label rekaman Nirvana saat itu awalnya keberatan jika kemaluan Elden terekspos. Hanya saja, Kurt Cobain kekeh untuk tidak menyensor potret Spencer Elden di sampul albumnya Nevermind.

Kurt Cobain hanya mau berkompromi dengan cara memasangkan stiker pada bagian tertentu di sampul album tersebut yang bertuliskan “Jika Anda tersinggung dengan hal ini, Anda pasti seorang pedofil”.

Vokalis grup band Nirvana, Kurt Cobain. (Instagram)

Hanya saja, kini, menurut pihak Spencer Elden, tindakan untuk menempelkan stiker pada bagian sampul album Nevermind tidak pernah dilakukan.

Baca Juga:
Sudah Sembunyi, Ariel NOAH Kesel Kegep Nongkrong Bareng Kurt Cobain

Spencer Elden, melalui kuasa hukumnya telah mengajukan gugatan terhadap harta kekayaan Cobain dan anggota Nirvana yang masih hidup. Elden pun mengatakan bahwa tidak ada pernyataan secara resmi terkait penggunaan fotonya dalam sampul album tersebut.

Vokalis grup band Nirvana, Kurt Cobain. (Nirvana.com)

Dalam gugatannya, Elden mengklaim dengan nominal sebesar USD 150.000 dengan pernyataan bahwa dia merasa telah dieksploitasi seumur hidup.

Elden juga mengatakan bahwa ia merasakan dampak buruk akibat sampul album tersebut. Dampak yang dimaksud antara lain penderitaan seumur hidup yang mencakup tekanan emosional yang ekstrem dan permanen serta gangguan perkembangan normal dan pendidikannya. Lainnya adalah perawatan medis dan psikologis.

Baca Juga:
Model Rambut Baru Dian Sastro, Diilhami Nirvana dan Pearl Jam

Anehnya, gugatan ini bertentangan dengan yang dikatakan Elden pada momen yang sama di tahun 2016. Saat itu dia membuat ulang gambar tersebut dan melakukan pemotretan ulang.

Berbicara kepada New York Post, Spencer Elden berkomentar, “Saya berkata kepada fotografer ‘Ayo ambil foto saya secara telanjang’, namun saya berpikir itu akan menjadi sesuatu yang aneh jadi saya urungkan niat saya dan kembali memakai celana renang saya”.

Sampai saat ini, Nirvana dan pihak labelnya belum menanggapi gugatan Spencer Elden.

Load More