Nur Khotimah Yuliani | MataMata.com
Ustaz Zacky Mirza. (YouTube)

Matamata.com - Wasiat kematian Dorce Gamalama tengah menjadi polemik. Pro dan kontra muncul terkait pernyataan Dorce Gamalama ingin dimakamkan sebagai perempuan. Beberapa ulama pun ikut buka suara.

Diketahui Gus Miftah dan Buya Yahya menyebut Dorce Gamalama sebaiknya dimakamkan sesuai kodratnya sebagai laki-laki. Setentara Ustazah Lulung Mumtaza manyarankan agar wasiat Dorce dijalankan.

Setelah nama-nama di atas, Ustaz Zacky Mirza juga dimintai pendapat soal polemik wasiat Dorce Gamalama. Ustaz Zacky Mirza memberikan pendapat bijak atas hal yang sedang menjadi sorotan ini.

Baca Juga:
4 Poret Adiba Khanza dan Egy Maulana Vikri, Sudah Resmi Pacaran?

Fakta Curhatan Dorce Gamalama (YouTube/CURHAT BANG Denny Sumargo)

Ustaz Zacky Mirza bersyukur pemuka agama sudah buka suara terkait pernyataan Dorce Gamalama. Menurutnya, hal tersebut menunjukkan kepedulian antar umat Muslim.

"Artinya sesama muslim kita ini harus saling menasehati sebagaimana diriwayatkan di surat An Nahl ayat 125," kata Ustaz Zacky Mirza kepada awak media, Selasa (1/2/2022).

Ustaz Zacky Mirza sepakat dengan para ahli fikih seperti yang telah disampaikan Gus Miftah dan Buya Yahya sebelumnya.

Baca Juga:
Sudah Ngebet Menikah, Acha Septriasa Tak Pikir Panjang saat Dilamar Suami

"Bahwa semua ulama sepakat bahwa seorang muslim ketika meninggal maka prosesinya harus dikembalikan ke kodrat aslinya," ujarnya.

Buya Yahya turut angkat bicara terkiat keinginan aktris senior Dorce Gamalama yang merupakan transgender ketika meninggal dunia ingin dimakamkan sebagai perempuan. [YouTube].

Menurutnya, segala pendapat dan nasihat sudah disampaikan dengan bijak dan cinta. Namun, semua itu hanya masukan dan pengetahuan. Sementara eksekusinya tetap ada di tangan Dorce Gamalama dan keluarganya.

"Yang ingin saya sampaikan dalam hal ini adalah kita harus berpikir bahwa ketika nasihat sudah kita sampaikan dengan penuh kelembutan dan kasih sayang, tinggal semua keputusannya kembali ke yang bersangkutan," katanya.

Baca Juga:
Positif COVID-19 Dituding Cuma Settingan demi Endorse, Boy William Bereaksi

Ustaz Zacky Mirza merasa Dorce Gamalama sudah di tahap dewasa yang bisa mempertanggungjawabkan pilihannya. Karenanya, sebagai sesama muslim, ia mengimbau masyarakat untuk mendoakan saja.

"Pada akhirnya biarkan beliau yang mengambil kesimpulannya. Beliau yang mengambil kategori hukumnya seperti apa. Kita hanya bisa mendoakan saja," ujarnya.

Ustaz Zacky Mirza (Instagram/@zackymirza)

"Ya mudah-mudahan apapun yang beliau pahami, apapun yang beliau mengerti dari sisi hukum yang sudah kita sampaikan biar itu jadi tanggung jawab beliau pribadi di mata Allah SWT," katanya lagi.

Baca Juga:
Viral Penampakan Rumah Megah H Faisal di Kampung, Tuai Pujian: Sudah Sultan dari Dulu!

Karenanya, Ustaz Zacky Mirza juga berharap Dorce bisa menanggapi dengan bijak nasihat yang telah disampaikan untuknya.

"Kita doakan beliau sehat, panjang umur dan ya bisa menanggapinya dengan penuh kebijakan juga apa yang sudah dinasehati para ulama ustazah dan ahli fikih," katanya.

Dorce Gamalama. (Instagram/@dg_kcp)

Sebagaimana diketahui, Dorce Gamalama yang mewasiatkan ingin dimakamkan sebagai perempuan yang belakangan menuai kontra dari sebagian pemuka agama.

Wasiat kematian Dorce Gamalama itu pun turut dikomentari sejumlah Ustaz dan Kiyai dengan memberi penjelasan terkait permintaan tersebut. Gus Miftah dan Buya Yahya menyebut secara syariat Dorce Gamalama harus dimakamkan sebagai laki-laki.

Load More