Ismail | MataMata.com
Profil Dougy Mandagi (instagram/@_bloodmoonmusic)

Matamata.com - Dougy Mandagi tiba-tiba melejit setelah menjadi salah satu pengisi acara musik festival Coachella 2022. Dia menjadi salah satu musisi tanah air yang tampil di acara tersebut.

Bahkan kabarnya dia merupakan musisi pertama tanah air yang tampil di festival musik tersebut.

Penasaran seperti apa sosoknya? Berikut profil Dougy Mandagi yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga:
Rizky Billar Heran Ada Orang yang Tega Hina Fisik Anaknya, Singgung Ucapan Bijak Arsy

Profil Dougy Mandagi

Profil Dougy Mandagi (instagram/@_bloodmoonmusic)

Dougy Mandagi lahir pada 20 Januari 1980 di Kota Bitung, Sulawesi Utara. Pemilik nama lengkap Abby Rai Chrisna Mandagi itu merupakan keturunan dari pahlawan nasional, Arie Lasut.

Dougy pindah ke Hawaii bersama sang ibu saat dia masih berusia enam tahun, setelah ayahnya meninggal dalam kecelakaan pesawat. Dougy sempat diajak ibunya untuk pindah ke Bali, tapi ditolak karena tak ingin menetap di sana.

Baca Juga:
Blak-blakan Pernah Dapat Uang dari DNA Pro, Virzha: Bayaran Manggung

Awal Terjun ke Dunia Musik

Profil Dougy Mandagi (instagram/@_bloodmoonmusic)

Dougy ternyata cukup nakal saat kecil. Dikatakan bahwa dia dipindahkan ke Sulawesi karena terlalu sering berbuat onar di sekolah. Namun bakat seninya memang terlihat sejak kecil.

Musisi berusia 40 tahun itu hobi menggambar tokoh-tokoh Disney. Sayangnya dia gagal masuk ke jurusan seni rupa yang diidamkannya ketika pindah ke Melbourne, Australia bersama ibunya untuk berkuliah di sana.

Baca Juga:
Biasa Tampil Natural, 7 Potret Indah Permatasari Pakai Makeup Tebal Bikin Pangling

Meski gagal di bidang seni rupa, Dougy tak berputus asa dan memilih untuk terjun ke dunia musik. Namun perjalanannya sebagai musisi tak semulus yang dibayangkan.

Dia menjadi pengamen dan seniman foto jalanan karena tak kunjung mendapat pekerjaan. Namun hal ini justru membuatnya semakin menekuni musik secara serius.

Perjalanan Karier Dougy Mandagi

Baca Juga:
Verrell Bramasta Lakukan Hal Manis ke Natasha Wilona, Malah Disebut Tak Punya Harga Diri

Profil Dougy Mandagi (instagram/@_bloodmoonmusic)

Kecintaan Dougy pada musik membuatnya ingin bergabung dengan band-band yang sedang mencari vokalis. Kemudian pada tahun 2005, Dougy membentuk The Temper Trap bersama Joseph Greer, Jonathon Aherne, dan Toby Dundas.

Dougy pindah ke Inggris dan merilis album pertamanya bersama The Temper Trap yang bertajuk Conditions. Album ini terdiri dari 10 lagu dan resmi diluncurkan pada 19 Juni 2009.

Lagu Sweet Disposition ciptaan Dougy, yang berperan sebagai vokalis, membuat grup musiknya semakin populer. Lagu ini bahkan menjadi salah satu OST film hits 500 Days of Summer. The Temper Trap kembali merilis album kedua pada 2012 dengan nama grup mereka.

Selain kiprahnya dengan The Temper Trap, Dougy juga sempat berkolaborasi dengan Steve Angello, salah satu personil Swedish House Mafia. Mereka merilis lagu Wasted Love dalam album Wild Youth yang diluncurkan pada tahun 2016.

Baru-baru ini Dougy meluncurkan proyek solonya dengan memakai nama alias, BLOODMOON. Dia merilis single berjudul Disarm, sebuah track dance-eletronic yang kaya bassline dan atmosferik pada Februari 2022.

Musisi Indonesia Pertama yang Tampil di Coachella

Profil Dougy Mandagi (instagram/@_bloodmoonmusic)

Nah, penampilan Dougy di Coachella ini rupanya tak sendirian, melainkan bersama The Temper Trap. Band tersebut diketahui tampil di Coachella pada 17 April 2010 waktu setempat.

Coachella adalah sebuah festival musik akbar yang diadakan di Coachella Valley di Gurun Colorado, California, Amerika Serikat. Festival yang diadakan setiap dua kali di akhir pekan April ini mampu menarik 250 ribu penonton dari penjuru dunia.

Dougy Mandagi memang tidak berkarier di Indonesia sehingga namanya masih asing di telinga para pendengar musik Tanah Air. Wajar jika banyak yang tak tahu Dougy pernah tampil di Coachella.

Itu dia profil Dougy Mandagi, musisi Indonesia pertama yang tampil di Coachella. Bangga banget, ya!

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More