Ismail | MataMata.com
Transformasi Asmirandah. (Instagram/asmirandah89)

Matamata.com - Pemerintah Indonesia telah menetapkan puasa Ramadan dimulai pada Minggu (3/4/2022). Bagi umat muslim ini menjadi hal yang istimewa. Berbagai persiapan dilakukan dalam menyambut datangnya bulan ramadan.

Tak terkecuali para artis tanah air. Mereka sangat antusias dalam menyambut bulan suci ramadan.

Namun sederet artis sudah tak lagi berpuasa di bulan Ramadan karena telah pindah agama. Siapa saja? Simak rangkumannya berikut ini.

Baca Juga:
Dikira Batik Biasa, Baju Fuji di Acara TV Ternyata Berhias Kristal dan Harganya Fantastis

1. Asmirandah

Seleb tak lagi puasa Ramadhan karena pindah agama  (Instagram/@asmirandah89)

Asmirandah memutuskan pindah agama saat menikah dengan Jonas Rivanno. Sebelum menikah secara Kristen, Jonas Rivanno sempat mengucap ijab kabul ketika meminang Asmirandah sehingga protes karena dianggap mempermainkan agama pernah menyudutkan mereka.

Namun Asmirandah membantah pindah agama karena Jonas Rivanno. Ibu satu anak tersebut merasa Tuhan Yesus yang memilihnya dengan cara yang tak bisa diungkap dengan kata-kata. Asmirandah yang menikah dengan Jonas Rivanno pada Desember 2013 sudah tidak berpuasa di bulan Ramadan selama 9 tahun terakhir.

Baca Juga:
VIVIZ Tampil Memukau Bawakan Lagu GFRIEND di Panggung Queendom

2. Lukman Sardi

Seleb tak lagi puasa Ramadhan karena pindah agama  (Youtube.com)

Lukman Sardi juga telah mantap memeluk agama Kristen pada 2014. Sebelum pindah agama, Lukman menjalani pernikahan beda agama dengan Pricillia Pullunggono sejak 2009.

Pricilia yang sudah Kristen sejak lahir bukanlah sosok yang membuat Lukman pindah agama. Justru Lukman mantap memeluk agama Kristen selepas umrah. Tahun ini merupakan kali ke-8 Lukman tak lagi berpuasa seperti umat muslim lainnya.

Baca Juga:
Alvin Faiz Blak-blakan Usai Disindir Tak Pernah Jenguk Anak: Hati-hati Jejak Digital!

3. Adjie Notonegoro

Seleb tak lagi puasa Ramadhan karena pindah agama (Youtube.com/GerejaMulaMulaByBenviela)

Pengakuan Adjie Notonegoro didatangi sosok Tuhan Yesus sebanyak dua kali sempat jadi viral. Paman Ivan Gunawan yang juga seorang desainer tersebut memutuskan pindah agama pada 2017. Dalam 5 tahun terakhir, Adjie Notonegoro telah meninggalkan kewajibannya untuk berpuasa di bulan Ramadan.

4. Salmafina Sunan

Baca Juga:
Deddy Corbuzier Tantang Azka Duel Tinju, Netizen: Kalau Menang, Kamu Cari Papa Baru

Seleb tak lagi puasa Ramadhan karena pindah agama (MataMata.com/Yuliani)

Salmafina Sunan rupanya telah memeluk agama Kristen di tahun yang sama dengan perceraiannya. Putri Sunan Kalijaga ini diketahui menikah dengan Taqiyuddin Malik hanya dalam waktu hitungan bulan saja pada akhir 2017.

Kabar Salmafina Sunan pindah agama mulai berembus pada 2019. Di perayaan Natal 2019, Salma mengaku sudah merayakan Natal dua kali yang artinya telah memeluk agama Kristen sejak 2018. Ini merupakan kali ke-4 Salma tak lagi berpuasa bareng keluarganya.

5. Kriss Hatta

Seleb tak lagi puasa Ramadhan karena pindah agama [Matamata.com/Alfian Winanto]

Kriss Hatta lahir di keluarga yang menganut agama Kristen. Demi menikahi Hilda Vitria, Kriss Hatta menjadi mualaf pada 2015. Namun setelah melewati 4 kali bulan Ramadan sebagai seorang muslim, Kriss Hatta kembali memeluk agama Kristen pada Oktober 2019.

6. Steve Emmanuel

Seleb tak lagi puasa Ramadhan karena pindah agama (Suara.com/Sumarni)

Sama seperti Kriss Hatta, Steve Emmanuel merupakan seorang mualaf dengan nama Yusuf Iman pada 2008 silam. Setelah ikut berpuasa di bulan Ramadan selama kurang lebih 12 tahun, mantan Andi Soraya tersebut kembali menjadi umat Kristiani. Hal itu terungkap saat Steve menjawab pertanyaan Majelis Hakim pada persidangan kasus narkoba pada 2019.

7. Audi Marissa

Seleb tak lagi puasa Ramadhan karena pindah agama (Instagram/@audimarissa)

Belum lama ini, masyarakat baru mengetahui fakta bahwa Audi Marissa ikut menganut agama Kristen seperti sang suami, Anthony Xie. Kabar Audi Marissa pindah agama sempat diduga dari unggahan galau sang ibunda yang tak menghadiri pernikahan Audi pada September 2020.

Anthony Xie mengungkap bahwa Audi Marissa telah menjadi umat Kristen dalam video yang sebenarnya sudah diunggah pada 2021, tapi baru viral belakangan ini. Itu artinya, tahun ini merupakan kali kedua Audi tak lagi menjalankan puasa di bulan Ramadan. Audi Marissa sendiri belum pernah membicarakan perkara berubah keyakinan saat artikel ini terbit.

Itulah sederet seleb Tanah Air yang tak lagi ikut menjalankan puasa di bulan Ramadan. Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More