Yohanes Endra | MataMata.com
Fakta Hakim Ziyech (Instagram/hziyech)

Matamata.com - Timnas Maroko memang harus menerima kekalahan dari Kroasia dalam pertandingan memperebutkan juara 3 Piala Dunia 2022 pada Jumat (17/12/2022) malam waktu Indonesia. Kendati begitu, kisah Hakim Ziyech pemain Timnas Maroko tak henti diperbincangkan.

Bagaimana tidak, setelah membawa timnas Maroko ke semifinal Piala Dunia 2022, Hakim Ziyech berhak menerima honor setara Rp4,9 miliar. Namun nominal fantastis tersebut malah disumbangkan Hakim Ziyech untuk orang tidak mampu di Maroko.

Kemuliaan hati Hakim Ziyech membuat banyak penonton bola dari seluruh dunia ingin mengenal sosoknya. Maka simak fakta Hakim Ziyech yang telah disiapkan redaktur MataMata.com berikut ini.

Baca Juga:
8 Artis dan Influencer yang Nonton Langsung Piala Dunia 2022 di Qatar, Seru Abis!

1. Punya Kewarganegaraan Ganda

Fakta Hakim Ziyech (Instagram/hziyech)

Hakim Ziyech lahir dari ayah seorang Belanda dan ibu asal Maroko sehingga mempunyai kewarganegaraan ganda. Oleh sebab itu, keputusan Hakim lebih memilih Timnas Maroko ketimbang Belanda pun sempat bikin geger.

2. Yatim sejak Usia 10 Tahun

Baca Juga:
Ramal Banyak Orang Eropa Masuk Islam Usai Piala Dunia 2022, Hard Gumay Malah Dirujak

Fakta Hakim Ziyech (Instagram/hziyech)

Hakim Ziyech merupakan anak terakhir dari 8 bersaudara. Saat usianya 10 tahun, tepatnya pada 2003, ayah Hakim Ziyech meninggal dunia karena kanker. Kehilangan ayah sempat membuat Hakim tumbuh menjadi anak yang suka memberontak, tetapi tetap berprestasi.

3. Bakat Main Bola Didukung Ortu

Fakta Hakim Ziyech (Instagram/hziyech)

Sebagai anak terakhir, Hakim Ziyech mempunyai 4 kakak laki-laki dan 3 kakak perempuan. Kakak Hakim yang bernama Faouzi Ziyech juga berbakat main bola sehingga mereka sering menghabiskan waktu berlatih bersama. Bakat Hakim Ziyech didukung orangtua hingga akhirnya memulai karier di SC Heerenveen.

Baca Juga:
8 Momen Felicia Hutapea Nonton Piala Dunia 2022 Bersama Ibu Tercinta

4. Tidak Fasih Berbahasa Arab

Fakta Hakim Ziyech (Instagram/hziyech)

Bahasa Arab diketahui sebagai salah satu bahasa resmi negara Maroko. Namun Hakim Ziyech tidak terlalu fasih berbahasa Arab karena lahir dan tumbuh besar di Belanda. Oleh sebab itu, Hakim lebih fasih berbahasa Belanda dan Inggris.

5. Pribadi Dermawan

Baca Juga:
Shah Rukh Khan Dikabarkan Bakal Promosi Film di Final Piala Dunia 2022, Fans Auto Ketar-ketir

Fakta Hakim Ziyech (Instagram/hziyech)

Sumbangan Hakim Ziyech dari honor Piala Dunia 2022 rupanya bukan pertama kali. Sejak bergabung di Timnas Maroko pada 2015, Hakim tidak pernah menerima honor karena didonasikan untuk staf dan orang yang membutuhkan.

Kehidupan Hakim Ziyech yang tidak mudah bersama sang ibu sebagai tulang punggung keluarga melatarbelakangi itu semua. Karena sang ayah meninggal karena kanker, Hakim juga menyumbangkan honornya saat bermain di Ajax untuk yayasan kanker.

Itu dia sederet fakta Hakim Ziyech yang wajib kamu tahu! Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More