Yohanes Endra | MataMata.com
Profil Ahmad Dhani (Instagram/ahmaddhaniofficial)

Matamata.com - Nama Ahmad Dhani tengah ramai dibicarakan. Pasalnya suami Mulan Jameela ini dituduh tidak melakukan karantina usai pulang dari Turki. Hal ini pun lantas ramai diperbincangkan netizen. Meski demikian pihak Ahmad Dhani mengaku menjalani karantina mandiri di rumah.

Seperti diketahui, istri Ahmad Dhani, Mulan Jameela adalah anggota DPR yang membuat dirinya diperbolehkan untuk melakukan karantina mandiri di rumah. Walau demikian nama Ahmad Dhani dan Mulan Jameela tetap jadi bahan gunjingan.
Ahmad Dhani selama ini memang cukup sering memicu kontroversi di samping segudang prestasinya di dunia musik. Tangan dinginnya telah mampu melahirkan lagu-lagu hits yang sangat populer. Ia juga merupakan pentolan band Dewa 19 yang namanya dikenal di seluruh tanah air.

Ayah dari Al, El, dan Dul ini adalah salah satu musisi papan atas yang karya-karyanya selalu diterima dengan baik di masyarakat. Bagi kalian yang ingin kenal lebih jauh sosok Ahmad Dhani simak dulu yuk profil Ahmad Dhani berikut ini.

Baca Juga:
8 Potret Ahmad Dhani dengan Anak Mulan Jameela: Akrab bak Ayah Kandung

Profil Ahmad Dhani

Profil Ahmad Dhani (Instagram/ahmaddhaniofficial)

Ahmad Dhani lahir di Surabaya pada 26 Mei 1972 dengan nama lengkap Ahmad Dhani Prasetyo. Ahmad Dhani adalah sulung dari tiga bersaudara. Ia merupakan putra pasangan Eddy Abdul Manaf, seorang diplomat asal Garut dengan perempuan keturunan Jerman Joyce Theresia Pamela Kohler. 

Ahmad Dhani semasa muda bertemu dengan Andra Ramadhan dan Ari Lasso yang kemudian menjadi personil dari bandnya. Ia juga bertemu dengan Reza Artamevia saat kuliah, ia menjadikan Reza sebagai penyanyi solo dan penyanyi latar di Dewa 19 pada masa awal kariernya.

Baca Juga:
Adam Deni Ngamuk Ahmad Dhani Disebut Jalani Karantina: Buktinya Jelas!

Bakat bermusik Ahmad Dhani sudah mulai terlihat sejak bangku sekolah. Ia bahkan tak segan untuk bolos sekolah demi bisa berkumpul dengan teman bandnya. Sebenarnya awal mula ketertarikan Ahmad Dhani pada dunia musik sudah dimulai sejak kecil saat ayahnya membelikannya sebuah keyboard. Dhani kecil bahkan ikut kes musik karena keyakinan ayahnya bahwa ia akan sukses di jalur musik. Karya-karya Dhani sangat terpengaruh band rock Inggris Queen. Jadi tak heran di awal kariernya sebagai pemain band genre musik yang dipilihnya adalah rock.

Namun Ahmad Dhani juga pernah mencoba musik jazz. Ia pun mengganti nama bandnya menjadi Downbeat. Bersama dengan Downbeat Ahmad Dhani sukses menjuarai Festival Jazz Remaja  Jawa Timur juga Juara 1 Festival Band SLTA '90. Tapi pada akhirnya ia kembali ke musik rock dan mengibarkan bendera Dewa 19 dengan mengajak serta Ari Lasso sebagai vokalis. 

Pada 17 November 1996 ia menikah dengan Maia Estianty yang sudah dipacari sejak SMA. Ahmad Dhani memiliki tiga orang anak laki-laki yaitu Al, El, dan Dul dari pernikahannya dengan Maia Estianty. Rumah tangganya dengan Maia mulai retak pada tahun 2006. Keduanya pun resmi bercerai pada 2008 dengan hak asuk anak jatuh ke tangan Ahmad Dhani. 

