Nur Khotimah | MataMata.com
Artis Wisuda S1 di Usia Tak Lagi Muda. (Instagram/ferrysal1m)

Matamata.com - Ferry Salim menjadi salah satu artis wisuda S1 di usia tak lagi muda. Kabar diwisudanya Ferry Salim sebagai sarjana hukum tentunya jadi kisah yang inspiratif mengingat pendidikan adalah hal penting bagi semua orang.

Namun, tak sedikit yang harus menyerah dan tak bisa menempuh pendidikan tinggi. Kesibukan hingga masalah ekonomi bisa menjadi salah satu penyebab pendidikan dinomorduakan. Akan tetapi Ferry Salim dan sejumlah artis Indonesia membuktikan diri bahwa meski sempat terhenti dan terlambat mereka mampu menyelesaikan pendidikan mereka.

Ya, beberapa artis memutuskan untuk kembali ke bangku kuliah demi meraih gelar S1. Tentunya keputusan itu tidak mudah, mengingat usia mereka kebanyakan sudah tak lagi muda. Belum lagi sulitnya membagi waktu antara pekerjaan, tugas kuliah, hingga keluarga menjadi tantangan yang harus ditaklukkan. Nah, ini dia sejumlah artis wisuda S1 di usia tak lagi muda dan menginspirasi banyak orang.

Baca Juga:
6 Momen Ferry Salim Wisuda Sarjana di Usia 56 Tahun, Buktikan Belajar Tak Kenal Umur

1. Ferry Salim

Artis Wisuda S1 di Usia Tak Lagi Muda. (Instagram/ferrysal1m)

Aktor senior Ferry Salim mengawali tahun 2023 dengan kisah inspiratifnya yang baru saja lulus S1 dan menyandang gelar sarjana hukum di usia 56 tahun. Ferry Salim diketahui telah kembali ke bangku kuliah sejak beberapa tahun lalu. Setelah melewati semua proses panjang dan melelahkan, Ferry Salim akhirnya lulus dan berhak menyandang gelar sarjana dari Universitas Kristen Indonesia.

2. Komeng

Baca Juga:
7 Potret Wisuda S2 Randi Bachtiar Suami Tasya Kamila, Akhirnya Kembaran Toga

Artis Wisuda S1 di Usia Tak Lagi Muda. (Instagram/indradewi2242)

Pemilik nama asli Alfiansyah atau lebih dikenal sebagai Komeng berhasil menamatkan kuliah S1 di usia 47 tahun. Komedian kondang itu lulus S1 dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana pada 2018 lalu. Bagi Komeng tak ada kata terlambat dalam menimba ilmu. Kesibukan untuk mengejar karier sempat membuatnya putus kuliah di era 90-an. Kini kuliahnya yang sempat terhenti telah diselesaikan di usianya yang sudah kepala 4.

3. Ana Pinem

Artis Wisuda S1 di Usia Tak Lagi Muda. (Instagram/anacpinem)

Artis yang jadi langganan peran asisten rumah tangga Ana Pinem berhasil menyelesaikan kuliahnya di usia 40 tahun. Ana Pinem lulus dari jurusan Seni Teater Institut Kesenian Jakarta. Meski usianya tak lagi muda Ana Pinem tak peduli dan tetap menamatkan pendidikannya hingga berhasil meraih gelar sarjana.

Baca Juga:
9 Momen Wisuda Agatha Chelsea di Australia, Langsung Dapat 2 Beasiswa S2

4. Kristina

Artis Wisuda S1 di Usia Tak Lagi Muda. (Instagram/kristinadangdut)

Pedangdut senior Kristina menyandang gelar sarjana hukum dari Universitas Jayabaya pada saat umurnya sudah 40 tahun. Gelar sarjana berhasil disandang pelantun Jatuh Bangun itu pada tahun 2016 lalu. Kristina bahkan sampai berziarah ke makam sang ibu dengan mengenakan toga saking bahagianya.

5. Pasha Ungu

Artis Wisuda S1 di Usia Tak Lagi Muda. (Instagram/pashaungu_vm)

Ketika masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota Palu, Pasha Ungu sukses meraih gelar sarjana administrasi publik. Saat wisuda vokalis band ungu itu didampingi oleh istri tercinta. Saat wisuda usia Pasha Ungu sudah 40 tahun.

6. Mulan Jameela

Artis Wisuda S1 di Usia Tak Lagi Muda. (Instagram/mulanjameela1)

Di usia 43 tahun, penyanyi dan anggota DPR Mulan Jameela berhasil menjadi sarjana sastra. Awalnya tidak mudah mendapat izin dari Ahmad Dhani untuk kuliah. Namun pada akhirnya Dhani memberi izin dan Mulan pun berhasil menyelesaikan kuliah S1. Saat wisuda ia didampingi Dhani dan keempat anaknya.

7. Ruben Onsu

Artis Wisuda S1 di Usia Tak Lagi Muda. (Instagram/ruben_onsu)

Alasan Ruben Onsu meneruskan pendidikannya adalah untuk mewujudkan amanat dari mendiang Julia Perez. Ruben Onsu mengambil kuliah S1 di Universitas Bung Karno setelah didaftarkan oleh mendiang Jupe pada 2016 silam. Ruben sendiri mengambil jurusan Ilmu Komunikasi dan memulai kuliah usai Jupe Wisuda, kata itu usianya sudah 33 tahun. Walau awalnya mengira akan lama menyelesaikan kuliahnya, tapi Ruben berhasil lulus tepat waktu pada 2020.

8. Anwar Fuady

Artis Wisuda S1 di Usia Tak Lagi Muda. (Instagram/fuady_47)

Di usia 63 tahun, Anwar Fuady sukses meraih gelar sarjana hukum dari Universitas Tama Jagakarsa Jakarta. Walau sudah tak lagi muda, tapi Anwar Fuady membuktikan usia hanyalah angka sehingga bukan alasan untuk menyerah pada pendidikan.

Itu tadi sejumlah artis wisuda S1 di usia tak lagi muda dan membuktikan jika tak ada kata terlambat untuk belajar. Usia hanyalah angka yang tidak bisa mengalahkan semangat mereka untuk belajar.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More