Yohanes Endra | MataMata.com
Dorce Gamalama. (Instagram/@dg_kcp)

Matamata.com - Kabar duka datang dari dunia hiburan, Dorce Gamalama meninggal dunia pada Rabu (16/2/2022) karena penyakit yang dideritanya ditambah terpapar Covid-19.

Seperti diketahui, Dorce Gamalama termasuk artis senior yang sudah berkecimpung di dunia hiburan sejak lama. Artis yang lahir berjenis kelamin laki-laki dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi juga sudah melewati pergejolakan batin hingga akhirnya memutuskan untuk operasi kelamin menjadi perempuan.

Terlepas dari kontroversinya operasi kelamin, Dorce membuktikan kalau kariernya tetap bersinar. Dia bahkan dikenal dengan sebutan 'bunda' yang sangat baik pada rekan-rekan artis termasuk junior-juniornya.

Baca Juga:
Sopir Taksi Langganan Ungkap Kejanggalan sebelum Dorce Gamalama Meninggal Dunia

Mengenang kepergian artis serba bisa ini, yuk simak perjalanan karier Dorce Gamalama yang Matamata.com rangkum di bawah ini.

1. Pelawak

Perjalanan Karier Dorce Gamalama. (Instagram/@dg_kcp)

Dorce Gamalama mengawali karier sebagai pelawak di kelompok waria Fantastik Dolls. Saat itu dia yang masih laki-laki berpenampilan layaknya perempuan bahkan punya nama panggung yakni Myrna.

Baca Juga:
Meninggal Dunia, Jenazah Dorce Gamalama Disalatkan sebagai Laki-Laki

2. Main film

Perjalanan Karier Dorce Gamalama. (Instagram/@dg_kcp)

Dorce mulai mendapatkan tawaran main film pada 1990. Saat itu dia sudah melakukan operasi kelamin dan resmi menjadi perempuan. Ada dua film yang mana Dorce menjadi pemeran utama yakni Dorce Sok Akrab dan Dorce Ketemu Jodoh.

3. Penyanyi

Baca Juga:
Keluarga Sebut Dorce Gamalama Sering Bicara Kematian Sebelum Wafat: Kami Tidak Anggap Serius

Perjalanan Karier Dorce Gamalama. (Instagram/@dg_kcp)

Pantas kalau Dorce disebut artis serba bisa, tak hanya melawak dan akting, dia juga terjun ke dunia tarik suara. Dia masuk dapur rekamam Billboard dan merilis single berjudul 'Cintaku Kendur di Jalan'. Dorce pun dikenal sebagai penyanyi yang bisa membawakan lagu dalam berbagai irama mulai jazzm rock, pop hingga dangdut. Tak hanya lagu berbahasa Indonesia, dia juga mahir membawakan lagi berbahasa asing mulai Inggris hingga India.

4. Presenter

Perjalanan Karier Dorce Gamalama. (Instagram/@dg_kcp)

Puncak karier Dorce Gamalama adalah saat dirinya menjadi presenter sebuah acara TV berjudul Dorce Show mulai 2005 sampai 2009. Dia bahkan sampai dijuluki sebagai Oprah Winfrey-nya Indonesia lho. Gaya Dorce saat membawakan acara memang patut diacungi jempol. Dia bahkan masuk dalam daftar presenter papa atas Indonesia.

Baca Juga:
Dilakukan dengan Protokol Covid-19, Proses Pemakaman Dorce Gamalama Berlangsung Khidmat

5. Prestasi

Perjalanan Karier Dorce Gamalama. (Instagram/@dg_kcp)

Selain karya-karya di dunia hiburan seperti disebutkan di atas, Dorce Gamalama juga pernah masuk rekor MURI karena berhasil meluncurkan sembilan albume sekaligus dalam waktu 5 bulan saja. Bahkan albumnya itu melibatkan 74 artis Indonesia. Keren banget ya.

6. Film dan sinetron

Perjalanan Karier Dorce Gamalama. (Instagram/@dg_kcp)

Sudah sempat disebutkan beberapa filmnya, Dorce juga sempat main film lagi saat di masa kejayaannya karena acara Dorce Show. Film itu antara lain Mas Suka Masukin Aja (2008) dan Hantu Biang Kerok (2009). Ada juga sinetron di tahun 2007 yang berjudul Incan, Encim Oncom. Dan sinetron paling terbaru adalah Kecil-Kecil Mikir Jadi Manten (2017).

Setelah itu, Dorce sempat vakum dari dunia entertainment, dia menghabiskan waktu dengan menetap di Amerika Serikat untuk beberapa tahun. Dia pun kembali ke Indonesia belakangan ini.

Dorce Gamalama sempat dilarikan ke rumah sakit pada 2021 karena menderita hipoglikemia yang mana kadar gula dan glukosa dalam darah terlalu rendah.

Nah itu tadi perjalanan karier Dorce Gamalama semasa hidupnya. Semoga karya-karya dan kebaikannya selalu terkenang sepanjang masa ya.

Kontributor: Nur Khasanah
Load More