Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Robby Purba (Instagram/@robbypurba)

Matamata.com - Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI belakangan tengah disorot. Seorang pegawai KPI Pusat mengungkap pelecehan seksual dan perundungan yang diterimanya sekitar tahun 2012-2014. Baik korban maupun diduga pelaku berjenis kelamin laki-laki. Namun, korban terancam dilaporkan dengan UU ITE karena diduga pelaku merasa dicemarkan nama baiknya terkait identitas mereka yang terungkap.

Selain itu, keputusan KPI yang tidak melarang Saipul Jamil mengisi acara di televisi menuai kritikan tajam. Pasalnya Saipul Jamil diketahui bebas setelah 5 tahun dipenjara karena kasus pelecehan seksual.

Artis Kecewa Pada KPI (Instagram/@robbypurba)

Tak hanya masyarakat, figur publik pun ramai mengungkap kekecewaannya kepada KPI. Siapa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Robby Purba

Artis Kecewa Pada KPI (Instagram/@robbypurba)

Robby Purba menyampaikan pesannya kepada Ketua KPI melalui unggahan Instagram pada Minggu (12/9/2021). Robby rupanya menyoroti balasan Ketua KPI Pusat, Agung Suprio, saat netizen ingin tahu cara agar bisa kerja di KPI. Agung langsung menyebutkan posisi Office Boy alias OB sehingga dianggap menghina.

Robby Purba lantas mencari tahu keterlibatannya dalam acara yang digelar KPI di masa lalu. Rupanya Robby pernah bertemu Agung Suprio saat menjadi pembawa acara Anugerah KPI 2018. Berkaitan dengan keterlibatan tersebut, Robby bermaksud 'mengembalikan' honor yang diterimanya kepada masyarakat. Cara Robby Purba menyindir dengan elegan tersebut menuai sejumlah pujian.

2. Ernest Prakasa

Artis Kecewa Pada KPI (instagram.com/ernestprakasa)

Bukan baru-baru ini saja Ernest Prakasa memberikan kritik untuk KPI. Sebagai mantan penyiar di Bandung, Ernest mengaku 'frustasi' saat mengetahui KPI Jawa Barat merilis daftar lagu yang tidak boleh diputar di bawah jam 10 malam. Sutradara film "Cek Toko Sebelah" ini juga melayangkan protes saat Saipul Jamil mengisi acara televisi setelah bebas dari penjara atas kasus pelecehan seksual.

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More