Ade Wismoyo | MataMata.com
Profil Zulkifli Hasan (instagram/@zul.hasan)

Matamata.com - Profil Zulkifli Hasan, Ketua Umum PAN.

Jelang Pemilu 2024, sejumlah tokoh politik mulai menarik perhatian publik. Salah satunya Zulkifli Hasan yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN).

Belakangan PAN sering disorot karena menggaet banyak artis, seperti Desy Ratnasari, Uya Kuya hingga Verrell Bramasta. Jingle partai berlambang matahari putih dengan 32 pancaran sinar ini juga viral karena nadanya yang bikin terngiang-ngiang.

Baca Juga:
Makin Nempel, Verrell Bramasta dan Putri Zulkifli Hasan Dijodoh-jodohin: Tercium Aroma Settingan Parpol

Terkini, PAN kabarnya akan berkoalisi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan alias PDIP untuk Pilpres 2024 mendatang. Rencana ini disampaikan sendiri oleh Zulkifli Hasan.

Mumpung Pemilu 2024 masih tahun depan, tidak ada salahnya jika kita mulai mengenal para pemimpin partai yang akan bersaing mendapatkan suara. Nah, berikut profil Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan yang dirangkum dari berbagai sumber.

Profil Zulkifli Hasan

Baca Juga:
10 Potret Kedekatan Putri Zulkifli Hasan dan Verrell Bramasta, Digosipkan Pacaran

Profil Zulkifli Hasan (instagram/@zul.hasan)

Zulkifli Hasan atau yang lebih dikenal dengan nama Zulhas adalah seorang politisi yang saat ini menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia. Zulhas lahir di Lampung pada 31 Agustus 1962 dari pasangan Hasan dan Siti Zaenab.

Sebelumnya, Zulkifli Hasan menduduki posisi Wakil Ketua MPR dan mantan Ketua MPR. Selain menjabat sebagai Menteri, dia juga merupakan Ketua Umum PAN yang menjabat sejak Maret 2015.

Karier Zulkifli Hasan

Baca Juga:
Video Haji Faisal Joget Bareng Mendag Zulkifli Hasan Viral, Netizen Ramai Mengingatkan: Selalu Hati-hati Opa

Profil Zulkifli Hasan (instagram/@zul.hasan)

Sebelum bergelut di dunia politik, Zulkifli Hasan adalah seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang beralih profesi menjadi pengusaha. Sejak tahun 1988, Zulhas telah memimpin sejumlah perusahaan, mulai dari PT Batin Eka Perkasa, PT Panamas Mitra Inti Lestari, PT Sarana Bina Insani, PT Hudaya Safari Utama dan PT Batin Eka Perkasa.

Zulkifli Hasan mengawali karier di dunia politik dengan menjadi Ketua Lembaga Buruh Tani dan Nelayan PWM DKI pada 2000 hingga 2005. Tak disangka, perjalanan kariernya di dunia politik cukup lancar.

Politisi berusia 61 tahun ini langsung dipercaya untuk menjabat sebagai ketua Departemen Logistik di DPP PAN periode 2000-2005, yang membuatnya duduk di Senayan alias DPR RI. Dia kemudian menjadi Ketua Fraksi PAN DPR RI periode 2004-2009.

Pada 1 Maret 2015, Zulkifli Hasan terpilih sebagai Ketua Umum PAN periode 2015–2020. Kepemimpinannya berlanjut hingga 2025 setelah meraih suara terbanyak dalam kongres PAN pada 11 Februari 2020.

Karier Zulkifli Hasan di pemerintahan juga sangat mengesankan. Dia ditunjuk menjadi Menteri Kehutanan Indonesia (2009–2014), Ketua MPR RI (2014–2019) dan Menteri Perdagangan Indonesia saat ini.

Kehidupan Pribadi Zulkifli Hasan

Profil Zulkifli Hasan (instagram/@zul.hasan)

Zulkifli Hasan diketahui menikah dengan perempuan bernama Suraya. Dari pernikahan ini, Zulhas dikaruniai empat anak yaitu Futri Zulya Savitri, Zita Anjani, Ray Zulham Farras Nugraha dan M Rafi Haikal. Dia memiliki tujuh orang cucu.

Anak pertamanya, Futri Zulya Savitri atau yang lebih dikenal sebagai Putri Zulhas adalah mantan istri Ahmad Mumtaz Rais putera ketiga Amien Rais. Putri sempat dikabarkan dekat dengan Verrell Bramasta.

Itu dia profil Zulkifli Hasan yang merupakan Ketua Umum PAN.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More