Yohanes Endra | MataMata.com
Kate Middleton (Instagram/kensingtonroyal)

Matamata.com - Kate Middleton disebut memakai gaun modern saat acara penobatan Raja Charles di London pada 6 Mei 2023. Gaun yang sama juga akan dikenakan Camilla.

Pakar mode kerajaan Josh Birch Jones memperkirakan gaun modern dipilih kerajaan karena acara penobatan juga dibuat lebih santai. "Dengan keputusan untuk mengadakan penobatan yang lebih santai, nantikan gaun yang lebih modern untuk momen bersejarah ini," kata Jones dikutip dari Marca.

Selain Raja Charles, menurut Jones, sosok Camilla sebagai permaisuri juga tentu akan jadi pusat perhatian dan menjadi yang paling banyak ditonton selama penobatan.

Baca Juga:
Kate Middleton Cegah Rencana Meghan Markle Hadir di Penobatan Raja Charles, Pangeran Harry Pergi Sendiri?

Jones juga memperkirakan kalau gaun Camilla nantinya akan bertabur manik-manik dengan motif simbolis yang mewakili Inggris dan negara persemakmurannya.

"Karena modernisasi acara yang diumumkan, kita akan melihat kemungkinan versi yang lebih berpasangan dari jubah penobatan masa lalu. Sekali lagi, yang akan mencakup signifikansi simbolis melalui sulaman bunga, alam, dan hewan yang bermakna bagi Permaisuri Camilla," ucap Jones.

Pemakaian perhiasan juga akan menjadi fokus utama. Camilla tentunya akan memakai cincin Permaisuri yang akan dipersembahkan pada hari penobatan.

Baca Juga:
Permaisuri Camilla Pakai Baju Raja Charles III, Langsung Jadi Sorotan Publik

Meski begitu, sosok Kate Middleton juga pasti banyak dicari publik. Istri Pangeran William itu diharapkan memilih "tampilan pernyataan" dengan memadukan gaya klasik yang personal.

"Gelar baru Kate memegang banyak tanggung jawab, yang berarti bahwa partisipasinya selama penobatan akan diawasi dengan ketat. Jadi diperlukan tampilan pernyataan," kata Jones.

Selain gaun, Kate juga dikatakan akan lakukan pembaruan dalam sejarah Inggris untuk penampilannya dengan tidak mengenakan aksesori kerajaan, seperti tiara pada upacara penobatan nanti. Sebaliknya, diperkirakan Kate akan mengenakan hiasan kepala (headpiece) berhiaskan bunga.

Baca Juga:
Viral! Raja Charles dan Camilla Dilempar Telur di depan Umum, Reaksinya Jadi Sorotan

"Ada juga desas-desus di kalangan istana bahwa tidak ada wanita kerajaan yang akan memakai tiara," tambah The Times.

Meskipun masih belum jelas seperti apa headpiece berhiaskan bunga yang akan dikenakan Kate Middleton, namun aksesoris kepala ini memang telah lama menjadi salah satu ciri khas ipar Pangeran Harry tersebut untuk acara formal.

The Times berspekulasi bahwa bunga akan terjalin rapi dengan minat seumur hidup Raja Chares terhadap lingkungan dan hasratnya untuk melestarikannya. Keberlanjutan telah tercermin dalam keputusan penobatan lainnya, dari undangan aneh di atas kertas daur ulang hingga Ratu Camilla yang akan mengenakan mahkota dari lemari besi kerajaan alih-alih yang baru.

"Melihat Princess of Wales dengan headpiece bunga akan memberikan nuansa tertentu, menunjukkan rasa hormat Raja terhadap alam dan hasratnya terhadap bunga. Sepertinya sentuhan yang sangat egaliter juga. Sebagai istri calon Raja, dia akan melakukannya, menjadi contoh bagi wanita lain di kerajaan, yang mungkin merasa canggung untuk berpikir memakai tiara," kata penulis biografi kerajaan Sally Bedell Smith kepada The Times tentang gagasan Kate mengenakan headpiece bunga di rambutnya. (Lilis Varwati)

Load More