Yohanes Endra | MataMata.com
Rekomendasi Film Wes Anderson. (IMDb)

Matamata.com - Belakangan para pengguna media sosial terutama platform TikTok tengah berlomba membuat video pendek dengan ciri khas seperti film garapan Wes Anderson. Selama ini Wes Anderson memang dikenal sebagai sutradara yang memiliki ciri unik di setiap film garapannya.

Bagi pecinta film Wes Anderson pasti tahu jika hampir di semua film karyanya, ia selalu menampilkan ciri warna-warna pastel cerah dengan gaya vintage yang menarik. Selain itu film karya Wes Anderson khas dengan nuansa quirky, menonjolkan desain arsitektur, pengambilan gambar yang simetris dan berkarakter, alur komedi tidak terduga, hingga pemilihan lagu yang selalu sesuai.

Nah gaya inilah yang coba ditiru oleh sejumlah netizen dengan mengedit video mereka dengan teknik sinematik ala Wes Anderson. Wes Anderson sendiri adalah sutradara ternama yang mempunyai karya dengan tampilan visual dan kisah yang khas, unik dan eksentrik. Nah, sebelum mencoba mengikuti Wes Anderson Trend, ada baiknya untuk mengetahui rekomendasi film Wes Anderson yang wajib banget masuk wathclist tontonan kamu.

Baca Juga:
10 Fakta tentang Surat Cinta untuk Starla, Lagu Virgoun yang Viral hingga Jadi Film dan Series

1. The Royal Tenenbaums (2001)

Rekomendasi Film Wes Anderson. (IMDb)

Rilis pada tahun 2001 silam, The Royal Tenenbaums adalah film bertema keluarga. Suka duka dalam hubungan keluarga dimana tiga orang saudara yang tidak dekat satu sama lain harus tinggal bersama ketika ayah mereka jatuh sakit. Dibintangi oleh Ben Stiller, Luke Wilson, dan Gwyneth Paltrow film ini mengaduk-aduk emosi penonton karena kisahnya yang relate dengan kehidupan masyarakat. Berkat The Royal Tenenbaums, Wes Anderson menerima nominasi untuk Best Original Screenplay dalam ajang Academy Awards 2001.

2. The Life Aquatic with Steve Zissou (2004)

Baca Juga:
Sinopsis Film AKA, Ketika Agen Rahasia Berteman dengan Anak Mafia

Rekomendasi Film Wes Anderson. (IMDb)

Usung genre komedi, Wes Anderson menggarap film The Life Aquatic with Steve Zissou. Film ini menceritakan petualangan Steve Zissou, ahli kelautan yang berencana memburu hiu yang sudah membunuh temannya. Kisah kocak dan penuh drama dari Steve Zissou yang memulai petualangan bersama istri dan timnya ini berhasil memboyong 3 kemenangan dan 10 nominasi ajang penghargaan. Saat ini The Life Aquatic with Steve Zissou dapat ditonton secara streaming di platform Disney+ Hotstar.

3. The Darjeeling Limited (2007)

Rekomendasi Film Wes Anderson. (IMDb)

Film ini dibintangi oleh aktor yang bermain di film pertama Wes Anderson yaitu Owen Wilson. The Darjeeling Limited berkisah tentang saudara yang melakukan perjalanan dengan kereta api melewati India satu tahun setelah ayah mereka meninggal. Perjalanan itu dimaksudkan untuk menjalin kembali hubungan ketiganya. Selain dibintangi Owen Wilson, Wes Anderson juga menggaet Adrien Brody, Anjelica Huston, dan Jason Schwartzman. Film ini sukses membawa pulang 4 kemenangan dan 4 nominasi.

Baca Juga:
Rilis Film Dokumenter Album Baru, Suga BTS Pakai Jaket Rp 16 Juta: Pusing Lihat Harganya

4. Fantastic Mr. Fox (2009)

Rekomendasi Film Wes Anderson. (IMDb)

Wes Anderson membuktikan kemampuannya sebagai sutradara dengan membuat film animasi. Fantastic Mr. Fox juga menjadi film stop motion pertamanya sekaligus merupakan film adaptasi Wes Anderson satu-satunya yang diangkat dari karya orang lain. Film ini diangkat dari buku karya Roald Dahl dengan judul sama tentang rubah bernama Mr. Fox (George Clooney) yang ingin menjadi sosok yang baik bagi Felicity Fox (Meryl Streep) dan keluarganya. Fantastic Mr. Fox memenangkan 5 penghargaan bergengsi termasuk Satellite Award for Best Motion Picture. Uniknya filmnya tidak dibuat secara digital melainkan dengan teknik stop-motion yang lebih unik. Film ini juga dinominasikan untuk Best Animated Feature dalam Academy Awards 2010.

5. Moonrise Kingdom (2012)

Rekomendasi Film Wes Anderson. (IMDb)

Angkat kisah cinta dua remaja yang berpetualang bersama untuk mencari tahu tentang dunia, cinta. Adalah Gilman remaja laki-laki yang melarikan diri dari perkemahan pramuka untuk bisa berjumpa dengan Hayward, kekasihnya yang juga sahabat penanya. Petualangan Gilman dan Hayward di Moonrise Kingdom dikemas dengan bumbu komedi. Walau begitu Wes Anderson menyajikan pesan tentang cinta anak muda, kesehatan mental anak, hingga seksualitas anak.

6. The Grand Budapest Hotel (2014)

Rekomendasi Film Wes Anderson. (IMDb)

Salah satu film terpopuler Wes Anderson adalah The Grand Budapest Hotel. Keunikan dari film ini adalah sinematografinya yang ikonik dengan warna pink yang mendominasi. Tak cuma terkenal, The Grand Budapest Hotel meraih banyak penghargaan termasuk 4 Academy Awards. Film ini mengisahkan tentang Monsieur Gustave seorang concierge legendaris dari hotel terkenal Hotel Grand Budapest selama masa Perang Dunia I dan II.

7. Isle of Dogs (2018)

Rekomendasi Film Wes Anderson. (IMDb)

Satu lagi film animasi karya Wes Anderson adalah Isle of Dogs yang juga digarap dengan stop-motion. Berkisah tentang persahabatan antara manusia dan anjing dalam gaya dan bahasa Jepang. Film ini menjadi salah satu film Wes Anderson yang Heartwarming abis.

8. The French Dispatch (2021)

Rekomendasi Film Wes Anderson. (IMDb)

Didedikasikan untuk kepada jurnalisme dan seluruh penulis media, Wes Anderson membuat film The French Dispatch. Film yang rilis pada tahun 2021 ini menceritakan tiga alur berbeda di waktu yang sama ketika sebuah koran fiksi Kansas Evening Sun menerbitkan edisi terakhirnya. Wes Anderson melibatkan sejumlah artis ternama mulai dari Timothée Chalamet, Léa Seydoux, Adrien Brody, Tilda Swinton, dan pastinya Owen Wilson.

Itulah rekomendasi film Wes Anderson yang wajib masuk dalam watchlist tontonan pecinta film. Dari beberapa film terbaik Wes Anderson tadi mana yang jadi favoritmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More