Ismail | MataMata.com
Fakta Pasha Lee (Instagram/pashaleeofficial)

Matamata.com - Aktor Ukraina, Pasha Lee meninggal dunia setelah ditembak oleh tentara Rusia di Irpin, pada Minggu (6/3/2022). Dia meninggal setelah memutuskan bergabung dengan pasukan militer Ukraina dan gugur saat membela negaranya.

Sederet fakta Pasha Lee mulai diungkap ke publik setelah kabar kematiannya tersiar di media. Pasha Lee ternyata bukan warga sipil biasa. Ia adalah aktor kenamaan Ukraina yang terkenal.

Lelaki berwajah oriental ini pernah terlibat dalam beberapa film Hollywood. Kabar meninggalnya Pasha Lee menjadi duka mendalam bagi warga Ukraina dan dunia perfilman.

Baca Juga:
Luna Maya Gendong Baby Ameena, Sorot Matanya Curi Perhatian: Nyes Banget!

Sebelum meninggal, Pasha Lee menggunggah foto terakhir dirinya dengan seragam militer. Dalam potret yang diunggahnya itu, dia masih tersenyum bersama rekan tentara lainnya. Ia ingin menegaskan bahwa Ukraina bisa melewati masa sulit ini dan masih bisa tersenyum.

Untuk mengenang perjuangannya yang gugur dalam membela negara simak sederet fakta Pasha Lee yang sudah MataMata.com himpun dari berbagai berikut ini.

1. Pasha Lee Merupakan Aktor Terkenal

Baca Juga:
Fuji Tampil Cantik Berhijab, Posenya Ditegur Netizen: Kenapa Harus Gitu Sih?

Fakta Pasha Lee (Instagram/pashaleeofficial)

Pasha Lee merupakan seorang aktor Ukraina yang terkenal. Pria berusia 33 tahun ini telah menghibur masyarakat lewat aktingnya dalam film dan drama. Beberapa film yang pernah dibintangi olehnya antara lain Zvychayna Sprava (2012), Selfie Party (2016), The Fight Rules (2017), dan Meeting of Clasmates (2019).

Pada tahun 2021 lalu, ia membintangi drama berjudul Provincial bersama dengan Anastasiya Kasilova. Tak hanya itu, Pasha Lee juga pernah terlibat dalam film Hollywood The Hobbit dan The Lion King sebagai pengisi suara bahasa Ukraina.

2. Presenter Andal

Baca Juga:
Viral, Lagu Tulus 'Hati-Hati di Jalan' Banjir Pujian: Mewakili Kaum Bucin yang Selalu Disia-siakan

Fakta Pasha Lee (Instagram/pashaleeofficial)

Selain akting, Pasha Lee juga dikenal dengan kepiawaiannya dalam memandu acara. Kemampuan public speaking yang dimiliki oleh Pasha Lee sudah diakui dan membuatnya semakin dikenal oleh publik Ukraina. Salah satu acara yang dipandunya juga sukses melambungkan nama Pasha Lee. Acara tersebut yaitu Day at Home. Pasha Lee memandu acara televisi tersebut dengan sangat baik hingga membuat publik terpukau.

3. Bergabung dengan Militer Ukraina

Fakta Pasha Lee (Instagram/pashaleeofficial)

Sejak Vladimir Putin menyatakan perang atas Ukraina, suara letusan bom dan tembakan terus memenuhi udara Ukraina. Melihat negaranya sedang dalam situasi sulit, Pasha Lee yang merupakan pemuda asli Ukraina merasa wajib ikut membela negaranya. Ia akhirnya mendaftar untuk bergabung dalam pasukan militer Ukraina. Dilansir dari Deadline, Pasha Lee bergabung sepekan lalu dalam Pasukan Teritorial Angkatan Bersenjata.

Baca Juga:
Nikita Mirzani Sindir Bos Skincare, Tya Ariestya Borong Baju Murah Disorot

Begitu mendaftar Pasha Lee langsung ditempatkan di Irpin. Alasan kuat Pasha Lee untuk bergabung dengan militer adalah karena kecintaannya pada Ukraina yang sudah membesarkan namanya. Pasha Lee bergabung dengan militer Ukraina pada 1 Maret 2022. Setelah bergabung sebagai Pasukan Teritorial Angkatan Bersenjata, Pasha Lee memposting foto dirinya dengan seragam tentara di Instagram.

4. Senyum dalam Unggahan Terakhir

Fakta Pasha Lee (Instagram/pashaleeofficial)

Pada tanggal 4 Maret 2022, atau pada hari keempatnya bergabung dengan pasukan militer, Pasha Lee mengunggah potret dirinya bersama rekan sesama tentara. Dalam unggahannya itu ia menceritakan kondisi Ukraina setelah diinvasi oleh Rusia. Dalam kondisi pelik itu, ia masih bisa tersenyum untuk menguatkan negaranya.

Sayangnya senyum Pasha Lee itu menjadi senyum dan potret terakhir yang ia unggah. Sebab ia gugur setelah ditembak oleh tentara Rusia pada 6 Maret di Irpin tempat ia ditugaskan. Kepergiaan Pasha Lee menambah duka bagi Ukraina. Sosoknya kini dikenal bukan hanya sebagai aktor tetapi pahlawan yang gagah berani berjuang membela negara.

5. Keturunan Korea

Fakta Pasha Lee (Instagram/pashaleeofficial)

Pasha Lee merupakan keturunan Korea yang lahir pada 1988 di Yevpatoria, Krimea. Nama aslinya adalah Pavlo Lee, selain namanya yang khas nama orang Asia, wajah Pasha Lee juga oriental. Ia merupakan anak dari pasangan beda ras. Ayah Pasha Lee merupakan keturunan Korea Uni Soviet. Sedangkan ibunya merupakan orang asli Ukraina.

Walau memiliki darah Asia, namun Pasha Lee lahir dan besar di Ukraina. Ia mencintai negaranya dengan segenap jiwanya. Bahkan ia mempertaruhkan nyawanya dengan bergabung bersama pasukan militer. Hingga akhirnya mengantarkannya pada nafas terakhirnya sebagai pahlawan bela negara.

6. Pahlawan Ukraina

Fakta Pasha Lee (Instagram/pashaleeofficial)

Kisah Pasha Lee yang gugur di medan perang membuat publik sangat berduka. Ucapan terima kasih dan doa terus membanjiri akun Instagram Pasha Lee @pashaleeofficial. Publik mengucapkan terima kasih atas perjuangan Pasha Lee demi negara.

"Pasha bagi kami kamu adalah orang paling cerdas, paling baik dan tulus. Senyummu menerangi segalanya. Kamu akan selamanya ada di hati kami. Kemuliaan bagi pahlawan!" tulis akun @mariaugnivenko di kolom komentar Instagram Pasha Lee.

Itu tadi sejumlah fakta Pasha Lee yang kini telah pergi untuk selamanya dalam usahanya membela negara. Perang Ukraina Rusia masih berlanjut hingga kini dan telah merenggut banyak korban jiwa. Istirahatlah dalam damai Pasha Lee, semoga perang lekas berakhir dan tidak ada korban jiwa yang harus jatuh lagi.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More