Yohanes Endra Rena Pangesti | MataMata.com
Masjid Megah Rancangan Ridwan Kamil (Tiktok/fz.socialtrending)

Matamata.com - Ridwan Kamil secara terbuka menjawab tudingan mengemis dana untuk pembangunan Masjid Al-Mumtadz. Tuduhan ini dilayangkan Rudi Kamri melalui kanal YouTubenya.

"Ridwan Kamil ngemis donasi untuk pembangunan masjid anaknya," demikian judul yang tertera dalam video Rudi Kamri di YouTube, Selasa (26/7/2022).

Tanpa menunggu lama, Ridwan Kamil memberikan hak jawab terkait tuduhan mengemis dana untuk pembangunan masjid Al-Mumtadz. Di mana ini merupakan hadiah dari sang gubernur untuk almarhum anaknya, Eril.

Baca Juga:
Dikritik gegara Tegur Baim Wong Lewat Medsos, Tanggapan Ridwan Kamil Ngena Banget

Ridwan Kamil jawab tudingan ngemis dana pembangunan masjid [Instagram/@ridwankamil]

Ridwan Kamil menjelaskan, masjid yang dibangun di kawasan Islamic Center sudah lama direncanakan. Setidaknya tiga tahun sebelum sang putra wafat.

"(Bangunannya) dengan dana pribadi yang dicicil," kata Ridwan Kamil di Instagram, Selasa (26/7/2022).

Untuk itulah lantai satu basement masjid tersebut sudah rampung tidak lama setelah Eril wafat.

Baca Juga:
Ridwan Kamil Sentil Baim Wong soal Citayam Fashion Week: Gak Semua Harus Jadi Komersil!

Selain itu, status masjid tersebut kini menjadi wakaf. Keluarga Ridwan Kamil memutuskan menjadikan tempat tersebut sebagai pusat dakwah di kawasan Kecamatan Cimaung, Bandung.

"Jadi karena kepentingan publik, bukan properti pribadi lagi," jelas Ridwan Kamil.

Masjid Megah Rancangan Ridwan Kamil (Tiktok/fz.socialtrending)

Meski telah menjadi kepentingan publik, tapi Ridwan Kamil tetap menamai masjid tersebut dengan Mumtadz yang diambil dari nama anaknya, Emmeril Kahn Mumtadz.

Baca Juga:
9 Momen Ridwan Kamil Ikut Citayam Fashion Week, Ajak Driver hingga Pasukan Orange

Di sinilah banyak orang yang ingin memberikan sumbangan untuk pembangunan masjid Al Mumtadz. Nilai donasi yang beragam itu disambut suka cita oleh Ridwan Kamil.

"Agar tertib administrasi, dibuatkan format donasi melalui kitabisa.com. Supaya mudah juga pertanggungjawabannya," jelas Gubernur Jawa Barat tersebut.

Merujuk pada penjelasan itu, Ridwan Kamil meminta siapapun lebih dulu mengonfirmasi kepada dirinya. Supaya tidak terjadi prasangka buruk, apalagi sampai dipublikasikan.

Baca Juga:
Ridwan Kamil Ikut Citayam Fashion Week: Style-nya Kece Banget!

Sejumlah warganet ikut membela Ridwan Kamil. Salah satunya putri dari pasangan Ikang Fawzi dan Marissa Haque, Chiki Fawzi.

Penyanyi 28 tahun itu mengatakan kepada Rudi Kamri, apa yang dilakukan masyarakat adalah amal jariyah. Bukan semata sumbangan yang diminta Ridwan Kamil.

"Ini namanya konsep amal jariyah, bukan ngemis dana pembangunan masjid. Kami malah senang dilibatkan, untuk amal jariyah kami juga pak," tegas Chiki Fawzi.

Load More