Nur Khotimah | MataMata.com
Profil Adipati Dolken. (Instagram/@adipati)

Matamata.com - Adipati Dolken adalah salah satu aktor kenamaan Tanah Air yang akan segera menyapa penggemar lewat aktingnya di film terbaru berjudul "Akhirat: A Love Story". Profil Adipati Dolken pun menjadi topik hangat seiring dengan hangatnya pembicaraan tentang film barunya itu.

Pemilik nama asli Adipati Koesmadji ini sudah cukup lama malang melintang di dunia hiburan. Debut aktingnya dimulai lewat sinetron Kepompong pada tahun 2008 silam. Kini 34 film layar lebar sudah Adipati Dolken bintangi. Beragam genre film pun dengan apik ia mainkan hingga membuatnya menjadi aktor yang diperhitungkan di dunia film layar lebar.

Profil Adipati Dolken. (Instagram/@adipati)

Selama kariernya, Adipati Dolken juga sempat menjalin asmara dengan beberapa artis. Kenalan lebih dekat dengan sosok pemain film "Akhirat: A Love Story" lewat ulasan profil Adipati Dolken yang sudah Matamata.com himpun berikut ini.

Baca Juga:
Cynthiara Alona Minta Dibebaskan saat Ikut Sidang Kasus Prostitusi

Profil Adipati Dolken

Profil Adipati Dolken. (Instagram/@adipati)

Adipati Dolken lahir dengan nama Adipati Koesmadji pada tanggal 19 Agustus 1991. Adipati Dolken besar dalam keluarga yang tidak utuh setelah kedua orang tuanya bercerai. Sang ibu menetap di Mesir, dan ia lebih memilih tinggal bersama ayahnya. Adipati Dolken juga merupakan adik dari artis Gianina Emanuela yang pernah bermain dalam film Kereta Hantu Manggarai. Adipati Dolken sangat dekat dengan Gianina yang juga merupakan istri dari drummer Riff, Magi.

Masa kecil Adipati Dolken sebagian besar dihabiskan di Selandia Baru. Awalnya Adipati Dolken adalah anak yang ceria dan imut, namun saat kedua orang tuanya bercerai ketika usianya 9 tahun, ia menjadi pendiam. Cita-citanya adalah menjadi pemain sepak bola, tapi sayang mimpinya itu tidak bisa terwujud.

Baca Juga:
5 Artis Indonesia Pernah Jadi Guru di Film, Pakai Seragam Penuh Kharisma

Semasa SMP, Adipati Dolken sempat kecanduan bermain permainan online hingga membuatnya bolos sekolah selama beberapa bulan. Namun setelah beranjak dewasa, ia berhasil menjadi pribadi yang lebih baik. Bahkan sejak menjadi artis ia pun meraih banyak prestasi.

Perjalanan Karier

Profil Adipati Dolken. (Instagram/@adipati)

Karier Adipati Dolken berawal ketika ia melihat Gianina yang mampu mencukupi hidupnya dengan menjadi artis. Hal ini membuat Adipati Dolken juga ingin mengikuti jejak sang kakak. Sebab, Gianina adalah kakak yang selalu dapat mengerti perasaannya.

Baca Juga:
Raffi Ahmad Ungkap Fotonya Ditangkap BNN, Irwansyah dan Istri Auto Nyindir!

Beruntung pada tahun 2008, Adipati mendapat tawaran akting di sinetron "Kepompong". Dalam sinetron remaja itu, ia berperan sebagai Virgo. Meski hanya figuran, tapi ia mulai kebanjiran tawaran akting sejak muncul dalam sinetron tersebut. Satu tahun berselang, ia mendapat kesempatan debut di layar lebar lewat film "Putih Abu-Abu & Sepatu Kets".

Namanya kian melejit setelah memerankan tokoh Keenan dalam film "Perahu Kertas" (2012). Tahun 2012 pun menjadi tahun Adipati Dolken, sebab saat itu ia sukses membintangi enam judul film. Film yang dibintanginya pada 2012 yaitu "Sang Martir", "Perahu Kertas", "Perahu Kertas 2", "18++ Forever", "Malaikat Tanpa Sayap", dan "Slank Nggak Ada Matinya".

Pada tahun 2013, Adipati Dolken sukses membawa pulang penghargaan Festival Film Indonesia untuk kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Hal ini membuatnya menjadi salah satu peraih Piala Citra termuda pada usia 21 tahun. Ia juga sukses meraih penghargaan Pasangan Terfavorit bersama Vanesha Prescilla dalam ajang Indonesian Movie Actors Awards berkat film "#TemanTapiMenikah" yang tayang pada tahun 2019.

Baca Juga:
Baru 2 Hari Jadi Artis, Adik Vanessa Angel Alami Nasib Sial!

Perjalanan Cinta

Adipati Dolken dan Canti Tachril. (Instagram/@adipati)

Selama kariernya, Adipati Dolken pernah dekat dengan sejumlah artis cantik Tanah Air. Salah satunya adalah model Chika Kinsy. Hubungan keduanya terungkap usai foto ciuman mereka beredar di media. Chika mengungkapkan foto itu adalah foto lama.

Selain Chika, Eva Celia juga dikabarkan pernah menjalin asmara dengan Adipati Dolken. Bahkan keduanya sering membagikan potret kebersamaan di media sosial. Sayangnya mereka berdua kompak enggan buka suara perihal hubungan mereka. 

Vanesha Prescilla adalah artis yang secara terang-terangan dipacari oleh Adipati Dolken. Hubungan mereka membuat heboh karena keduanya terlibat dalam film yang sama, yaitu "#TemanTapiMenikah". Sayangnya hubungan mereka kandas. 

Sekarang, Adipati Dolken sudah melabuhkan hatinya pada sosok Canti Tachril. Keduanya telah menikah pada Desember 2020 lalu. Pernikahan keduanya pun cukup menjadi perbincangan kala itu.

Nah itu dia profil Adipati Dolken, pemeran utama film "Akhirat: A Love Story", mulai dari perjalanan karier hingga kisah cintanya. Gimana makin siap menyaksikan akting Adipati Dolken di film anyarnya itu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More