Yohanes Endra | MataMata.com
Serba-serbi Pernikahan Kaesang-Erina (instagram/kaesangp)

Matamata.com - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono tengah menjalani prosesi siraman pada Jumat (9/12/2022). Uniknya, dalam prosesi siraman tersebut menggunakan air dari 7 sumber mata air yang berbeda. Dari mana saja 7 sumber air tersebut?

Acara siraman Kaesang dan Erina digelar di dua tempat berbeda, yakni di kediaman Erina di Yogyakarta dan di kediaman Kaesang di Solo. Meski di dua tempat berbeda, keduanya sama-sama menggunakan 7 sumber mata air yang berbeda.

7 Sumber Mata Air untuk Siraman Kaesang dan Erina

Baca Juga:
Link Live Siraman Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Hari Ini, Sudah Berlangsung!

Dari mana saja 7 sumber mata air untuk siraman Kaesang dan Erina? Berikut ini rincian tempat pengambilan air untuk siraman keduanya.

  1. Masjid Agung Mangkunegara
  2. Masjid Agung Kasunanan Surakarta
  3. Keraton Surakarta
  4. Pura Mangkunegara
  5. Umbul Pengging Boyolali
  6. Rumah Nenek Kaesang
  7. Rumah pribadi Jokowi di Solo.

Serba-serbi Pernikahan Kaesang-Erina (instagram/@kaesangp)

Juru bicara pernikahan Kaesang, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, 7 sumber mata air untuk prosesi siraman yang digunakan Kaesang dan Erina sama seperti yang digunakan olehnya saat menikah dengan Selvi Ananda pada 2015 lalu.

Baca Juga:
Jan Ethes Dampingi Kaesang di Pengajian Jelang Nikahan, Ternyata Mewakili Mbah Owi!

"Ya, sama seperti yang saya gunakan untuk nikah," kata Gibran saat diwawancarai awak media beberapa waktu lalu.

Makna Sumber Mata Air yang Berbeda

Seorang ahli budayawan mengatakan, penggunaan 7 sumber mata air untuk prosesi siraman memiliki makna pitulungan, yakni agar kedua mempelai pengantin bisa saling tolong menolong dalam berbagai kondisi baik suka maupun duka.

Baca Juga:
Perjalanan Kisah Cinta Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Menikah usai Pacaran 2 Bulan

"7 sumber itu dengan jerih payah, karena sebagai lambang 7 itulah pitulungan. Lalu 7 sumber dicampur dengan bunga setaman nanti orangtua akan memberikan air suci itu kepada putri kesayangannya yang disebut dengan siraman," kata seorang ahli budayawan dilansir dari kanal YouTube Intens Investigasi, Kamis (8/12/2022).

Sebelum menggelar siraman, Kaesang dan Erina menggelar acara pengajian dan semaan Al-Qur'an pada Kamis (8/12/2022).

Selanjutnya pada Jumat (9/12/2022) akan digelar prosesi bleketepe, siraman dan midodareni. Rangkaian acara ini akan dilakukan di kediaman masing-masing mempelai, yakni di rumah Erina di Yogyakarta dan di rumah Kaesang di Solo.

Baca Juga:
'Bagus Banget Modelnya', Viral Bocoran Kebaya Bridesmaid Nikahan Kaesang dan Erina Gudono

Setelah prosesi siraman, prosesi pernikahan akan dilanjutkan dengan akad nikah keesokan harinya pada Sabtu (10/12/2022) di Pendopo Agung Ambaruko, kawasan Royal Ambarrukmo Hotel, Yogyakarta.

Selanjutnya, pada Minggu, 11 Desember 2022 keduanya akan menggelar acara ngunduh mantu, kirab pengantin dan resepsi pernikahan di Pura Mangkunegaran, Solo.

Kaesang dan Erina juga akan membagikan ribuan makanan dan suvenir gratis saat kirab pengantin di Jalan Slamet Yoyadi, Solo. Masyarakat yang menyaksikan prosesi kirab pernikahan Kaesang dan Erina dipersilakan mengambil makanan dan suvenir yang telah disediakan secara cuma-cuma sebagai bentuk tasyakuran pernikahan keduanya. (Chyntia Sami Bhayangkara)

Load More