Tinwarotul Fatonah Yuliani | MataMata.com
Bio One (Instagram/@bojvoyej)

Matamata.com - Aktor Bio One baru saja membuat pengakuan memiliki gangguan mental jenis ADHD, atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder, yakni gangguan mental yang menyebabkan seorang  sulit memusatkan perhatian, serta memiliki perilaku impulsif dan hiperaktif.  Hal itu diidapnya sejak kecil dan masih sampai sekarang.

Gangguan mental tersebut membuat Bio One sulit fokus dan tak beraturan memorinya. Ia pun kerap ingin mencuri perhatian.

Bio One. (Instagram/@bojvoyej)

"Sampai sekarang lumayan kaya gitu, tapi di umur 15 gue udah mulai bisa nyusun ini momen di tahun berapa, ini kapan, jadi gue inget momennya bukan timeline nya kapan," ungkap Bio One dikutip dari YouTube Erika Carlina, Rabu (2/2/2022).

Baca Juga:
Bio One Baru Ungkap Idap Gangguan Mental Sejak SD

"Karena gue nggak sadar ternyata gue punya ADHD, jadi kerjaannya susah fokus, agak caper (cari perhatian)," sambungnya.

Meski sudah mengetahuinya sejak usia remaja, Bio One hingga saat ini belum bisa memulihkan dirinya seratus persen. Sampai sekarang, ia kadang harus kerap menahan saat menyadari ingin menjadi pusat perhatian.

Transformasi Bio One (Instagram/@bojvoyej)

"Center of attention itu akhirnya gue nahan diri gue sendiri. Mengatasinya sedikit banyak bisa lah, kadang gue sadar gue lagi ADHD kadang nggak," paparnya.

Baca Juga:
Pergi ke Bioskop, Baju Nyentrik Bio One Dibilang Mirip Kain Keset

Menurutnya, orang-orang di sekitarnya pun tak banyak yang tahu ia mengidap gangguan mental tersebut. Mereka mengira, hal itu adalah bagian dari karakter pribadi Bio One.

Transformasi Bio One (Instagram/@bojvoyej)

"Orang menilai itu pribadi gue aja padahal itu bukan gue, itu penyakit. Jadi di frontal inferior gue tuh kekurangan zat yang bikin gue susah fokus dan tenang. Salah satunya jadi cari perhatian, hyperactivity gitu deh," pungkasnya.

Sebelumnya, imbas ADHD Bio One memiliki trauma yang membekas saat SD. Kala itu, ia gagal terpilih cerdas cermat dan hadir di kontes tersebut untuk menjawab semua pertanyaan yang diberikan ke peserta dengan maju ke depan. Namun, aksinya itu malah disebut caper oleh gurunya dan seisi ruangan tersebut melihat ke arahnya hingga membuatnya malu.

Baca Juga:
7 Artis Dikritik Terlalu Kurus, Bio One Dituding Aneh-aneh!

Load More