Ismail | MataMata.com
Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)

Matamata.com - Banyak para artis yang mencoba peruntungan dengan cara membuka bisnis restoran. Hal ini dilakukan demi mengantisipasi bilamana mereka sudah sepi job.

Hebatnya beberapa artis ada yang berani mencoba peruntungan membuka restoran di luar negeri.

Salah satunya Ditto.Suami Ayudia Bing Slamet itu membuka bisnis restoran dengan nama Warkop di New York. Dari namanya sudah dipastikan yang dijual adalah mie instant.

Baca Juga:
Rafathar Terciduk Lebih Suka Arsy Hermansyah Ketimbang Gempi, Tanda-tandanya Terkuak!

Selain Ditto ternyata beberapa artis tanah air juga mempunya bisnis restoran di luar negeri. Siapa saja mereka? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Ditto Percussion

Viral warkop di New York. (Instagram/omar.k.prawiranegara/dittopercussion)

Muhammad Pradana Budiarto atau yang lebih dikenal sebagai Ditto Percussion membuat warkop di Amerika bernama WarkopNYC. Warkop milik Ditto menyediakan berbagai makanan Indonesia, terutama salah satu merek mi instan yang ketenarannya memang sudah mendunia. Tak sendiri, Ditto Percussion rupanya membangun bisnis tersebut dengan beberapa founder lain saat sedang liburan ke Amerika untuk ikut Boston marathon.

Baca Juga:
Takjub Lihat Lesung Pipi Baby Ameena, Nagita Slavina Kepo ke Aurel: Kamu Bikin di Mana?

Ditto Percussion dan Ayudia Bing Slamet rupanya tercetus ide ingin mengenalkan budaya nge-warkop di luar negeri. Nantinya Ditto berharap bisa mengembangkan bisnis tersebut ke kota-kota besar di negara lain.

Harga sewa yang terlampau mahal di New York sempat menjadi kendala saat mendirikan WarkopNYC. Namun Ditto Percussion dan para founder tetap yakin untuk melanjutkan ide mereka. Ditto sendiri telah memiliki bisnis di Indonesia, yakni kafe kopi serta jasa arsitektur dan interior.

2. Ruben Onsu

Baca Juga:
Nagita Slavina Pakai Baju Mahal saat Jenguk Baby Ameena, Modelnya Malah Dibilang Mirip Sajadah

Artis punya restoran di luar negeri (Instagram/@geprekbensu_bukitbintang)

Usaha ayam geprek Ruben Onsu belakangan viral karena kehadirannya di Paris Fashion Week. Sebelum buka gerai di Prancis untuk sebuah acara, restoran Geprek Bensu yang punya ratusan outlet di Indonesia juga sudah buka cabang di luar negeri.

Ruben Onsu rupanya sudah membuka restoran ayam gepreknya di kawasan Bukit Bintang, Malaysia dan Victoria Park, Hongkong. Sebelumnya PT Onsu Pangan Perkasa juga telah menyiapkan ekspansi ke Amsterdam. Bukan tidak mungkin apabila Geprek Bensu sebentar lagi akan buka di Prancis ya!

3. Arnold Poernomo

Baca Juga:
Wanda Hamidah Bongkar Harga Slot Mejeng di Paris: Kamu Punya Duit, Bisa Ikut!

Artis punya restoran di luar negeri (YouTube/Rans Entertainment)

Arnold Poernomo alias Chef Arnold diketahui mempunyai restoran yang bekerja sama dengan anak-anak Presiden Joko Widodo di Indonesia. Namun di Australia, pria yang telah mundur dari "MasterChef Indonesia" tersebut juga memiliki sebuah restoran.

Restoran milik keluarga di Australia yang dijalankan Chef Arnold dan dua saudaranya, Ronald dan Reynold, bernama KOI Dessert Bar. Restoran tersebut menyajikan dessert alias makanan penutup yang lezat. Pada 2019, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina sempat berkunjung ke restoran Chef Arnold tersebut.

4. Fitri Carlina

Artis punya restoran di luar negeri (Instagram/@cafedangdut_newyork)

Totalitas Fitri Carlina sebagai pedangdut juga diwujudkan melalui Cafe Dangdut. Yang menarik, Cafe Dangdut milik Fitri berada di New York, Amerika Serikat. Saat pembukaannya, musik dangdut pun diperdengarkan di Negeri Paman Sam itu.

Cafe Dangdut rupanya menyuguhkan makanan dan minuman asli Indonesia serta kopi produk UMKM. Bisnis Fitri Carlina juga mendapat dukungan penuh dari Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

5. Herjunot Ali

Artis punya restoran di luar negeri (Instagram/@codafood_id)

Tak banyak yang tahu, Herjunot Ali rupanya sempat membuka restoran di Tokyo, Jepang. Sayangnya restoran milik Herjunot Ali hanya berdiri selama beberapa bulan, Pada Februari 2020, Herjunot Ali terpaksa menutup restorannya karena pandemi Covid-19 seperti yang ia ceritakan kepada Daniel Mananta dalam sebuah podcast.

Herjunot Ali sebenarnya mengincar momen Olimpiade di Tokyo yang kala itu juga gagal karena pandemi. Restoran Herjunot Ali bermaksud untuk mengenalkan makanan khas Nusantara seperti Soto Betawi di Jepang. Kendati gagal, Herjunot Ali mengaku tak kapok membuka bisnis kuliner baru di masa mendatang.

Itu dia beberapa artis yang punya restoran di luar negeri. Konsep restoran mana yang menurutmu paling keren?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More