Yohanes Endra | MataMata.com
Profil Wes Anderson (IMDb)

Matamata.com - Nama Wes Anderson saat ini tengah viral di TikTok lantaran teknik pengambilan video simetris (symmetrical framing) untuk karyanya. Bahkan banyak yang meniru ulang teknik pengambilan video khas tersebut sehingga namanya pun semakin dikenal.

Tak heran jika namanya bahkan menjadi yang terpopuler di kolom pencarian TikTok. Kata kunci Wes Anderson Movie Trend serta video dengan teknik ala sutradara satu ini juga turut menjadi fyp saat ini.

Karena hal tersebut, semakin banyak yang penasaran dengan siapa sebenarnya sutradara asal Amerika Serikat ini. Untuk mengenal sosoknya, yuk simak dulu profil Wes Anderson berikut ini!

Baca Juga:
Profil Chris Martin, Pentolan Band Coldplay yang Dirumorkan Konser di Jakarta

Profil Wes Anderson

Wes Anderson adalah seorang sutradara, penulis naskah, sekaligus produser film asal Amerika Serikat kelahiran 1 Mei 1969. Ia dikenal dengan karyanya yang dianggap unik karena memiliki ciri khas visual yang kuat.

Wes Anderson adalah merupakan putra dari pasangan Texas Ann Burroughs dan Leonard Anderson. Ia merupakan anak keeua dari tiga bersaudara. Kakaknya seorang dokter, dan adiknya merupakan penulis sekaligus seniman.

Baca Juga:
Profil Ariel NOAH, Jadi Sorotan Karena Mudik Naik Motor

Lukisan dan rancangan adik Anderson juga kerap muncul di berbagai filmnya. Sejak pertama kali muncul di dunia perfilman, pada tahun 1996, sosoknya memang sudah cukup populer dan dicintai. Namun, baru-baru ini namanya kembali jadi sorotan di media sosial terutama di TikTok.

Gaya pengarahan yang khas hingga pengaturan warna yang artistik merupakan salah satu daya tariknya. Tak hanya itu, aksinya yang kerap memainkan detail-detail kecil dalam setiap adegan membuatnya karyanya memiliki ciri khas tersendiri.

Latar Belakang Pendidikan

Baca Juga:
8 Rekomendasi Film Wes Anderson Terbaik yang Wajib Ditonton

Wes Anderson merupakan lulusan St. John's School di Houston pada tahun 1987. Sekolah ini jugalah yang dijadikan sebagai lokawi syuting untuk filmnya yang berjudul Rushmore.

Saat beranjak dewasa, ia pun melanjutkan pendidikannya di Universitas Texas sambil bekerja paruh waktu. Di tahun 1990, ia berhasil meraih gelar di bidang filsafat dan akhirnya bertemu aktor Owen Wilson yang kemudian berkolaborasi dengannya.

Perjalanan Karier

Wesley Wes Anderson muncul pertama kali lewat film Bottle Rocket pada tahun 1996 sebagai sutradara sekaligus penulis naskah. Ia bahkan berperan sebagai penumpang bis dalam film tersebut.

Setelah itu, ia pun secara konsisten mengeluarkan karya khas, seperti The Royal Tenenbaums (2001), Moonrise Kingdom (2012), hingga The Grand Budapest Hotel (2014).

Sutradara berusia 53 tahun ini juga pernah mengarahkan sebuah film animasi Fantastic Mr. Fox (2009) dan Isle of Dogs pada tahun 2018.

Dikenal dengan pengambilan gambarnya yang khas, salah satu karya terbarunya 'The French Dispatch' jadi salah satu buktinya. Film ini jugalah yang kerap dijadikan referensi para konten kreator TikTok saat menyebut namanya.

Nah, itu dia profil Wes Anderson berikut perjalanan karirnya yang kini tengah jadi perbincangan.

Kontributor: Nur Khasanah
Load More