Yohanes Endra | MataMata.com
Transformasi Meghan Markle. (Instagram/sussexroyal)

Matamata.com - Acara penobatan Raja Charles akan digelar di London pada Mei mendatang. Kabarnya, Meghan Markle tidak akan menemani Pangeran Harry dalam menghadiri acara tersebut.  

Istana Buckingham juga yayasan amal Harry dan Meghan, Archewell telah mengonfirmasi hal tersebut. Meghan Markle disebut akan tetap di Amerika Serikat bersama kedua anaknya, Pangeran Archie dan Putri Lilibet.

Penulis biografi kerajaan Tom Bower mengatakan kepada GB News bahwa keputusan tidak hadir di London sebenarnya bukan keinginan Meghan sendiri, melainkan karena dilarang hadir oleh Kate Middleton.

Baca Juga:
Pangeran Harry Hadiri Penobatan King Charles III Tanpa Meghan Markle, Kenapa?

“Saya pikir ini kompromi yang buruk. Kita semua harus bersyukur bahwa Kate pada akhirnya mencegah Meghan datang, dengan mengatakan dia 'tidak akan membawanya ke sana dalam keadaan apa pun'. Dia (Kate) mengatakan bahwa jika dia (Meghan) datang, dia harus duduk di belakang," kata Tom.

Menurut Tom, bagi Keluarga Kerajaan, kehadiran Harry secara konstitusional memang penting. Sebab, apabila terjadi peristiwa buruk yang menyebabkan  Pangeran William berserta Kate dan ketiga anaknya meninggal, maka Harry berada di atas takhta setelah Charles.

"Jadi dia harus ada di sana," kata Tom.

Baca Juga:
Rilis Dokumenter di Netflix, Pangeran Harry dan Meghan Markle Dituding Pencitraan

Kedatangan Harry saat penobatan ayahnya itu akan jadi momentum pertama di depan umum ia bertemu kekuarganya sejak pemakaman mendiang neneknya, Ratu Elizabeth II.

Dia akan terlihat dalam pengaturan publik dengan Charles, Camilla, saudara laki-lakinya, Pangeran Wales dan saudara iparnya, Kate Middleton.

Tom Bower memperkirakan kalau Harry tidak akan berada di balkon istana. Sebab menurutnya, Charles punya keputusan yang sulit bila membiarkan Harry ikut berdiri di atas balkon. 

Baca Juga:
Meghan Markle Dikabarkan Pernah Komplain ke Kerajaan Inggris, Gara-Gara Tak Dibayar untuk Royal Tour

“Jika dia membiarkan Harry datang ke balkon, dia juga harus mengajak Pangeran Andrew di balkon. Dan menghadirkan dua pangeran pemberontak di depan publik seperti itu akan menjadi awal yang sangat buruk untuk pemerintahan Raja Charles," katanya.

Demi memulai pemerintahannya sebagai raja dengan citra yang baik, Tom menyarankan sebaiknya tidak menghadirkan kedua pangeran tersebut. Bahkan kehadiran Harry sebisa mungkin tidak terlihat publik. (Lilis Varwati)

Load More