Baca Juga:
Fakta Lain Diungkap, Ahmad Dhani Sekeluarga Karantina di Villa Pribadi

Tak berselang lama, Ahmad Dhani kembali menikah dengan Mulan Jameela yang merupakan rekan duet Maia di Ratu. Mulan pun sempat diduga jadi penyebab keretakan rumah tangga Dhani dan Maia. Dari pernikahannya dengan Mulan, Ahmad Dhani memiliki 2 orang anak yaitu Safeeya Ahmad dan Ahmad Syailendra Aerlangga.

Perjalanan Karier

Profil Ahmad Dhani (Instagram/ahmaddhaniofficial)

Ahmad Dhani memulai kariernya sebagai anak band di Surabaya dengan membentuk band bersama teman sekolahnya. Ia membentuk band Dewa dengan Andra Junaidi Ramadhan, Erwin Prasetya, dan Wawan Juniarso pada 1986. Genre musik band Dewa adalah rock karena Dhani yang begitu menggemari band Queen. 

Baca Juga:
Ahmad Dhani Klarifikasi Isu Tak Jalani Karantina Usai Liburan dari Turki

Band Dewa berganti nama jadi Downbeat saat ia merubah genre musik band mereka dari rock ke jazz. Downbeat meraih banyak prestasi yang membuktikan bakat dan kemampuan Ahmad Dhani dalam memimpin anggota bandnya. Tapi Downbeat tak bertahan lama karena Dhani segera merubah genre musik mereka menjadi rock lagi.
Ia pun mengibarkan bendera Dewa 19 dengan mengajak Ari Lasso sebagai vokalis.

Pada tahun 1991, Ahmad Dhani pindah ke Jakarta untuk mencari perusahaan rekaman yang bisa menjadi label Dewa 19. Akhirnya ia pun diterima oleh Jan Djuhana dari Team Record. Album perdana Dewa 19 meledak di pasaran dengan lagu andalan Kangen dan Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi.

Selama kiprahnya bersama Dewa 19 semua albumnya selalu sukses. Walaupun Dewa 19 telah mengalami bongkar pasang personil, namun Dewa 19 masih menjadi band yang eksis hingga kini. 

Ia tak hanya jadi pemain band, tapi juga produser bagi sejumlah artis. Sebut saja Reza Artamevia, Krisdayanti, Denada, juga Tere. Mereka memulai kariernya dengan bantuan tangan dingin Ahmad Dhani. Termasuk juga Maia Estianty saat membentuk Ratu. Ia juga membentuk band lain seperti The Rock, T.R.I.A.D, The Virgin yang berada dalam naungan Republik Cinta Manajemen.

Kasus

Profil Ahmad Dhani (Instagram/ahmaddhaniofficial)

Sepanjang kariernya, Ahmad Dhani pernah tersandung beberapa kasus yang menimbulkan kegaduhan hingga kontroversi. Bahkan karena kasus yang menimpanya, Ahmad Dhani juga sempat mendekam di balik jeruji besi.

Ia pernah laporkan oleh wartawan atas tuduhan pemukulan yang terjadi di depan rumah Mulan Jameela pada 1 Maret 2011. Pada 26 November 2018 Ahmad Dhani pernah dituntut 2 tahun penjara karena diduga melakukan ujian kebencian. Akibatnya pada 28 Januari 2019 ia divonis bersalah dan dihukum 1 tahun enam bulan penjara.

Kini ia kembali tersandung kasus yang juga melibatkan keluarganya. Hal ini karena ia diduga tidak melakukan karantina usai melancong ke Turki. Padahal semua yang melakukan perjalanan dari luar negeri harus melakukan karantina untuk menghentikan mata rantai penyebaran virus Covid19.

Nah itulah tadi profil Ahmad Dhani musisi yang diduga tidak melakukan karantina setelah berpergian bersama keluarganya. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More