Yohanes Endra Yuliani | MataMata.com
Dorce Gamalama (Instagram/dg_kcp)

Matamata.com - Semasa hidupnya, Dorce Gamalama cukup berperan atas pembangunan masjid masjid Al Hayyu, kawasan Lubang Buaya, Jakarta.

Hal ini diungkap oleh Ustaz Anan Muhajir selaku pengurus di Masjid Al Hayyu. Menurut dia, Dorce Gamalama kerap mengadakan kegiatan santunan dan keagamaan di sana.

Dorce Gamalama [Instagram/dg_kcp]

"Dia baik ya, dermawan, suka bersosial juga, saya ikutin dia dari 2011, dari awal ini masjid belum ada aulanya, tanaman masih kecil-kecil," ujar Ustaz Anan Muhajir selaku pengurus di Masjid Al Hayyu kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur, Rabu (16/2/2022).

Baca Juga:
Bak Firasat, Dorce Gamalama Datangi Semua Tempat Makan Favoritnya Sebelum Meninggal

Menurut Anan, berkat Dorce Gamalama, masjid Al Hayyu bisa menjadi lebih nyaman dipakai ibadah. Masyarakat setempat pun bersyukur atas lingkungan sekitar masjid yang asri.

"Karena datangnya bunda ke Lubang Buaya ini alhamdulillah masyarakat kita bisa punya masjid yang segini, walaupun kecil tapi masih indah dan nyaman, yang penting bermanfaat ya," katanya.

Dorce Gamalama. (Instagram/@dg_kcp)

Anan juga bercerita, tiap menjelang Ramadhan, Dorce Gamalama selalu menyempatkan diri ke masjid tersebut. Biasanya beliau memberikan bantuan berupa santunan untuk anak yatim dan takjil gratis untuk yang berpuasa.

Baca Juga:
Profil Dorce Gamalama, Presenter Senior yang Meninggal Dunia karena Covid-19

"Sering banget (memberi bantuan), apalagi kalau mau puasa sering ngasih santunan, ngasih takjil puasa, (bantuan) sosial," kata Anan.

Anan bahkan sudah menganggap Dorce Gamalama sebagai orangtuanya sendiri. Sebab, ia juga pernah dibantu dalam menggelar pernikahannya.

Dorce Gamalama [Instagram/dg_kcp]

"Ya saya sangat sedih dan terpukul, saya udah anggap bunda Dorce seperti orangtua saya sendiri. Dulu saya masih bujangan, saya nikah di sini juga dibantu sama bunda Dorce," katanya.

Baca Juga:
4 Fakta Dorce Gamalama Jatuh Bangun saat Menderita Sakit hingga Meninggal Dunia

Anan mendapat kabar bahwa jenazah Dorce Gamalama akan dimakamkan di TPU Bambu Apus.
Namun, kabar tersebut belum bisa dipastikan karena masih terus dalam diskusi pihak keluarga dan rumah sakit. Saat ini jenazah beliau pun masih berada di rumah sakit.

Load More