Yohanes Endra | MataMata.com
Artis Pilih Pisah Usai Kena KDRT. (Instagram/manodelia)

Matamata.com - Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) jadi topik panas setelah Lesti Kejora melaporkan Rizky Billar sebagai pelaku KDRT. Belakangan terungkap jika yang melaporkan Billar bukanlah Lesti melainkan sang ayah, Endang Maulana.

Sayangnya, Billar yang sudah ditetapkan sebagai tersangka KDRT bebas usai pihak Lesti mencabut laporan. Hal ini membuat publik kecewa, sebab langkah Lesti dianggap sebagai kemunduran dalam perlindungan bagi korban KDRT.

Selama ini korban KDRT rentan karena tidak mendapat perlindungan hukum yang memadai. Bahkan banyak di antara para korban yang bungkam lantaran KDRT dianggap sebagai aib dan hal privat. Padahal itu salah besar, KDRT adalah isu publik dan bukan perkara domestik sehingga harus diungkap.

Baca Juga:
'Minimal Proses Dulu', Hotman Paris Geram Lesti Kejora Cabut Laporan KDRT

Berbeda dengan Lesti Kejora yang memilih berdamai, sederet artis tanah air yang pernah jadi korban KDRT lebih memilih bercerai dari pasangannya. Ya, korban KDRT di kalangan artis ternyata cukup banyak. Lantas siapa saja artis pilih pisah usai kena KDRT? Ini dia daftarnya yang sudah MataMata.com himpun dari berbagai sumber.

1. Gracia Indri

Artis Pilih Pisah Usai Kena KDRT. (Instagram/graciaz14)

Rumah tangga Gracia Indri dengan David NOAH berakhir dengan perceraian pada 3 Mei 2018 silam. Sidang cerai Gracia dan David selesai dengan cepat karena salah satu alasan perceraian adalah adanya tindak KDRT. Selain itu, selama menikah David terbukti tidak menafkahi Gracia Indri. Kini Gracia sudah menikah dan menetap di Belanda. Ia juga sedang menantikan kelahiran buah hatinya.

Baca Juga:
Imbas dari Pencabutan Laporan KDRT, Billar-Lesti Banjir Cibiran dari Rekan Selebriti

2. Dhena Devanka

Artis Pilih Pisah Usai Kena KDRT. (Instagram/dhenaaldhaliadevanka)

Sembilan tahun membina rumah tangga dan telah punya tiga anak tak membuat pernikahan Dhena Devanka dan Jonathan Frizzy langgeng. Keduanya memilih cerai karena adanya KDRT dalam rumah tangga. Bahkan Dhena dan Ijonk saling melaporkan tuduhan KDRT yang dialami masing-masing ketika menikah.

3. Manohara Odelia Pinot

Baca Juga:
Gus Miftah Sudah Tahu Akhir Laporan KDRT Lesti Sejak Awal: Atas Nama Anak atau Atas Nama Cinta

Artis Pilih Pisah Usai Kena KDRT. (Instagram/manodelia)

Manohara dipersunting oleh Tengku Muhammad Fakhry pada 2008 silam saat usianya baru 17 tahun. Menjadi bagian dari keluarga kerajaan Kelantan, Malaysia justru membawa Manohara jadi korban KDRT. Kekerasan yang dilakukan suaminya bahkan sudah terjadi sejak malam pertama. Beberapa bukti kekerasan terlihat di tubuh Manohara begitu ia bisa bebas dan kembali ke Indonesia.

4. Maia Estianty

Artis Pilih Pisah Usai Kena KDRT. (Instagram/maiaestiantyreal)

Perceraian Maia Estianty dengan Ahmad Dhani juga cukup bikin heboh. Selain isu perselingkuhan, KDRT juga terjadi dalam rumah tangga Maia. Kekerasan yang dialami Maia memang bukan fisik, tapi berupa kekerasan verbal dan pengusiran dari rumah. Hal ini terungkap saat ia jadi bintang tamu dalam YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo.

Baca Juga:
Muncul Penolakan dari Masyarakat usai Laporan KDRT Dicabut Lesti, Proses Hukum Billar Bisa Jadi Berlanjut

5. Yuni Shara

Artis Pilih Pisah Usai Kena KDRT. (Instagram/yunishara36)

Kini hidup bahagia sebagai single parent, ternyata Yuni Shara punya pengalaman pahit. Ia pernah mengalami KDRT yang dilakukan oleh suami pertamanya, Raymond Manthey. Pernikahan mereka berlangsung selama empat bulan, namun membuat Yuni trauma lantaran mengalami kekerasan dalam pernikahan.

6. Vinessa Inez

Artis Pilih Pisah Usai Kena KDRT. (Instagram/vinessainez)

Pemain FTV Vinessa Inez memilih bercerai dari Ryan Deye padahal rumah tangga mereka masih seumur jagung. Alasannya karena Vinessa mengalami penganiayaan yang menurutnya dilakukan oleh Ryan. Sang suami memukulnya dengan sapu lidi yang juga diakui oleh Ryan. Tapi menurut Ryan, pukulannya tidak sakit bahkan anak kecil tak akan menangis dengan pukulannya itu.

7. Cornelia Agatha

Artis Pilih Pisah Usai Kena KDRT. (Instagram/perempuanpanggung)

Artis lawas, Cornelia Agatha menceraikan Sony Lalwani karena KDRT pada tahun 2012 silam. Awalnya, pemeran Sarah dalam Si Doel Anak Sekolahan ini memaafkan tindakan suaminya. Ia juga merasa kasihan pada nasib anak-anaknya jika berpisah. Tapi pada akhirnya ia memilih pisah dari suami yang sudah dinikahi selama 6 tahun.

8. Joy Tobing

Artis Pilih Pisah Usai Kena KDRT. (Instagram/joydestinytobing)

Kini hidup bahagia dengan Kolonel TNI, Joy pernah jadi korban KDRT pada pernikahan pertamanya. Joy Tobing bercerai dari Daniel Sinambela karena adanya isu perselingkuhan hingga KDRT.

9. Thalita Latief

Artis Pilih Pisah Usai Kena KDRT. (Instagram/thalitalatief)

Perceraian Thalita Latief dan Dennis Lyla terjadi pada Juli 2021 lalu. Thalita tidak menuntut nafkah untuk anak-anaknya setelah ia juga memenangkan hak asuh anak anaknya dan Dennis. Alasan perceraian mereka adalah adanya tindak KDRT yang dialami Thalita selama menikah. Ia mengaku sering mendapat perlakuan kasar dari Dennis.

10. Nindy Ayunda

Artis Pilih Pisah Usai Kena KDRT. (Instagram/nindyayunda)

Pernikahan Nindy Ayunda dan Askara Parasady Harsono dikenal harmonis. Namun, keduanya bercerai karena KDRT yang dialami Nindy selama menikah. Pengadilan agama mengabulkan semua tuntutan Nindy yaitu hak asuh dan nafkah anak.

Itu tadi sederet artis yang memilih pisah setelah mengalami KDRT. Kini mereka hidup bahagia sebagai orang tua, ada juga yang sudah menemukan pasangan baru. Namun, perlu diingat bahwa adalah hal yang harus mendapat perhatian dari semua pihak. Cerai atau tidak memang pilihan dari korban. Tapi yang pasti pelaku KDRT harus bertanggung jawab atas perbuatan mereka. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More