Yohanes Endra | MataMata.com
Mieke Wijaya. (Instagram/miekewijaya.z)

Matamata.com - Mieke Wijaya tutup usia pada Selasa (3/5/2022). Kepergian aktris senior ini membawa duka mendalam bagi seluruh anggota keluarga serta para sahabat yang ditinggalkan.

Semasa hidupnya, Mieke Wijaya dikenal sebagai bintang senior yang telah berkiprah selama puluhan tahun di dunia hiburan Tanah Air. Aktris kelahiran 1939 itu juga meraih beberapa penghargaan untuk aktingnya.

Untuk mengenang sosoknya, berikut deretan fakta Mieke Wijaya yang mungkin belum kamu ketahui.

Baca Juga:
Tangis Nia Zulkarnaen Meledak di Pemakaman Mieke Wijaya

1. Keturunan Belanda

Fakta Mieke Wijaya (instagram/miekewijaya.z)

Mieke Wijaya lahir pada 17 Maret 1939 di Bandung, Jawa Barat. Aktris senior ini merupakan keturunan Belanda yang memiliki nama asli Miecke Marie De Rijder. Saat masih muda, paras bulenya terlihat sangat jelas.

Baca Juga:
Artis Senior Mieke Wijaya Meninggal Dunia, Berikut Profil Singkat dan Perjalanan Karirnya

2. Ibunda Nia Zulkarnaen

Fakta Mieke Wijaya (instagram/miekewijaya.z)

Mieke Wijaya menikah dengan Dicky Zulkarnaen pada 1965. Dicky dikenal sebagai aktor kawakan Indonesia yang populer berkat perannya sebagai Pitung dalam film Jagoan Betawi.

Dari pernikahan ini, Mieke dan Dicky dikaruniai empat anak, salah satunya adalah Nia Zulkarnaen. Dicky Zulkarnaen meninggal dunia pada 1995.

Baca Juga:
Terungkap Penyebab Mieke Wijaya Meninggal Dunia, Penyakitnya Sempat Disembunyikan

3. Terjun ke Dunia Film

Fakta Mieke Wijaya (instagram/@miekewijaya.z)

Mieke Wijaya telah membintangi puluhan judul film dan sinetron semasa hidupnya. Mendiang memulai kariernya pada 1954. Debut aktingnya ditandai lewat perannya dalam film berjudul Gagal pada 1955.

Tak seperti judul film pertamanya, karier Mieke justru semakin gemilang. Namanya mulai dikenal publik lewat beberapa judul film yang dibintanginya. Dia bahkan bermain empat judul sekaligus di tahun 1956.

Baca Juga:
LIVE: Prosesi Pemakaman Mieke Wijaya

4. Aktif Main Sinetron

Fakta Mieke Wijaya (instagram/@miekewijaya.z)

Mieke Wijaya membintangi dua sinetron legendaris TVRI yakni Rumah Masa Depan (1984) dan Losmen (1986). Mieke kemudian aktif main sinetron sejak tahun 2000-an.

Beberapa judul sinetron yang dibintanginya antara lain Doa dan Anugerah, Kemilau Cinta Kamila, Bunga di Tepi Jalan, Kejora dan Bintang, Kemilau Cinta Kamila, Binar Bening Berlian, Catatan Hati Seorang Istri dan banyak lagi.

5. Meninggal di Usia 82 Tahun

Fakta Mieke Wijaya. (Instagram/miekewijaya.z)

Mieke Wijaya meninggal dunia pada Selasa, 3 Mei 2022 pukul 19:30 WIB di usia 82 tahun. Kabar duka dari aktris senior ini awalnya datang dari sebuah pesan singkat yang beredar di kalangan wartawan.

Tak lama kemudian, pengamat film Yan Widjaya turut mengumumkan kabar duka ini melalui cuitan Twitter pribadinya. Nia Zulkarnaen juga membenarkan kabar meninggalnya sang ibunda.

6. Satu Liang Lahat dengan Suami

Fakta Mieke Wijaya (instagram/@miekewijaya.z)

Jenazah Mieke Wijaya disemayamkan di rumah duka yang terletak di Ampera Raya, Kemang, Jakarta Selatan. Mieke akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir pada Rabu (4/5/2022) siang.

Menurut Nia Zulkarnaen, jenazah Mieke Wijaya akan dimakamkan satu liang lahat dengan suami, Dicky Zulkarnaen. Ini merupakan permintaan almarhum Dicky, ingin jadi satu dengan sang istri.

Itu dia deretan fakta Mieke Wijaya, aktris senior yang meninggal di usia 82 tahun. RIP Mieke Wijaya.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More