Yohanes Endra | MataMata.com
Kim Keon Hee dan Iriana Jokowi (Instagram/indonesia.pusaka)

Matamata.com - Pembahasan soal dugaan penghinaan terhadap Ibu Negara Iriana Jokowi masih terus berlanjut. Banyak yang mendorong pihak polisi mengusut tuntas dan menangkap pelaku.

Seperti diketahui, pelaku adalah sebuah akun Twitter @KoprofilJati yang membuat sebuah dialog seperti pembantu dan majikan saat mengunggah foto Iriana dengan Ibu Negara Korea Selatan Kim Kun Hee.

Sontak akun itu diserang netizen lain, bahkan kedua anak Iriana dan Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep ikut membalas tweet dari akun tersebut.

Baca Juga:
9 Potret Kedekatan Kaesang dan Iriana Jokowi, Bela Ibu yang Dijadikan Meme

Setelah ramai, akun itu pun menghapus kicauannya dan menyebut kalau banyak orang sudah salah paham dengan kicauannya.

Meski sudah dihapus, banyak pihak menginginkan pelaku ditindak secara hukum karena sudah menghina Ibu Negara.

Baca Juga:
'Pendukung Rezim', Penghina Iriana Jokowi Ngamuk Digeruduk Netizen: Malah Playing Victim

Sejumlah publik figur juga ikut bersuara agar pihak Polri bertindak dan menangkap pemilik akun tersebut.

Ada Tsamara Amany yang menyoroti kalau kicauan bernada menghina Ibu Negara Iriana itu seolah dibuat pelaku untuk membentuk standarisasi kecantikan.

"Jadi ada orang yang ngetweet dengan niat merendahkan Ibu Negara, Ibu Iriana Joko Widodo," ucap Tsamara, "Asumsi dia adalah dia sedang membangun sebuah standar kecantikan di sini. Tapi tentu standar kecantikan tiap orang berbeda-beda," lanjutnya.

Baca Juga:
Foto Iriana Jokowi dan Ibu Negara Korsel Jadi Meme, Kaesang Pangarep Langsung Bereaksi

Selain Tsamara, Erick Thohir juga mengungkapkan pendapatnya soal dugaan penghinaan pada Ibu Negara Indonesia.

Menurutnya, sebagai warga negara Indonesia ketika melihat salah satu simbol negara yakni Ibu Negara dihina harus bertindak.

Viral netizen membuat lelucon pakai foto Iriana Jokowi. (Twitter/@koprofiljati)

"Kta tidak boleh diam! Apalagi membuatnya menjadi bahan bercandaan yang tidak baik. Ya kita jangan jadi bangsa yang nyinyir," ucapnya.

Baca Juga:
Detik-detik Video Iriana Jokowi Jatuh Terpeleset di Tangga Viral: Gak Tega Lihatnya

Dia mengaku sangat sedih karena masih ada konten yang bernada membanding-bandingkan seperti itu. Karena menurutnya hal itu bukanlah sifat dari budaya Indonesia.

Sebuah akun Twitter pun terlihat menyoroti banyaknya publik figur dan netizen yang speak up atas dugaan penghinaan terhadap Iriana.

"Sudah banyak yg speak up soal dugaan hinaan yg dilakukan terhadap bu Iriana. Mulai dari @TsamaraDKI @erickthohir dan netizen se-indonesia (kecuali pembenci) sdh bersuara. Kalau pelaku gak diamankan ya kebangetan. cc @CCICPolri @DivHumas_Polri @ListyoSigitP," tulis akun @yusuf_dumdum.

Melansir Suara.com, kini pihak kepolisian sudah bertindak dan menyelidiki akun @KoprofilJati.

"Betul, kita sedang lidik identitas pelaku," kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Adi Vivid saat dimintai konfirmasi, Jumat (18/11/2022).

Video yang Mungkin Anda Sukai

Kontributor: Tinwarotul Fatonah
Load More