Yohanes Endra | MataMata.com
Pekerjaan Artis Sebelum Terkenal. (Instagram/zaskia_gotix)

Matamata.com - Nasib tak ada yang tahu, seperti yang dialami oleh sejumlah artis top tanah air. Siapa sangka sebelum terkenal, mereka pernah mengalami kesulitan secara finansial. Akibatnya mereka harus melakukan berbagai pekerjaan berat yaitu dengan menjadi buruh hingga pedangan gorengan.

Pekerjaan yang dilakukan para artis beragam mulai dari buruh cuci, petugas kebersihan, sampai penjaga makam. Penasaran siapa saja mereka? Simak daftar pekerjaan artis sebelum terkenal yang sudah MataMata.com himpun berikut.

1.. Zaskia Gotik

Baca Juga:
Cerita Pilu Anwar Sanjaya sebelum Terkenal, Pernah Jadi Sales dan Diludahin Orang

Pekerjaan Artis Sebelum Terkenal. (Instagram/zaskia_gotix)

Kondisi ekonomi keluarga Zaskia Gotik dulu tidak cukup baik. Zaskia bahkan harus melakukan banyak pekerjaan sejak usia muda untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Zaskia pernah harus bekerja sebagai buruh cuci dengan upah lima ribu perak. Tak hanya jadi buruh cuci, Zaskia juga pernah berjualan jambu dan ceremai. Sampai akhirnya ia diajak oleh seorang MC untuk manggung dan memulai serius bernyanyi.

2. Sule

Pekerjaan Artis Sebelum Terkenal. (Instagram/ferdinan_sule)

Kini dikenal sebagai komedian tajir, dulu Sule harus kerja keras banting tulang demi menghidupi keluarga. Sule pernah menjajal bekerja sebagai pedagang mulai dari ayam goreng, jagung rebus, hingga kebaya menjadi barang yang ia jual. Hidupnya mulai berubah saat ia mengikuti kontes pelawak API pada tahun 2004 silam. Lewat kontes itu, Sule mulai meniti karier sebagai pelawak dan sukses sampai sekarang.

Baca Juga:
10 Honor Pertama Artis Sebelum Terkenal, Mpok Atiek Tak Sampai Rp10 Ribu

3. Charly van Houten

Pekerjaan Artis Sebelum Terkenal. (Instagram/charly_setiaku)

Sebelum terkenal dan sukses dengan ST12, Charly pernah hidup di jalanan. Ia menjadi pengamen dan tinggal di jalanan karena tidak memiliki tempat tinggal. Bahkan ia pernah harus tidur di gudang milik seorang teman karena tak punya uang untuk membayar kosan.

4. Ruben Onsu

Baca Juga:
Foto Lawas Chandrika Chika Sebelum Terkenal Viral, Netizen: Waktu Belum Kenal Om-om

Pekerjaan Artis Sebelum Terkenal. (Instagram/ruben_onsu)

Siapa sangka, Ruben Onsu yang kini tajir melintir dengan segudang bisnis pernah hidup susah. Ia pernah jadi petugas kebersihan di sebuah hotel, tugasnya adalah membersihkan area parkir dengan upah hanya Rp 350 ribu. Pekerjaan ini ia lakukan selama sekitar 2 tahun sejak 1999 sampai 2000. Ia kemudian bergabung dengan Lenong Bocah dan memulai karier sebagai artis. Kini tak hanya dikenal sebagai artis Ruben pun sukses menjadi presenter dan pebisnis.

5. Denny Cagur

Pekerjaan Artis Sebelum Terkenal. (Instagram/dennycagur)

Sudah bukan rahasia jika Denny Cagur pernah hidup susah. Bahkan ia sering pindah kontrakan sebelum sukses. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarga, Denny Cagur berjualan combro juga bakwan. Pekerjaan ini ia jalani selama 20 tahun untuk memenuhi biaya hidup dan sekolahnya. Sampai akhirnya jalan suksesnya terbuka ketika ia membentuk grup lawak Cagur bersama Wendy dan Narji.

Baca Juga:
Wajah Keisya Levronka sebelum Terkenal Dibongkar Ibunya, Manglingi Banget: Anaknya Ketuker?

6. Reza Rahadian

Pekerjaan Artis Sebelum Terkenal. (Instagram/officialpilarez)

Siapa tak kenal Reza Rahadian? Ia adalah salah satu aktor terbaik kebanggaan Indonesia. Sebelum mendapat gelar sebagai aktor top, Reza pernah jadi tulang punggung keluarga sejak usia 15 tahun. Ia tinggal bersama ibunya yang merupakan ibu tunggal. Ibunya harus kehilangan pekerjaan usai melahirkan adiknya, akibatnya Reza harus menanggung biaya hidup keluarganya. Ia tak pilih-pilih pekerjaan, mulai dari pelayan kafe, guru bahasa Inggris, sampai penjual karpet pernah dilakoni Reza.

7. Nunung

Pekerjaan Artis Sebelum Terkenal. (Instagram/nungers63.id)

Hidup yang keras pernah pula dirasakan oleh Nunung. Sejak kecil ia sudah harus ikut menanggung biaya hidup keluarganya. Bahkan ketika masih duduk di bangku sekolah dasar, Nunung telah bekerja sebagai penjaga makam. Nunung menyapu area makam juga mencabuti rumput yang ada di area pemakaman.

Kini bisa hidup nyaman dan terkenal, ternyata perjalanan hidup para artis tadi tidak selalu mulus. Mereka pernah menjalani kehidupan yang sulit dan melakukan pekerjaan berat sebagai buruh cuci, penjual combro, sampai penjaga makam.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More