Ade Wismoyo | MataMata.com
Ridwan Kamil dan putra sulung, Emmiril Khan Mumtadz alias Eril. (Instagram/@emmerilkahn)

Matamata.com - Emmeril Kahn Mumtadz dinyatakan hilang terseret arus Sungai Aare, Kota Bern, Swiss. Sudah lebih dari seminggu, putra Ridwan Kamil yang biasa disapa Eril tersebut tak kunjung ditemukan.

Hingga pada Kamis (2/6/2022), pihak keluarga Ridwan Kamil telah mengikhlaskan Eril dan melaksanakan salat gaib. Simak fakta terkini pencarian Emmeril Kahn Mumtadz berikut ini.

1. Metode Pencarian

Baca Juga:
Andrie Bayuadjie Gitaris Kahitna Pakai Obat Penenang Sejak 5 Tahun Lalu

Fakta Terkini Pencarian Emmeril Kahn Mumtadz (Instagram/@emmerilkahn)

Tim SAR Bern yang terdiri dari polisi air, polisi medis, dan pemadam kebakaran terus berupaya mencari Emmeril Kahn Mumtadz. Pencarian menggunakan drone thermal untuk mendeteksi panas tubuh manusia telah dilakukan. Karena tidak membuahkan hasil, pencarian tim SAR lebih intensif dengan memakai drone konvensional, perahu, serta mengerahkan penyelam.

2. Kendala Pencarian

Fakta Terkini Pencarian Emmeril Kahn Mumtadz (Instagram/@emmerilkahn)

Emmeril Kahn Mumtadz telah dinyatakan hilang sejak 26 Mei 2022. Kondisi air Sungai Aare pada saat kejadian mencapai 16 derajat. Air juga sedikit keruh karena lelehan salju sehingga pencarian dengan tim penyelam menjadi terkendala.

Baca Juga:
Zaskia Gotik Bereaksi Anaknya Disebut Mirip Vicky Prasetyo: Apa yang Salah dari Anak Aku?

3. Hanya 1 Kapal?

Fakta Terkini Pencarian Emmeril Kahn Mumtadz (Instagram/@emmerilkahn)

Pencarian terhadap Emmeril Kahn Mumtadz oleh tim SAR Swiss sempat bikin geger karena hanya terlihat satu kapal dalam foto yang beredar. Pemandangan itu amat berbeda apabila dibandingkan dengan tim SAR Indonesia saat bertugas.

Namun pihak KBRI Bern, Swiss, telah mengklarifikasi tudingan apabila pencarian terhadap Emmeril Kahn Mumtadz tidak ditangani dengan serius. Menurut pihak KBRI Bern, foto yang tersebar adalah proses pencarian yang masih boleh disaksikan oleh warga sipil. Pencarian intens terus diupayakan tim SAR untuk menemukan Eril.

Baca Juga:
Personel Band Inisial AB Terungkap, Andrie Bayuadjie Gitaris Kahitna Ditangkap atas Kasus Narkoba

4. Ridwan Kamil Ikut Serta

Fakta Terkini Pencarian Emmeril Kahn Mumtadz (Instagram/@emmerilkahn)

Ridwan Kamil dan keluarga ikut serta dalam pencarian Emmeril Kahn Mumtadz. Ridwan Kamil diketahui telah mengambil cuti hingga Sabtu (4/6/2022) esok. Video Ridwan Kamil menyusuri sungai Aare untuk mencari sang putra pun beredar viral di media sosial.

5. Keluarga Ridwan Kamil Sudah Ikhlas

Baca Juga:
Ridwan Kamil dan Istri Bertolak ke Indonesia, Ikhlaskan Eril Meninggal dalam Keadaan Syahid

Fakta Terkini Pencarian Emmeril Kahn Mumtadz (Instagram/@ataliapr)

Keluarga Ridwan Kamil telah kembali ke Indonesia. Kabarnya, Ridwan Kamil bersama istri dan adik Emmeril Kahn Mumtadz akan tiba di Indonesia pada hari ini, Jumat (3/6/2022).

Postingan Atalia Praratya yang sudah mengikhlaskan kepergian Emmeril Kahn Mumtadz sukses bikin terenyuh masyarakat Indonesia. Pun dengan video Ridwan Kamil yang melantunkan azan di tepi sungai Aare seolah mengucapkan salam perpisahan kepada sang putra.

Setelah meminta pendapat dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), pihak keluarga Ridwan Kamil memutuskan untuk melaksanakan salat gaib. Masyarakat Indonesia, khususnya Bandung, pun diajak untuk melaksanakan salat gaib untuk Eril hari ini.

6. Pencarian Tanpa Batas Waktu

Fakta Terkini Pencarian Emmeril Kahn Mumtadz (Instagram/@emmerilkahn)

Kendati keluarga Ridwan Kamil sudah ikhlas, pencarian di Sungai Aare masih terus dilakukan. Menurut catatan KBRI Bern, ada 15 sampai 20 orang yang hanyut di Sungai Aare dalam setahun. Nyaris 100% dari mereka ditemukan dalam waktu 2 minggu. Oleh sebab itu, tim SAR akan terus melakukan pencarian terhadap Eril, apalagi polisi sungai Bern biasa berpatroli setiap hari.

Itu dia sederet fakta pencarian Emmeril Kahn Mumtadz di hari ke-8. Mari kita sama-sama terus doakan ya!

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More