Ismail | MataMata.com
Joko Anwar (Suara.com/Sumarni)

Matamata.com - Kabar membanggakan datang dari dunia perfilman tanah air. Joko Anwar dipastikan akan menjadi sutradara untuk film Hollywood berjudul Fritzchen. Proyek ini menjadi debut penyutradaraan Joko Anwar di industri film Hollywood.

Sineas yang sudah menggarap puluhan film populer ini sebenarnya telah cukup sering menerima tawaran kolaborasi dari Hollywood. Tetapi Fritzchen adalah proyek yang menawarkan cerita yang membuatnya tertarik.

Sambil menunggu film bergenre science fiction dan horor ini tayang simak dulu yuk rekomendasi film terbaik Joko Anwar. Film-film ini sukses menjadi hits dan meraih berbagai penghargaan bergengsi. Langsung saja simak daftarnya berikut ini.

Baca Juga:
Wajahnya Nongol di 'Uang Dollar', Anggun C Sasmi Syok Disumpahin: Udah Mati Dong Gue?

1. Janji Joni (2005)

Film Terbaik Joko Anwar (IMDb)

Janji Joni adalah film komedi romantis yang dibintangi Nicholas Saputra yang berperan sebagai Joni. Ia adalah pengantar roll film yang tidak pernah terlambat. Suatu hari ia mendapat berbagai rintangan ketika akan mengantarkan roll film dan membuatnya nyaris terlambat.

Film ini membawa Joko Anwar masuk nominasi Sutradara Terbaik dalam dua ajang bergengsi, yaitu Festival Film Indonesia dan MTV Indonesia Movie Award.

Baca Juga:
Simak Lirik Lagu Bimaulidil Hadi - Sabyan Gambus

2. Kala (2007)

Film Terbaik Joko Anwar (IMDb)

Film ini merupakan film Indonesia pertama yang dibuat dengan gaya film noir. Bahkan film yang dibintangi oleh Fachri Albar, Ario bayu, Shanty, Fahrani, dan August Melasz ini disebut sebagai lompatan tertinggi dalam sejarah perfilman Indonesia.

Kala meraih 6 nominasi dalam Festival Film Indonesia dan sukses memboyong dua Piala Citra untuk Sinematografi Terbaik dan Tata Artistik Terbaik. Kala juga mendapat penghargaan khusus dewan juri sebagai Film Berbahasa Indonesia Terbaik.

Baca Juga:
Glenn Alinskie Bongkar Wajah Chelsea Olivia saat Tidur, Captionnya Malah Bikin Baper

3. Fiksi (2008)

Film Terbaik Joko Anwar (IMDb)

Joko Anwar tidak menjadi sutradara dalam film ini, melainkan penulis naskah. Film yang menceritakan kehidupan di rumah susun dari sudut pandang perempuan psikopat yang hidup dalam dunia fantasi dan fiksi. Ia akan melakukan apapun demi meraih keinginannya termasuk membunuh. Joko Anwar meraih penghargaan Skenario Terbaik dalam Festival Film Indonesia bersama dengan Mouly Surya.

4. A Copy of My Mind (2015)

Baca Juga:
Jungkook BTS Dikerjai Sasaeng saat Live Streaming: Aku Merinding

Film Terbaik Joko Anwar (IMDb)

Film yang dibintangi oleh Chicco Jerikho dan Tara Basro ini menceritakan pegawai salon pecinta film yang tidak sengaja melihat bukti kejahatan seorang koruptor. Akibatnya nyawanya dan sang kekasih terancam serta mengalami penyiksaan keji.

Film ini diikutsertakan dalam ajang Venice Film Festival 2015 dan Festival Film Internasional Toronto 2015. Film ini membawa Joko Anwar meraih Piala Citra untuk Sutradara Terbaik. Total tiga Piala Citra berhasil diboyong termasuk Pemeran Utama Wanita Terbaik dan Penata Suara Terbaik.

5. Pengabdi Setan (2017)

Film Terbaik Joko Anwar (IMDb)

Pengabdi Setan yang diremake dari film lawas tahun 1980 berjudul sama ini menjadi film terlaris 2017. Film ini menerima banyak penghargaan dari berbagai ajang salah satunya Sutradara Terpilih dalam ajang Piala Maya. Film ini juga ditayangkan di berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Amerika latin, Polandia, dan Jepang.

6. Orang Kaya Baru (2019)

Film Terbaik Joko Anwar (IMDb)

Film ini berkisah tentang keluarga sederhana yang mendadak jadi kaya raya karena warisan. Dibintangi Lukman Sardi, Cut Mini, Derby Romero, Raline Shah, dan Fatih Unru. Saat masih belum kaya mereka bisa bahagia dan kompak, tetapi setelah punya banyak uang mereka justru dihadang bermacam masalah.

Joko Anwar menerima nominasi Skenario Asli Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2019 berkat film ini.

7. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Film Terbaik Joko Anwar (IMDb)

Film ini berkisah tentang seorang perempuan bernama Maya yang berusaha mencari tahu asal usulnya. Ia mengalami banyak kejadian mistis dalam perjalanan pencarian keluarganya itu. Cerita keji dan kelam ternyata sudah menantinya di desa tempat Maya dilahirkan. Film ini telah dirilis posternya sejak 2011 silam sebagai rencana film Joko Anwar. Akhirnya film ini baru bisa disaksikan pada tahun 2019 kemarin.

Itulah rekomendasi film terbaik Joko Anwar yang wajib ditonton. Tahun ini ada film baru garapan Joko Anwar seperti Pengabdi Setan 2, termasuk dua film yang masih belum diumumkan jadwal tayangnya yaitu Gundala Putra Petir dan Fritzchen.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More