Ferry Noviandi | MataMata.com
Salman Khan dalam Bajrangi Bhaijaan.

Matamata.com - Sudah bukan rahasia umum kalau film-film Bollywood tidak saja jago kadang. Film Bollywood saat ini telah diakui dunia dan film mereka laris hingga ke Eropa, Amerika, Asia, termasuk Indonesia.

Salah satu film mendapat apresiasi besar di seluruh dunia adalah film Salman Khan berjudul Bajrangi Bhaijaan. Padahal, film yang juga dibintangi Kareena Kapoor itu sudah dirilis sejak 17 Juli 2015. Namun hingga kini, film tersebut masih sering diputar di bioskop di beberapa negara.

Tiongkok menjadi salah satu negara yang masih memutar film Bajrangi Bhaijaan.  Saking larisnya, film yang disutradarai Kabir Khan itu kini telah berhasil mengumpulkan pendapatan hingga 900 crore atau senilai Rp1,9 triliun di seluruh dunia.

Catatan ini menjadikan film Barjangi Bhaijaan sebagai film terlaris keempat setelah Dangal, Baahubali 2 dan Secret Superstar. Bajrangi Bhaijaan juga menjadi film pertama Salman Khan yang meraih pendapatan hingga 900 crore dari bioskop.

Bajrangi Bhaijaan sendiri bercerita mengenai seorang pemuja Dewa Hanuman bernama Pawan Kumar Chaturvedi alias Bajrangi Bhaijaan (diperankan Salman Khan). Secara tidak sengaja ia bertemu bocah bernama Shahida alias Munni dari Pakistan yang terpisah dengan ibunya. Dengan segala usahanya, Bajrangi memulangkan bocah tersebut kepada sang ibu.

Film ini memang sukses bikin penonton menangis. Hal itu juga yang diduga membuat Bajrangi Bhaijaan sukses di dunia, terutama di Tiongkok.

Selain Salman Khan, Bajrangi Bhaijaan juga dibintangi Kareena Kapoor Khan, Harshali Malhotra, Nawazuddin Siddiqui dan Sharat Saxena. Sedangkan Kabir Khan menjadi sutradara Bajrangi Bhaijaan dan sebelumnya bekerja sama dengan Salman Khan dalam film Ek Tha Tiger dan Tubelight.

Keberhasilan Bajrangi Bhaijaan dan beberapa film Bollywood lainnya telah menyadarkan para sineas Bollywood bahwa Tiongkok menjadi pasar yang potensial untuk mereka. Salah satu rumah produksi terbesar di Bollywood, Eros International dan Kabir Khan kabarnya tengah berencana membuat film yang bekerja sama dengan Pemerintahan Tiongkok. Film sementara diberi berjudul The Zookeeper itu rencananya akan dibuat dalam dua bahasa, Hindi dan Mandarin.

Bajrangi Bhaijaan menjadi film terlaris yang pernah dibintangi Salman Khan. Selain Bajrangi Bhaijaan beberapa film laris yang dibintangi Salman Khan lainnya adalah:  Tiger Zinda Hai (Rp1,1 triliun), Ek Tha Tiger (Rp824 miliar), Kuch Kuch Hota Hai (Rp654 miliar), Dabangg (Rp418 miliar), Hum Aapke Hain Koun (Rp261 miliar), dan Prem Ratan Dhan Payo (Rp185 miliar)

Load More