Yohanes Endra | MataMata.com
Profil Karl Lagerfeld (Hollywood Reporter)

Matamata.com - Met Gala sukses digelar pada 1 Mei 2023 di Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat. Tema tahun ini adalah Karl Lagerfeld: A Line of Beauty.

Karl Lagerfeld merupakan seorang desainer legendaris yang berperan besar dalam kemajuan dunia fashion. Sepanjang kariernya, Lagerfeld mendesain untuk rumah mode termasuk Chanel, Fendi dan banyak lagi.

Lantas siapa sebenarnya sosok yang menjadi tema Met Gala tahun ini? Berikut profil Karl Lagerfeld yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga:
5 Fakta Unik Met Gala 2023, Jadi Penghormatan Untuk Karl Lagerfeld

Profil Karl Lagerfeld

Karl Otto Lagerfeld adalah seorang perancang busana, direktur kreatif, artis, dan fotografer asal Jerman. Lagerfeld lahir pada 10 September 1933 dari pasangan Otto Lagerfeld dan Elisabeth Bahlmann.

Karl Lagerfeld dikenal karena ciri khas penampilannya dengan rambut putih, kacamata hitam, sarung tangan tanpa jari, dan kerah tinggi, kaku, dan bisa dilepas.

Baca Juga:
Jameela Jamil, Model Cantik yang Sebut Karl Lagerfeld Kejam

Visi dan warisan Karl Lagerfeld terus memengaruhi industri fashion dan menginspirasi desainer di seluruh dunia. Tak heran jika dia disebut salah satu legenda fashion dunia.

Karier Karl Lagerfeld

Karl Lagerfeld memulai kariernya di dunia mode pada tahun 1950-an. Saat itu dia bekerja untuk beberapa rumah mode ternama, termasuk Balmain, Patou, dan Chloé, sebelum bergabung dengan Chanel pada 1983.

Baca Juga:
5 Seleb Hollywood Ini Unggah Kenangan Bareng Karl Lagerfeld

Sebagai direktur kreatif Chanel, Karl Lagerfeld mengawasi produksi kreatif dari segala aspek, mulai dari merancang koleksi hingga mengawasi kampanye iklan dan tampilan toko.

Karl Lagerfeld berperan penting dalam merevitalisasi merek Chanel. Kerja kerasnya membuat merek ini mendapatkan kembali posisinya sebagai salah satu rumah mode top di dunia.

Selain Chanel, Karl Lagerfeld juga menjabat sebagai direktur kreatif dari rumah mode Fendi, serta label fashion miliknya sendiri. Sepanjang karirnya, dia telah berkolaborasi dalam berbagai proyek fashion dan seni.

Kehidupan Pribadi Karl Lagerfeld

Karl Lagerfeld adalah seorang gay atau penyuka sesama jenis. Dia menjalin hubungan selama 18 tahun dengan bangsawan Prancis, model, dan sosialita Jacques de Bascher (1951–1989).

Namun De Bascher terungkap berselingkuh dengan couturier Yves Saint-Laurent. Dia dan sang kekasih menuduh Karl Lagerfeld berada berusaha mengacaukan rumah mode saingannya.

Kematian Karl Lagerfeld

Karl Lagerfeld menderita komplikasi kesehatan pada Januari 2019 dan dirawat di Rumah Sakit Amerika Paris di Neuilly-sur-Seine pinggiran kota Paris, Prancis. Lagerfeld meninggal pada 19 Februari 2019 akibat komplikasi kanker pankreas.

Sebelumnya Karl Lagerfeld meminta agar jenazahnya dikremasi alih-alih dimakamkan. Sesuai dengan permintaannya, abu Lagerfeld disebar di lokasi rahasia bersama ibu serta mendiang pasangannya, Jacques de Bascher.

Itu dia profil Karl Lagerfeld, tokoh fashion legendaris yang menjadi tema Met Gala tahun ini.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More