Saipul Jamil (Instagram/@saipul_jamil_fc)

Matamata.com - Trans TV minta maaf kepada publik atas glorifikasi yang dilakukan terhadap Saipul Jamil. Permintaan maaf terbuka itu disampaikan lewat Instagram @transtv_crop pada Senin (6/9/2021). 

"Kami menerima kritik dan masukan terkait program Kopi Viral yang tayang di TRANS TV pada hari Jumat, 3 September 2021 dengan bintang tamu Saipul Jamil," berikut isi permintaan maaf Trans TV. 

"Kami mohon maaf atas tayangan tersebut," sambungnya.

Baca Juga:
KPI Minta Stasiun TV Tak Glorifikasi Kebebasan Saipul Jamil

Sebagaimana diketahui, salah satu programnya, Kopi Viral menyiarkan secara eksklusif kebebasan mantan suami Dewi Perssik itu. 

Trans TV minta maaf sambut meriah kebebasan Saipul Jamil [Instagram/@transtv_corp]

Protes masyarakat ini akan dijadikan Trans TV sebagai bahan evalusinya terhadap program-program acara miliknya.  

"Hal ini menjadi perhatian khusus dan telah melakukan evaluasi menyeluruh untuk menjadi pembelajaran dan perbaikan ke depannya. Terima kasih atas perhatiannya," tuturnya. 

Baca Juga:
Tegas, Kiky Saputri Ungkap Acara Lapor Pak Tak Akan Mengundang Saipul Jamil

Sebelumnya, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) akhirnya merespons protes dari publik atas kemunculan Saipul Jamil di layar kaca. Diimbau kepada seluruh stasiun televisi agar tidak berlebihan menayangkan pedangdut 41 tahun tersebut. 

"Kami meminta seluruh lembaga penyiaran televisi untuk tidak melakukan amplifikasi dan glorifikasi (membesar-besarkan dengan mengulang dan membuat kesan merayakan) tentang pembebasan Saipul Jamil," kata Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo dalam siaran persnya, Senin (6/9/2021). 

Kontroversi Saipul Jamil (Instagram/@saipul_jamil_fc)

“Kami berharap seluruh lembaga penyiaran memahami sensitivitas dan etika kepatutan publik terhadap kasus yang telah menimpa yang bersangkutan dan sekaligus tidak membuka kembali trauma yang dialami korban,” sambungnya. 

Baca Juga:
Inul Daratista Klarifikasi Sikapnya Pada Saipul Jamil: Saya Menyakiti Anda

Seperti diketahui, Saipul Jamil baru saja bebas usai menjalani hukuman terkait kasus pencabulan anak di bawah umur. Dia melakukan tindakan asusila terhadap seorang laki-laki. 

Kebebasan Saipul Jamil ini banjir kritikan lantaran mantan juri D'Academy tersebut langsung safari ke sejumlah stasiun televisi. Dia bahkan disambut antusias. 

Saipul Jamil bebas dan meninggalkan Lapas Cipinang. [MataMata.com/Alfian Winanto]

Netizen merasa penampilan Saipul Jamil tersebut tidak memikirkan psikologis korban yang mungkin saja trauma. Karenanya, netizen membuat petisi boikot Saipul Jamil dari TV. 

Baca Juga:
Gus Miftah Sebut Saipul Jamil Tak Punya Malu, Keluarga Zaskia Gotik Disorot

Kini gerakan itu sudah ditanda tangani lebih dari ratusan ribu kali. Mengingat, protes keras akan hadirnya Saipul Jamil di layar kaca juga disuarakan oleh sejumlah public figure. 

Load More