Nur Khotimah | MataMata.com
Profil Raja Charles III. (Instagram/@theroyalfamily)

Matamata.com - Charles III telah resmi dinobatkan sebagai Raja Inggris pada Sabtu (6/5/2023) waktu setempat. Raja Charles III menggantikan posisi Ratu Elizabeth II sang ibunda yang meninggal dunia pada 8 September 2022 lalu.

Selain menjadi Raja Inggris, Charles III juga akan menjadi kepala negara 14 negara persemakmuran seperti Kanada, Australia, dan Selandia Baru. Simak profil Raja Charles III berikut ini.

1. Biodata Raja Charles III

Baca Juga:
Kate Middleton dan Camilla Pakai Gaun Modern Saat Acara Penobatan Raja Charles

Charles Philip Arthur George atau Charles III lahir di Istana Buckingham pada 14 November 1948. Ia adalah putra sulung mendiang Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip. Kini Charles III merupakan suami Camilia dengan dua putra dari mendiang Putri Diana, Pangeran William dan Pangeran Harry.

2. Perjalanan Hidup Raja Charles III

Raja Charles dikenal sebagai murid yang pintar semasa sekolah. Ia selalu mendapatkan nilai A di mata pelajaran Sejaran dan Bahasa Prancis.

Baca Juga:
Kate Middleton Cegah Rencana Meghan Markle Hadir di Penobatan Raja Charles, Pangeran Harry Pergi Sendiri?

Oleh sebab itu, Raja Charles III melanjutkan pendidikan tinggi di Trinity College dengan spesialisasi antropologi, arkeologi, dan sejarah. Raja Charles III juga belajar bahasa dan sejarah di Universitas Wales serta melanjutkan pendidikan Magister di Universitas Cambridge.

Charles pertama kali dinobatkan sebagai Pangeran Wales pada 1958, tetapi pelantikan resminya baru dilaksanakan pada 1969. Mengikuti tradisi keluarga, Charles bergabung pula dengan angkatan udara dan laut sekitar tahun 1971.

Sebagai Pangeran Wales, berbagai acara amal, pembangunan, ketertarikan terhadap isu-isu lingkungan serta agama dan filsafat ditunjukkan Raja Charles III. Hingga pada 2008, Raja Charles III dinyatakan sebagai "Anggota keluarga kerajaan yang paling bekerja keras" oleh The Daily Telegraph.

Baca Juga:
Pangeran Harry Hadiri Penobatan King Charles III Tanpa Meghan Markle, Kenapa?

3. Kisah Asmara Raja Charles III

Kisah asmara Raja Charles III dan Putri Diana begitu terkenal di seantero dunia. Raja Charles III diketahui menikah dua kali, yang kedua dan terakhir ialah dengan cinta pertamanya, Camilla Parker Bowles.

Diana Spencer adalah adik dari Sarah Spencer yang pernah menjadi kekasih Raja Charles III. Pertemuan pertama Raja Charles III dengan Diana pun saat ia masih berstatus sebagai kekasih Sarah.

Dari pernikahan dengan Diana Spencer, Raja Charles III dianugerahi dua putra yang tak lain adalah William Arthur (Pangeran William) dan Henry Charles (Pangeran Harry). Sayangnya pernikahan Raja Charles III dan Putri Diana berakhir pada 1992.

Raja Charles III kabarnya menjalin hubungan dengan Camilla cinta pertamanya saat masih menikah dengan Putri Diana. Setelahnya Putri Diana pun menjalin kasih dengan pria lain sehingga pernikahan mereka tak bisa lagi dipertahankan.

Raja Charles III kemudian menikah dengan Camilla sang cinta pertama hingga sekarang. Meski pernikahannya dengan Camilia yang kala itu berstatus janda-cerai ditentang, Raja Charles III menegaskan hubungan mereka "tidak dapat ditawar" lagi.

Itu dia sekilas profil Raja Charles III yang baru saja resmi dinobatkan sebagai Raja Inggris. Bagaimana pendapatmu? 

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More