Yohanes Endra | MataMata.com
Melanie Subono (Instagram/@melaniesubono)

Matamata.com - Melanie Subono mengungkapkan pendapatnya mengenai hukuman mati yang belakangan ini sedang ramai dibicarakan publik. Secara tegas, Melanie mengatakan bahwa ia tidak setuju dengan pemberlakuan hukuman mati kepada siapapun karena ia adalah aktivis Hak Asasi Manusia.

Bahkan, Melanie sudah sejak lama tidak setuju dengan hukuman mati. Menurutnya, ada pengertian HAM yang dirasa sangat berbeda dari pemberlakuan hukuman mati.

Melanie Subono mengungkapkan pendapatnya tentang hukuman mati. (Instagram/melaniesubono)

Musisi yang merupakan adik Adrie Subono tersebut menyertakan tiga faktor atau alasan di balik sikapnya menolak hukuman mati. Pertama, Melanie menyebutkan bahwa ia tidak mau menjadi pembunuh.

Baca Juga:
Ogah Diliput, Melanie Subono Batal ke Rumah Pak Ogah gara-gara Media Tahu

"Lah hewan aja gue nggak matiin, cuma makan yang tumbuh bukan yang lahir, apalagi manusia. Menurut gue kalau sampai gue membunuh artinya gue sama rendahnya dengan penjahat atau pelaku yang harus dihukumnya. Di mata gue soal nyawa masih urusan Tuhan," tulis Melanie Subono, Jumat (14/1/2021).

Selanjutnya, Melanie Subono mengatakan bahwa hukuman mati terlalu enak untuk pelaku kejahatan.

Melanie Subono. (Youtube/MelaneyRicardo)

"Enak aja, nggak kesiksa dia. Suruh hidup tapi yang pe er banget, kerja rodi atau apa seumur hidup gitu. Hidup dengan kebirinya, dengan malunya, dengan lainnya pokoknya disusahin lah tanpa membunuh. Kalau sekarang, buat apa dikebiri kalau besok mati juga. Terus yang kasihan keluarganya yang nggak salah, nggak tahu apa-apa. Lo aja kalau ada sepupu 'pemakai', nggak mau dipukul rata kan? Kasihan yang ditinggal. Mending pelaku tetap hidup tapi malu dan berat. Suruh hidup tapi berat sampai mati sendiri," ujarnya.

Baca Juga:
Melanie Subono Prihatin Lihat Gunung Semeru Erupsi, Langsung Bertindak!

Terakhir, Melanie bersikeras menolak hukuman mati sekalipun kasus itu sangat personal untuk dirinya.

"Lo pasti akan ada yang mau komentar 'tapi lo nggak tahu rasanya kak'. Untuk satu ini, walaupun gue nggak bisa buka detail, gue cuma mau bilang gue tahu. Trust me. Dan gue pun menolak orang itu dihukum mati saat kasus itu personal buat gue," kata Melanie.

Melanie Subono (Instagram/@melaniesubono)

Melanie lantas mengatakan bahwa secara fakta dan data, adanya hukuman mati tidak mengurangi pemakai drugs, pembunuh, hingga pemerkosa.

Baca Juga:
Kini Tak Punya Rahim, Melanie Subono Pamer USG: Gue Tetap Seorang Ibu!

"Malah makin cari celah, jadi jelas itu nggak bikin kapok. So, jawaban gue sama dari 14 tahun lalu. So jawaban gue sama dari 14 taun lalu (lihat di media, baik kasus sekarang, buruh migran dulu sampai saat itu kejadian personal di gue)," pungkasnya.

Para netizen pun memberikan beragam komentar untuk unggahan Melanie Subono tersebut. Banyak yang setuju, tapi tak sedikit yang kontra dengan pendapat Melanie.

"Betul banget, kalau dihukum mati selesai dong urusan? Ya harus menderita dunia-akhirat lah," komentar netizen.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Melanie Subono Dikabarkan Meninggal Dunia, Ini Penjelasannya

"Kalau menurut gue sih bagus kalau pelaku pemerkosaan dihukum mati, apalagi pembunuh yang sudah sengaja mengambil nyawa orang, harus juga dihukum mati biar nggak menuh-menuhin lapas. Bukan cuma urusan narkoba aja yang bisa dihukum mati, kalau gue setuju biar pada kapok," timpal lainnya.

Load More