Nur Khotimah | MataMata.com
Fakta Keluarga Jackie Chan. (Instagram/@jackiechan)

Matamata.com - Siapa tak kenal Jackie Chan? Aktor Hong Kong ini adalah sosok legenda di dunia perfilman. Namanya tak hanya tenar di negara asalnya tapi hingga ke mancanegara. Berkat kualitas akting dan kemampuan bela diri yang mumpuni semua film yang ia bintangi selalu sukses.

Namun, siapa sangka di balik nama besarnya sebagai aktor, Jackie Chan menyimpan banyak fakta kelam tentang keluarganya. Fakta keluarga Jackie Chan yang kelam dan mengejutkan ini bahkan seperti alur cerita film. Penasaran apa saja fakta tersebut? Intip langsung ulasannya berikut.

1. Ibunya seorang penjudi dan pengedar narkoba

Baca Juga:
Sinopsis Film Bleeding Steel, Aksi Jackie Chan Lindungi Ilmuwan

Ibu Jackie Chan, Lee Lee Chan yang lahir pada 1916 tumbuh besar dengan kehidupan yang kurang mampu. Lee Chan menikah muda dan melahirkan dua orang anak Chen Guilan dan Chen Yulan.

Sayangnya suaminya meninggal karena serangan bom Jepang akibatnya ekonominya terpuruk hingga ia nekat menjual anak pertamanya. Untuk bertahan hidup Lee Chan menjadi pengedar narkoba jenis opium. Ia bahkan punya julukan di dunia kriminal yaitu ‘kakak ketiga’ yang juga dikenal sebagai seorang penjudi. Seram seperti alur cerita film mafia bukan?

2. Ayahnya pegawai bea cukai

Baca Juga:
Dituduh Plagiat Film Jackie Chan, Adegan Shah Rukh Khan dan Salman Khan di Pathaan Jadi Gunjingan

Ayahnya bernama Charles Chan, merupakan pegawai bea cukai yang menangkap Lee Chan karena memiliki opium. Keduanya saling jatuh cinta dan menikah hingga lahirlah Jackie Chan pada 7 April 1954 di Victoria Peak, Hong Kong.

3. Tinggal sendiri sejak usia 6 tahun

Pada tahun 1960, Charles Chan pindah ke Canberra, Australia dan bekerja sebagai kepala koki untuk kedutaan Amerika. Sementara Jackie Chan ditinggalkan ke Hong Kong sejak usia 6 tahun untuk bersekolah di Chinese Drama Academy. Sebuah Sekolah Opera Peking milik Master Yu Jim Yuen. Di sekolah inilah Jackie Chan mendapat pelajaran berharga tentang dunia akting.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Jackie Chan Berobat ke Ibu Ida Dayak Karena Cedera Syuting Film, Benarkah?

4. Menikah karena menghamili sang pacar

Rumah tangga Jackie Chan dan Joan Lin atau Joan Lin Feng Jiao mungkin selalu terlihat harmonis. Tapi awalnya mereka menikah karena Joan Lin hamil di luar pernikahan yang masih sangat tabu kala itu. Pasangan yang kenal pada tahun 1981 lewat sebuah film ini pacaran diam-diam demi menjaga popularitas.

Namun saat Joan Lin hamil, ia segera terbang ke Amerika bersama manajer Jackie Chan untuk menjaga kabar itu dari fans. Jackie Chan dan Joan Lin kembali bertemu tak lama sebelum proses persalinan berlangsung. Sehari sebelum melahirkan, Jackie Chan akhirnya memutuskan menikahi Joan Lin.

5. Lakukan KDRT pada sang putra

Amarah menjadi hal yang sulit dikendalikan oleh Jackie Chan. Bahkan Jackie Chan pernah melakukan KDRT terhadap Jaycee Chan, ketika putranya itu masih kecil. Hal itu terjadi saat dirinya berdebat dengan sang istri. Jackie mengangkat sang putra dengan satu tangan dan melemparnya hingga menghantam sofa. Menyesal atas sikap kasarnya Jackie Chan berjanji tak akan mengulanginya lagi.

6. Jaycee Chan ikuti jejak orang tua

Mewarisi darah seni dari kedua orang tuanya, Jaycee Chan ikut terjun ke dunia hiburan. Ia memulai kariernya pada tahun 2003 dan berhasil debut dalam film 2003 The Twins Effect II (2004) sebagai cameo.

Jaycee Chan sukses dengan prestasinya sendiri baik sebagai aktor, penyanyi, komponis lepas dari nama besar sang ayah. Dalam film 2 Young dan Break Up Club, Jaycee Chan beradu akting dengan sang ayah jackie Chan.

7. Jackie Chan selingkuh dengan artis Elaine Ng Yi-Lei

Jackie Chan tersandung kasus perselingkuhan dengan artis dan Miss Asia 1990, Elaine Ng Yi-Lei. Dari perselingkuhan itu, lahir seorang putri yang diberi nama Etta Ng Chok Lam. Namun hubungan terlarang Jackie Chan berakhir saat sang aktor tahu jika Elaine hamil.

Jackie Chan menyebut jika perselingkuhannya adalah kesalahan yang dilakukan oleh banyak lelaki. Menariknya, Joan Lin tetap bertahan dan memaafkan Jackie Chan yang mengkhianatinya.

8. Putrinya hidup susah di Kanada

Meski tajir melintir, tapi Jackie Chan tak pernah menafkahi putrinya Etta Ng Chok Lam. Hal itu terungkap dari pengakuan Elaine saat konferensi pers ketika putrinya Etta kabur dari rumah pada tahun 2017 silam.

Etta makin disorot saat mengakui dirinya lesbian dan menikah dengan Andi Autumn pada 8 November 2017 di Toronto. Potret Etta yang lusuh ketika antre makanan gratis segera viral di media sosial. Sebab meski ayahnya aktor top dirinya malah hidup susah hingga diduga menggelandang di Kanada.

Deretan fakta keluarga Jackie Chan tadi cukup mengejutkan, kan? Ternyata keluarga Jackie Chan menyimpan fakta tak biasa dan bahkan bisa dibilang kelam.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More