Ade Wismoyo | MataMata.com
Kontroversi Pamungkas. (Instagram/pamungkas)

Matamata.com - Penyanyi Pamungkas tengah menjadi sorotan usai beredar sebuah video yang memperlihatkan aksi tak terpuji di atas panggung. Namanya pun sempat menjadi trending topik nomor 1 di Twitter lantaran telah dicuitkan lebih dari 53 ribu kali.

Dalam video yang beredar di sosial media, Pamungkas sedang perform di hadapan penggemarnya. Lalu secara tiba-tiba ia melakukan tindakan tak senonoh di tengah penampilannya. Menyusul tindakannya yang dinilai tidak pantas itu penonton dibuat riuh dan heboh.

Apa yang dilakukan Pamungkas bisa dibilang sebagai tindakan asusila. Hal ini juga diungkap beberapa netizen yang bahkan mengaku bahwa mereka merasa jijik melihat perbuatannya. Ternyata ini bukan kali pertama Pamungkas melakukan tindakan yang mengundang kontroversi. Sepanjang kariernya sebagai penyanyi, ia sudah beberapa kali terlibat skandal. Berikut deretan kontroversi Pamungkas yang membuatnya dirujak netizen.

Baca Juga:
Rizky Billar Keciduk Ngegas Balas Komentar Miring Haters: Katanya Kena Mental

1. Gunakan artwork seniman luar negeri tanpa izin

Kontroversi Pamungkas. (Instagram/pamungkas)

Pamungkas pernah kedapatan menggunakan artwork dari seniman Prancis bernama Baptiste Virot tanpa izin. Pelantun To The Bone ini menggunakan karya Baptiste untuk sampul albumnya, Solipsism 2.0. Artwork tersebut rencananya dipakai untuk lagu I Don't Wanna Be Alone yang dirilis pada 2021 lalu.

Aksi Pamungkas mencomot karya orang lain tanpa izin mengundang kegaduhan netizen. Usai ramai dicibir di dunia maya, Pamungkas akhirnya memberikan klarifikasi. Ia meminta maaf dan mengaku telah lalai atas tindakannya, serta menjadikan hal tersebut sebagai pembelajaran.

Baca Juga:
10 Momen Bos Arema Gelar 7 Harian Korban Tragedi Kanjuruhan, Undang 1000 Anak Yatim

Lewat akun Instagram dari label rekamannya, Mas Pam Records ia menjelaskan bahwa dirinya dan tim sudah menyelesaikan masalah tersebut. Ia juga mengklaim sudah membeli hak cipta dari karya Baptiste dan membangun hubungan baik dengan sang seniman.

2. Lagunya Birdy dituding hasil plagiat

Kontroversi Pamungkas. (Instagram/pamungkas)

Pada 28 Januari 2022 lalu, Pamungkas merilis sebuah lagu baru berjudul Birdy. Tak butuh waktu lama usai dirilis, Birdy dituduh sebagai hasil plagiat. Pamungkas dituding menjiplak puisi karya Charles Bukowski, penulis dan penyair asal Amerika Serikat dalam buku puisi berjudul The Bluebird. 

Baca Juga:
'Lebih Parah dari yang Ditulis Media', Wendy Walters Merasa Jadi 'Badut' usai Tahu Kelakuan Reza Arap

Tudingan plagiarisme tersebut dilayangkan oleh pengguna Twitter Hamzah Muhammad. Ia merupakan pegiat puisi dan akrab dengan karya Charles Bukowski. Hamzah menyebut jika Birdy adalah parafrase yang buruk dari karya Bukowski.

Sampai akhirnya Hamzah mengungkapkan bahwa Birdy hanyalah sebuah musikalisasi puisi dari The Bluebird. Hal ini lantaran lirik Birdy yang sangat mirip dengan puisi tersebut. Buntut dari kontroversi plagiat yang dilakukannya, Pamungkas mengganti lirik lagu Birdy hampir secara keseluruhan. \

3. Lakukan aksi tak senonoh di atas panggung

Baca Juga:
Geger Thariq Halilintar Singgung soal Cabe-cabean, Netizen: Sindir Chandrika Chika?

Kontroversi Pamungkas. (Instagram/pamungkas)

Kontroversi terbaru Pamungkas yang melakukan aksi tak senonoh membuatnya awet berada di trending topik Twitter. Hal ini bermula saat sebuah video yang memperlihatkan penampilan Pamungkas di atas panggung. Ia mengambil ponsel penggemar untuk mengabadikan momen dan foto dirinya sebagai salah satu bentuk fanservice. Sekilas tak ada yang aneh dengan aksi Pamungkas yang membawa HP penggemar. Namun, tiba-tiba Pamungkas menggosokkan HP fans tersebut ke alat vitalnya. Perbuatan Pamungkas segera menuai kecaman dari netizen yang merasa risih dan jijik. Tak sedikit yang merasa bahwa apa yang Pamungkas lakukan adalah tindakan asusila.

Pamungkas sendiri mulai dikenal usai lagunya To The Bone banyak dijadikan backsound video TikTok. Segera lagu tersebut viral dan banyak disukai karena easy listening dan liriknya yang sangat menyentuh. Sejak itu, Pamungkas menjadi idola baru di dunia musik. Sayangnya kariernya di belantika musik yang sudah ia impikan sejak kecil harus diwarnai dengan beberapa kontroversi. Hal ini lantas membuatnya menjadi sasaran cibiran netizen.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More