Ade Wismoyo | MataMata.com
Rekomendasi Film Cillian Murphy (imdb)

Matamata.com - Cillian Murphy diketahui masuk ke dalam nominasi untuk pertama kalinya di Academy Awards atau Piala Oscar 2024. Sang aktor dinominasikan berkat aktingnya dalam film Oppenheimer.

Oppenheimer sendiri menerima 13 nominasi dari Oscar tahun ini. Christopher Nolan dinominasikan untuk sutradara dan skenario adaptasi, sementara Cillian Murphy masuk dalam nominasi aktor terbaik.

Ini adalah nominasi pertama Cillian Murphy sejak debutnya sebagai aktor di tahun 1996. Aktingnya dalam deretan film yang dibintangi memang sangat mengesankan.

Baca Juga:
8 Film Biopik tentang Ilmuwan, Termasuk Oppenheimer

Film-film yang dibintangi Cillian Murphy menyoroti kemampuannya dalam menghidupkan setiap karakter, sehingga membuat dirinya menjadi salah satu aktor terfavorit di Hollywood.

Siap-siap dibuat terkesan, berikut rekomendasi film Cillian Murphy yang mendapat rating tinggi.

1. 28 Days Later (2002)

Baca Juga:
Peaky Blinders Ucapkan Selamat ke Cillian Murphy, Puji Kesuksesan Oppenheimer

Rekomendasi Film Cillian Murphy (imdb)

Dalam film ini, Cillian Murphy berperans sebagai kurir sepeda bernama Jim yang terbangun dari koma dan menemukan bahwa virus telah mengubah sebagian besar manusia menjadi zombie. Aktingnya sukses mencuri perhatian banyak orang.

2. Girl with a Pearl Earring' (2003)

Rekomendasi Film Cillian Murphy (imdb)

Girl with a Pearl Earring berkisah tentang Griet (Scarlett Johansson), yang menjadi inspirasi bagi pelukis terkenal Belanda Johannes Vermeer (Colin Firth). Cillian berperan sebagai Pieter, putra seorang tukang daging yang cemburu dengan hubungan Griet dan Vermeer.

Baca Juga:
Robert Downey Jr Puji Akting Cillian Murphy di Oppenheimer, Ia Ditakdirkan untuk Peran Ini

3. Red Eye (2005)

Rekomendasi Film Cillian Murphy (imdb)

Red Eye menceritakan kisah Lisa Reisbert (Rachel McAdams), yang terjebak dalam penerbangan mata merah bersama seorang pembunuh bernama Jackson Rippner (Cillian Murphy). Jackson mengancam akan menyakiti ayah Lisa jika dia tidak membantunya melaksanakan rencana pembunuhan.

4. Batman Begins (2005)

Baca Juga:
Bukan Diblur, Sensor Adegan Bugil Florence Pugh di Oppenheimer Tuai Decak Kagum

Rekomendasi Film Cillian Murphy (imdb)

Disutradarai oleh Christopher Nolan, Batman Begins menyuguhkan akting keren Cillian Murphy sebagai Scarecrow yang merupakan salah satu villain dalam film tersebut. Meski bukan film utama, aktor asal Irlandia ini menuai pujian dari kritikus.

5. The Wind That Shakes the Barley (2006)

Rekomendasi Film Cillian Murphy (imdb)

Berlatar Irlandia pada awal 1920-an, film ini menceritakan tentang hubungan antara dua bersaudara, Damien O'Donovan (Cillian Murphy) dan Teddy O'Donovan (Padraic Delaney), yang berada di pihak yang berlawanan selama Perang Kemerdekaan Irlandia.

6. Inception (2010)

Rekomendasi Film Cillian Murphy (imdb)

Inception adalah film thriller fiksi ilmiah yang disutradarai oleh Christopher Nolan. Plotnya mengikuti kisah Dom Cobb (Leonardo DiCaprio) dan kelompoknya, yang menyusup dan menanamkan ide ke dalam pikiran Robert Fischer (Cillian Murphy) melalui proses yang disebut 'inception.'

7. Dunkirk (2017)

Rekomendasi Film Cillian Murphy (imdb)

Kembali bekerja sama dengan Christopher Nolan, film ini menceritakan tentang  ribuan tentara diselamatkan oleh kapal angkatan laut dan sipil saat Perang Dunia II. Cillian memainkan peran kecil namun penting sebagai salah satu pengungsi.

8. A Quiet Place Part II (2021)

Rekomendasi Film Cillian Murphy (imdb)

Disutradarai oleh John Krasinski, A Quiet Place Part II adalah sekuel dari film tentang makhluk barbar dan peka suara yang telah menguasai dunia. Cillian Murphy berperan sebagai Emmett, seorang penyintas yang sendirian sejak makhluk-makhluk ini mengambil alih.

9. Oppenheimer (2023)

Rekomendasi Film Cillian Murphy (imdb)

Oppenheimer bisa dibilang sebagai karya terbaik Christopher Nolan dan Cillian Murphy sejauh ini. Cillian berperan sebagai tokoh sejarah, J. Robert Oppenheimer, seorang ahli fisika teoretis yang akhirnya memimpin Proyek Manhattan.

Aktor 47 tahun itu menampilkan akting luar biasa sebagai sosok rumit dan kontroversial yang harus bergulat dengan konsekuensi dalam mengejar penemuan ilmiah. Tak heran jika dia masuk nominasi Oscar untuk perannya ini.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More