Ade Wismoyo | MataMata.com
Profil dan Fakta Letitia Wright. (Instagram/letitiawright)

Matamata.com - Film Black Panther 2: Wakanda Forever telah tayang di bioskop Indonesia sejak 9 November kemarin. Pada film kedua tersebut, sosok Shuri yang diperankan oleh Letitia Wright berhasil mencuri perhatian.

Letitia Wright bahkan sempat menjadi trending topic karena karakter yang ia perankan. Tak sedikit yang menyebut jika dirinya akan menjadi Black Panther selanjutnya dan menggantikan Chadwick Boseman. 

Kemampuan akting artis berusia 29 tahun ini memang sudah diakui bahkan sebelum bergabung dengan Marvel Cinematic Universe (MCU). Tapi namanya memang makin melejit usai ikut bermain dalam Black Panther. Kenalan lebih dekat dengan sosoknya lewat ulasan profil dan fakta Letitia Wright berikut.

Baca Juga:
Kedekatan Ayu Ting Ting dan Raffi Ahmad Diungkit, Eza Gionino Dicap Bermulut Lemes oleh Netizen

1. Biodata Letitia Wright

Profil dan Fakta Letitia Wright. (Instagram/letitiawright)

Letitia Michelle Wright lahir pada 31 Oktober 1993 di Georgetown, Guyana, Britania Raya. Artis berzodiak scorpio ini memiliki tinggi badan 165 cm. Lahir dan menghabiskan masa kecil di Guyana, keluarga Letitia pindah ke Inggris pada saat usianya 7 tahun. Letitia bangga dengan dua negara yang menjadi rumahnya.

2. Awal karier

Baca Juga:
Denise Chariesta Diingatkan untuk Jaga Perasaan Anak-anak RD, Jawabannya Sepele Banget: Bukan Anak Gue

Profil dan Fakta Letitia Wright. (Instagram/letitiawright)

Letitia mulai bermimpi menjadi seorang artis usai menonton film Akeelah and the Bee pada 2006 silam. Ia pun terinspirasi agar bisa menjadi aktris profesional. Pada usianya yang ke-16 Letitia bersekolah di School of Acting di London. Sekolah tersebut dibentuk pada tahun 2003 oleh Femi Oguns yang kini menjadi manajernya.

3. Debut

Profil dan Fakta Letitia Wright. (Instagram/letitiawright)

Dua episode dari serial berjudul Holby City dan Top Boy menjadi debut akting pertama Letitia pada tahun 2011. Setelah debut, Letitia mendapat banyak peran kecil di series maupun film. Walau mendapat peran kecil tapi ia tak pernah absen dan selalu muncul di TV dengan peran baru setiap tahun.

Baca Juga:
Ariel Tatum Spill Foto Gading Marten Mesra dengan Wanita Cantik, Pacar Baru?

4. Semakin dikenal usai bintangi Black Mirror

Profil dan Fakta Letitia Wright. (Instagram/letitiawright)

Karier Letitia menemukan momentum saat ia membintangi 1 episode dari Black Mirror: Black Museum pada 2017. Berkat perannya itu, Letitia Wright berhasil masuk nominasi Primetime Emmy Award. Ia dinominasikan sebagai Aktris Pendukung Luar Biasa dalam Serial atau Film Terbatas. Pada 2018, Letitia Wright dipercaya ikut andil dalam film Marvel, Black Panther. Ia mendapat peran sebagai Shuri yang merupakan Putri Wakanda.

5. Raih banyak penghargaan

Baca Juga:
Deddy Corbuzier Murka Nada Ikut Disumpahi gegara Konfliknya dengan Meyden

Profil dan Fakta Letitia Wright. (Instagram/letitiawright)

Letitia berhasil memboyong banyak penghargaan atas aktingnya di Black Panther. Seperti Choice Sci-Fi Movie Actress dalam Teen Choice Awards (2018), Outstanding Breakthrough Performance in a Motion Picture dalam ajang NAACP Image Awards (2019), Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture dalam Screen Actors Guild Awards (2019). Ia juga meraih penghargaan Rising Star Award dari ajang British Academy Film Awards (2019). Lewat perannya dalam Sing 2, ia meraih Outstanding Character Voice-Over Performance Motion Picture untuk dalam NAACP Image Awards (2022).

6. Film dan Series yang pernah dibintangi

Profil dan Fakta Letitia Wright. (Instagram/letitiawright)

Berkaries sejak 2011, Letitia Wright sudah membintangi banyak film dan series. Beberapa film yang pernah dimainkan olehnya antara lain: Avengers: Infinity War (2018), Guava Island (2019), Avengers: Endgame (2019), Sing 2 (2021), Death on the Nile (2022), The Silent Twins (2022), Aisha (2022), Black Panther: Wakanda Forever (2022). Artis berkulit hitam ini juga banyak bermain dalam series seperti Doctor Who (2015), Humans (2016), Black Mirror (2017), Small Axe (2020), dan I Am... (2021) 

7. Pernah alami depresi

Profil dan Fakta Letitia Wright. (Instagram/letitiawright)

Di tahun yang sama dengan kesuksesan kariernya yaitu pada 2018, Letitia Wright justru mengalami depresi. Sebenarnya depresi yang dialaminya sudah ia rasakan sejak berusia 20 tahun. Ia mencoba berjuang melawan depresinya itu dengan iman Kristennya hingga rehat sejenak dari dunia akting. Beruntung dirinya bisa melewati masa-masa berat tersebut. 

8. Disebut antivaksin

Profil dan Fakta Letitia Wright. (Instagram/letitiawright)

Letitia Wright pernah dituduh antivaksin usai mengunggah video dirinya yang menanyakan legitimasi vaksin COVID-19. Akibat videonya menjadi kontroversi, Letitia memutuskan menghilang dari media sosial, Instagram dan Twitter. Kemudian ia pun memberikan klarifikasi atas video yang dibuatnya.

Nah itu tadi profil dan fakta Letitia Wright pemeran Shuri dalam Black Panther 2: Wakanda Forever. Aktingnya yang memukau membuatnya ramai diperbincangkan. Sampai banyak yang mengharapkannya menjadi penerus Black Panther. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More