Ade Wismoyo | MataMata.com
Potret Penampilan Ivan Gunawan di Ultah Brownis (Instagram/@ivan_gunawan)

Matamata.com - Ivan Gunawan blak-blakan mengenai alasan hengkang dari Brownis Trans TV usai program tersebut ditegur Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) gara-gara gaya berpakaiannya yang dianggap feminin. Igun pun mengaku ada unsur kekecewaan di balik langkah tersebut.

"Kalau nggak kecewa, nggak saya tinggalin programnya," ujar Ivan Gunawan di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (24/1/2024).

Ivan Gunawan terang-terangan mengungkap tidak adanya pembelaan dari tim produksi Brownis Trans TV usai dirinya ditegur KPI.

Baca Juga:
Ivan Gunawan Bicara Kemungkinan Lanjutkan Hidup di Luar Negeri, Sentil soal Kenyamanan: Bisa Lebih Kreatif

"Saya ngerasa nggak dibela sama rumah saya sendiri. Pas kemarin aku dapat teguran, televisi aku nggak melakukan pembelaan untuk aku. Nggak ada postingan, nggak ada pembelaan," kata Ivan Gunawan.

Padahal saat itu, Ivan Gunawan cuma mengikuti arahan tim produser Brownis Trans TV untuk memakai kostum bertema 60-an.

Ivan Gunawan (Instagram/ivan_gunawan)

"Namanya syuting itu ada produser, ada eksekutif produser. Program itu ada yang ngurusin, apa yang mau dipakai, semua udah disiapin. Jadi kalau menurut mereka approve, baru jalan. Tapi saat aku dihujat satu Indonesia, nggak ada yang belain aku," ujar Ivan Gunawan.

Baca Juga:
Caren Delano Buru-buru Ungkap Jati Dirinya usai Disebut Mirip Wanita, Trauma dengan Nasib Ivan Gunawan?

Bukan cuma tim produksi Brownis Trans TV, artis-artis yang biasa akrab dengan Ivan Gunawan pun tidak memberikan pembelaan sama sekali saat ia dihakimi seluruh masyarakat Indonesia.

"Kemarin aku di demo juga semua pada diem kan," ujar Ivan Gunawan.

Ivan Gunawan [Instagram]

Hal itu juga yang kemudian jadi akumulasi kekecewaan Ivan Gunawan untuk akhirnya berdiri sendiri lagi sebagai seorang desainer busana. Ia malah lebih menemukan kebahagiaan selepas berhenti syuting.

Baca Juga:
Ivan Gunawan Merasa Dibunuh Karakternya oleh FPI, Ditegur Penampilannya tapi Tak Ada Kesempatan Klarifikasi

"Ya udah, aku berdiri di atas kaki aku sendiri aja. Aku juga masih punya pekerjaan lain," ucap Ivan Gunawan.

"Saya nggak mau kerja tapi muka saya nekuk, saya sebel. Lebih baik kan saya seperti ini, bisa bangun pagi, menikmati pagi, belanja kain, ketemu customer yang biasanya nggak bisa ketemu saya langsung," katanya lagi.

Sebagaimana diketahui, KPI memberikan teguran pada program Brownis Trans TV yang tayang 30 Oktober 2023. Mereka mendapati pelanggaran dalam tayangan tersebut lewat penampilan yang ditunjukkan Ivan Gunawan.

Baca Juga:
Pamit Dari Indonesia, Ivan Gunawan Siapkan Fashion Show Spektakuler

Potret Penampilan Ivan Gunawan di Ultah Brownis (Instagram/@brownis_ttv)

“Program ini kedapatan menampilkan adegan yang mengarah pada penormalan laki-laki bergaya perempuan yang dipertontonkan kepada khalayak,” bunyi teguran tertulis yang diterbitkan KPI pada 3 Januari 2024.

Tulus Santoso sebagai Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPI Pusat menerangkan, teguran disampaikan ke program Brownis Trans TV karena sudah terlalu sering diingatkan. Sebelumnya, KPI sudah pernah mengeluarkan surat edaran terkait menampilkan praktik, perilaku, dan promosi pria berpenampilan kewanitaan.

“Kita harus menghindari sesuatu yang tidak sesuai norma. Dikhawatirkan, itu bakal menjadi hal yang lumrah dan bisa dicontoh anak-anak," kata Tulus Santoso.

Ivan Gunawan pun merespons teguran KPI dengan langkah yang tak kalah mengejutkan. Ia menyatakan mundur dari program Brownis Trans TV setelah enam tahun bekerja bersama. (Adiyoga Priyambodo)

Load More