Ade Wismoyo | MataMata.com
Fakta Film Yuni (IMDb)

Matamata.com - Film Yuni perdana tayang di televisi pada Senin (1/1/2024) pada pukul 23.45 WIB. Karya yang dibintangi Arawinda Kirana tersebut tayang perdana tayang di Trans 7.

Yuni juga merupakan salah satu film yang rilis di bioskop Indonesia pada tahun 2021 saat pandemi Covid-19 masih berlangsung. Simak berbagai fakta film Yuni berikut ini.

1. Dibuat dan Tayang saat Pandemi Covid

Baca Juga:
7 Film Indonesia Tayang di Netflix Januari 2024, dari yang Baru Sampai Lawas

Fakta Film Yuni (IMDb)

Kamila Andini sebagai sutradara membuat film Yuni dengan berbagai kendala dan kesulitan di tengah pandemi Covid-19.

Penayangan film Yuni di bioskop pun masih di masa pandemi sehingga hanya ditonton 117 ribu orang. Namun film Yuni kala itu menempati posisi ke-9 film terlaris di 2021.

2. Gaet Production House Luar Negeri

Baca Juga:
Profil Arawinda Kirana, Pemeran Film Yuni yang Dituding Jadi Pelakor

Fakta Film Yuni (IMDb)

Penggarapan film Yuni cukup banyak menarik perhatian production house luar negeri untuk ikut menggarapnya bersama Fourcolours Films dan Starvision Plus.

Di antaranya Akanga Film Asia (Singapura), Manny Films (Prancis), dan didukung Cercamon World Sales. Pendanaan film Yuni juga dilakukan Aide Aux Cinémas Du Monde CNC (Prancis), Visions Sud Est (Swiss), Purin Pictures (Thailand), serta MPA-APSA Academy Film Fund (Australia).

3. Terinspirasi dari Kisah ART

Baca Juga:
10 Potret Arawinda Kirana, Artis Berprestasi Pemeran Film Yuni yang Sedang Disorot

Fakta Film Yuni (IMDb)

Cerita dalam film Yuni yang menyoroti pernikahan perempuan di usia muda rupanya terinspirasi dari Asisten Rumah Tangga (ART) Kamila Andini.

ART Kamila Andini diceritakan pulang kampung karena putrinya yang baru berusia belasan tahun akan melahirkan. Film Yuni pun diproduseri oleh suami Kamila Andini, Ifa Isfansyah.

4. Pakai Bahasa Jaseng

Baca Juga:
6 Fakta Film Yuni yang Masuk Nominasi Oscar, Sedang Tayang di Bioskop Lho!

Fakta Film Yuni (IMDb)

Film Indonesia dengan bahasa daerah mulai bermunculan selama beberapa tahun terakhir, termasuk Yuni. Sebab film Yuni mengisahkan gadis SMA yang berasal dari Serang, Banten.

Oleh sebab itu, banyak dialog dalam film Yuni berbahasa Jawa Serang (Jaseng). Film Yuni juga menggunakan bahasa Jawa Banten serta Sunda Banten.

5. Gaet Warga Asli Serang

Fakta Film Yuni (IMDb)

Bukan cuma bahasa, warga Serang asli juga ikut bermain dalam film Yuni. Adalah Nazla Thoyib yang mengaku bangga karena bahasa Jaseng digunakan sebagai dialog dalam salah satu film Indonesia terbaik.

Serang dipilih Kamila Andini karena berbagai alasan, salah satunya fakta bahwa banyak orang memiliki cerita yang sama dengan film Yuni.

6. Identik dengan Warna Ungu

Fakta Film Yuni (IMDb)

Alasan visualisasi film Yuni identik dengan ungu ternyata cukup pribadi, yakni sosok Yuni mirip teman Kamila Andini semasa SMA yang menyukai warna tersebut.

Pemilihan nama Yuni pun didapatkan Kamila Andini dari puisi "Hujan Bulan Juni" karya Sapardi Djoko Damono.

7. Diselipi Adegan Panas

Fakta Film Yuni (IMDb)

Arawinda Kirana sebagai pemeran Yuni harus menjalani adegan panas dengan lawan mainnya, Kevin Ardilova yang menjadi karakter Yoga, dalam film Yuni.

Arawinda Kirana tak keberatan melakoni adegan panas tersebut karena mengetahui makna pentingnya dalam film Yuni. Kendati begitu, Arawinda melakoninya setelah mendapat izin orangtua.

8. Banjir Prestasi

Fakta Film Yuni (IMDb)

Film Yuni pertama kali diputar dalam Toronto International Film Festival 2021 dan meraih penghargaan Platform Prize yang sulit dicapai film-film dari Asia Tenggara.

Selain itu, Arawinda Kirana dihargai sebagai Pemeran Utama Perempuan Terbaik di Festival Film Indonesia 2021 dan Aktris Terbaik di Asian World Film Festival 2021.

9. Nyaris Ikut Oscar

Fakta Film Yuni (IMDb)

Film Yuni sukses terpilih mewakili Indonesia dalam seleksi kategori Best International Feature di Academy Awards 2022 atau Oscar ke-94.

Sayangnya film Yuni gagal menjadi nominasi dalam seleksi dewan juri Oscar 2022 saat pengumuman dirilis Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) selaku penyelenggara.

Itu dia berbagai fakta film Yuni yang kembali jadi perbincangan setelah tayang di televisi. Buat yang ketinggalan nonton di televisi, film Yuni juga tayang di Disney+ Hotstar loh! Sudah nonton, belum?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More