Ade Wismoyo | MataMata.com
Artis Dapat Gelar Doktor Kehormatan(Reuters)

Matamata.com - Artis berprestasi di bidang hiburan merupakan hal yang biasa. Namun, tidak banyak yang hingga mendapatkan gelar doktor kehormatan dari universitas ternama berkat kontribusinya di bidang yang ia geluti. 

Punya prestasi membanggakan, sederet artis ini dapat gelar doktor kehormatan dari kampus top. Tentu saja ini merupakan pencapaian yang luar biasa. 

Lantas, siapakah para artis tersebut? Yuk, simak daftarnya biar nggak penasaran. 

Baca Juga:
NCT Dream Guncang Panggung Istora Senayan, Sukses Bikin Fans Teriak Histeris

1. Oprah Winfrey 

Artis Dapat Gelar Doktor Kehormatan(Time)

Oprah Winfrey merupakan satu dari sederet nama artis yang berhasil meraih gelar doktor kehormatan. Tak hanya satu, artis berdarah Afrika-Amerika ini bahkan mendapatkan beberapa gelar kehormatan dari beberapa institusi. 

Salah satu diantaranya adalah gelar Doctor of Laws dari kampus bergengsi, Harvard University pada tahun 2013. Jauh sebelumnya, ia juga pernah menerima gelar Doctor of Fine Arts dari Princeton University pada tahun 2002 silam. 

Baca Juga:
Akhiri Masa Lajang, Masayu Clara Resmi Dinikahi Qausar Harta

Berkat jasanya atas pendidikan di Afrika, artis bernama lengkap Oprah Gail Winfrey ini dianugerahi gelar doktor kehormatan dari University of Free State di tahun 2011. 

2. Muhammad Ali 

Artis Dapat Gelar Doktor Kehormatan(Instagram/@muhammadali)

Sama seperti Oprah, petinju legendaris Muhammad Ali juga mendapat lebih dari satu gelar doktor kehormatan. Mount Ida College, Columbia University, Muhlenberg College, merupakan beberapa nama kampus yang memberikan gelar doktor kehormatan pada Ali. 

Baca Juga:
Kabar Duka, Ibunda Astri Ivo Meninggal Dunia

Di tahun 2007, petinju asal Amerika ini juga dapat gelar Doctor of Humanities dari Princeton University. 

3. Meryl Streep 

Artis Dapat Gelar Doktor Kehormatan(Instagram/@merylstreep)

Selanjutnya ada Meryl Streep yang masuk daftar penerima gelar doktor kehormatan dari kampus ternama. Bahkan beberapa gelarnya diberikan Universitas berstatus Ivy League. 

Baca Juga:
Ameena Main Bareng Eyang Buyut, Foto Keluarga Nikita Willy Dipuji Netizen

Salah satu lulusan Universitas Yale tahun 1975 ini mendapat gelar kehormatan Doctors of Fine Arts dari kampusnya delapan tahun kemudian. Di tahun 2009, ia kembali mendapat gelar doktor kehormatan dari Universitas Dartmouth. 

Selain itu, Universitas Harvard, Universitas Princeton, dan Universitas Indiana juga turut menambah gelar doktor kehormatan untuk Meryl Streep. 

4. Kanye West

Artis Dapat Gelar Doktor Kehormatan(Reuters)

Putus kuliah di usia 20 tahun demi mengejar mimpinya dalam bermusik, Kanye West justru mendapat gelar doktor kehormatan pada tahun 2015 lalu. Gelar tersebut diberikan oleh salah satu kampus di Amerika, yakni School of Art Institute of Chicago. 

5. Celine Dion 

Artis Dapat Gelar Doktor Kehormatan(Instagram/@celinedion)

Doctor in Music dari Laval University merupakan gelar doktor kehormatan pertama yang diterima oleh Celine Dion pada tahun 2008 silam. Ia kembali mendapatkan gelar kehormatan yang sama di tahun 2021, namun kali ini dari Berklee College. 

Saat itu, Pharrell Williams dan Chad Hugo dari the Neptunes juga dianugerahi gelar kehormatan bersama dengan pelantun 'My Heart Will Go On' ini. 

6. Ed Sheeran 

Artis Dapat Gelar Doktor Kehormatan(Reuters)

Berhasil memberikan kontribusi yang luar biasa di bidang musik, Ed Sheeran dianugerahi gelar doktor kehormatan dari University Campus Suffolk. Penyanyi yang sempat putus sekolah di usia 16 tahun ini sempat mengungkapkan kegembiraan atas gelar tersebut lewat akun Instagram miliknya. 

7. Taylor Swift 

Artis Dapat Gelar Doktor Kehormatan(Reuters)

Pada Rabu, 18 Mei 2022 kemarin,Taylor Swift juga menerima gelar doktor kehormatan dari New York University (NYU). Menurutnya, Gelar Honorary Doctorate of Fine Arts tersebut diberikan berkat lagunya yang bertajuk 22. 

Penyanyi yang langganan jadi pemenang Grammy ini mengungkapkan bahwa dirinya tak punya pengalaman kuliah sebagaimana orang lain. Dan gelar yang diterimanya itu berkat prestasinya yang luar biasa dalam bermusik. 

Itulah daftar artis penerima gelar doktor kehormatan, ada selebriti favoritmu? 

Kontributor: Nur Khasanah
Load More